Cara Mudah Mengatasi dan Mengusir Laptop Kemasukan Semut

Laptop kalian sering kemasukan semut? Pasti jengkel kalau misalnya laptop kalian banyak semutnya. Nah, Pada artikel kali ini saya akan memeberikan sedikit solusi yang dapat sobat lakukan untuk mengusir semut dari dalam laptop sobat.


Ngomong-ngomong soal semut, binatang kecil ini memang terkadang sangat mengganggu karena tingkahnya, apalagi bila ia sedang bersama koloninya. Selain megganggu ternyata semut juga bisa merusak loh, ngeselin juga kan. Sebelum mengetahui bagaimana tips mengusir semut, sobat harus tau dulu karakter si semut ini kenapa kok bisa nimbrung di dalam laptop kita.

Coba Juga : Mesin Pencari Jurnal Internasional

Berikut Alasan Semut Masuk ke Laptop:

a. Satu Semut Tersetrum, Semut Lainnya Ikut Berdatangan


Menurut Edward LeBrun, peneliti di University of Texas, AS, banyak peneliti yang bingung, mengapa semut itu sangat tertarik bersarang di dalam barang-barang elektronik, seperti halnya laptop. 

Ternyata setelah diteliti lebih mendalam, ketika semut berada di dalam peralatan elektronik dan menyentuh sirkuit listrik pada peralatan elektronik tersebut, maka semut tersebut akan tersetrum. 

Pada saat semut tersetrum, ia akan mengeluarkan feromon, atau aroma dari semut yang dikeluarkan untuk memberitahukan kepada koloninya kalau semut yang tersetrum itu sedang diserang. Akibatnya koloni semut yang lain akan datang membantu," jelas LeBrun. 

Untuk mencegah kejadian tersebut, Sobat dapat mengantisipasinya dengan memberikan aroma yang tidak disukai semut di area sekitar laptop agar tidak ada semut yang mampir untuk masuk ke laptop, Sobat bisa menggunakan kapur ajaib dan jangan sekali-kali meletakkan laptop ditempat yang dekat dengan makanan.

b. Semut Pecinta Manis


Semut adalah serangga yang sangat menyukai makanan ataupun minuman yang manis. Dimanapun makanan atau minuman tersebut berada semut dapat dengan mudah menemukan makanan atau minuman tersebut selama penciuman yang menggunakan antenanya tidak terganggu. 

Salah satu penyebab seringnya semut masuk ke laptop adalah minuman manis yang tumpah ke laptop. Ketika mengalami kejadian tersebut, pastikan sesegera mungkin laptop dikeringkan, tak hanya sampai disitu, untuk mengantisipasi semut masuk ke laptop gunakan wangi-wangian yang bisa mengacaukan penciuman si semut. 

Sobat bisa menggunakan kayu manis, jeruk nipis, ampas kopi, daun sirih, kulit telur ayam, dan masih banyak lagi, taruhlah bahan tersebut disekitar laptop, kalau ribet dan kesulitan mencari bahan tersebut pakai saja kapur barus atau kapur ajaib, caranya cukup dengan menggoreskan kapur barus atau kapur ajaib tersebut disekitar area laptop. 

Nah, selain alasan dan penanganannya di atas, masih ada cara lain yang saya rekomendasikan untuk mengusir semut dari dalam laptop. Cara ini pernah saya lakukan karena dulu laptop saya juga pernah jadi tempat rekreasi semut bersama koloninya. 

Cara Mengatasi dan Mengusir Semut Dari Dalam Laptop :

1. Meningkatkan Temperatur Laptop


Semut cenderung lebih menyukai tempat yang lembab, oleh karena itu ketika laptop tidak digunakan, ruangan didalam laptop cenderung bertemperatur rendah dan lembab, akhirnya semut pun menjadikan ruangan tersebut sebagai sarang yang nyaman untuknya. Tetapi jika laptop dipanaskan semut akan keluar karena ia merasa tidak nyaman dengan temperatur laptop yang tinggi karena telah dipanaskan.

Meningkatkan temperatur laptop ini menurut saya adalah cara yang paling ampuh untuk mengusir semut yang bersarang di laptop. Cara meningkatkan temperaturnya bisa dengan menjalankan aplikasi yang berat secara bersamaan, atau Sobat bisa bermain game yang membutuhkan kapasitas RAM atau pun grafik jumbo dan lain sebagainya.

Perlu di ingat bahwa cara ini cocok digunakan jika laptop sobat baru terindikasi adanya semut di laptop sobat. Karena jika Sobat sudah lama menjumpai semut-semut keluar masuk laptop, lalu baru sekarang sobat berencana untuk mengusirnya dengan cara meningkatkan temperatur laptop, dikhawatirkan semut-semut tersebut telah bertelur didalam laptop.

Apabila sobat memanaskan laptop dalam keadaan ada telur-telur semut didalamnya, maka telur-telur tersebut akan meleleh dan akhirnya akan melumuri papan sirkuit yang berada didalam laptop. Akibatnya sangat fatal, papan sirkuit yang terkena lelehan telur semut pada bagian tertentu bisa tidak berfungsi, misalnya jika lelehan telur melumuri papan sirkuit bagian jack audio output, maka jack audio output tidak akan berfungsi.

Bayangkan jika lelehan telur tersebut melumuri bagian terpenting dari motherboard atau yang lainnya, bukan tidak mungkin laptop kesayangan sobat akan mati total, dan jalan keluarnya Sobat harus mengganti bagian yang terkena lelehan telur jika memang kondisinya rusak parah. Ngerri juga kan?

2. Gunakan Kapur Ajaib


Kapur ajaib dapat membantu permasalahan sobat jika semut masih dalam kondisi terindikasi belum parah. Seperti halnya cara menggunakan kapur ajaib pada makanan, semut juga pasti akan keluar atau lalu lalang keluar masuk laptop. Gunakan kapur ajaib itu pada aktivitas keluar masuk (lalu lalang) semut. Kandungan aktif dari kapur ajaib adalah deltametrin dan cipermetrin. 

Deltametrin (C22H19Br2NO3) adalah senyawa dari kelompok ester. Deltamethrin adalah neurotoksin, yang menyerang sistem saraf hewan apa pun yang bersentuhan dengannya. Senyawa ini sangat membantu menghilangkan dan mencegah berbagai hama rumah tangga, terutama laba-laba, semut, lebah, kecoak dan kutu busuk.

Cipermetrin (C22H19Cl2NO3) adalah senyawa sejenis deltametrin, berupa kelompok ester namun dengan atom bromin (Br) disubtitusikan dengan klorin (Cl). Senyawa ini mudah terurai, dan efektif menyerang serangga, sehingga banyak digunakan dalam insektisida. Nah jika semut sudah lewat dan mengenai kapur itu bisa dipastikan semut akan hilang alias mati.

3. Pukul Perlahan Laptop, Lalu Tiup Keyboard Secara Perlahan


Pukulan perlahan akan mengganggu semut dan akan keluar dari sarangnya. Dengan memberikan pukulan dan si semut akan terganggu dan akhirnya kacau dan ia pun akan berhamburan keluar bersama dengan para koloninya. Tiuplah pada bagian sisi terluar keyboard hingga ketengah keyboard, lakukan dengan hanya satu arah saja.

Cara ini juga dapat kalian kombinasikan dengan menambahkan daun sirih ketika kalian meniup keyboard. Dijamin, dengan memberikan getaran dan penciuman, semut pasti akan keluar dari sarangnya. Sobat juga bisa menggunakan daun sirih dan meletakkannya disekitar keyboard, tapi sebelumnya remaslah terlebih dahulu daun sirih tersebut agar aroma yang dihasilkan semakin menyengat sehingga semut akan keluar.

4. Gunakan Laptop Secara Rutin


Selanjutnya, sepengalaman saya bahwa laptop yang dalam kondisi normal (tdk ketumpahan minuman, dll) kalau sering digunakan biasanya tidak ada tanda-tanda adanya semut yang keluar masuk laptop, oleh karena itu sering-seringlah menggunakan laptop agar kinerja laptop selalu terjaga dan terhindar dari yang namanya semut.

5. Bongkar Laptop dan Bersihkan


Ini adalah tips terakhir jika sobat tidak tahu lagi bagaimana mengusir semut beserta koloninya. Dalam kondisi ini pastikan laptop sobat sudah menjadi sarang semut, artinya laptop terindikasi parah dan digunakan sebagai tempat hunian semut dan keluarga besar mereka. Jika sobat tidak berani membongkar laptop, banyak kok tempat servisan yang bisa membersihkan laptop sobat.

Demikian artikel yang dapat saya berikan, semoga membantu permasalahan sobat. Sekian.

0 Comments:

Posting Komentar