Download Aplikasi QS, Corelap, ALDEP dan Blocplan Teknik Industri

Dalam perkuliahan teknik industri materi perancangan tata letak fasilitas adalah mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa teknik industri. Dalam metode perancangan tata letak fasilitas pun banyak juga referensi. Model umum yang biasa dijumpai dalam memodelkan tata letak fasilitas biasanya diawali dengan pembuatan peta hubungan kedekatan antar fasilitas (Activity Relationship Chart). Nih, admin berikan aplikasi yang digunakan untuk perbaikan tata letak fasilitas.

Sebelum mendownload salah satu software perbaikan tata letak fasilitas disini, pastikan bahwa anda sudah menginstall Virtual Box dan sudah menginstall Windows XP, Karena aplikasi ini berjalan pada OS Windows XP. Admin tidak akan membahas cara menginstall Virtual Box dan Windows XP. Oke langsung saja. Berikut ini adalah software untuk memodelkan tata letak fasilitas.

QS (Quantitative System)

Software QS atau Quantitative System adalah aplikasi yang sering digunakan di dalam perkuliahan teknik industri. Umumnya software ini digunakan dalam pemecahan masalah berkaitan perancangan tata letak fasilitas. Bukan hanya itu, didalam aplikasi QS juga dapat digunakan untuk membuat penjadwalan, MRP dan masih banyak lagi. Untuk software QS dapat didownload disini.

Corelap

Corelap adalah algoritma pembangunan yang digunakan untuk menghasilkan tata letak baru. Umumnya algoritma ini dihitung dengan menggunakan aplikasi QS dan juga BLOCPLAN 90. Akan tetapi, model algoritma corelap terdapat aplikasi yang berguna untuk memudahkan pengaturan dalam perbaikan tata letak fasilitas. Untuk software aplikasi Corelap dapat didownload disini.

ALDEP

ALDEP atau singkatan dari Automated Layout Design Program adalah algoritma metode konstruksi perancangan tata letak fasilitas. Dalam pembuatan model layout yang optimal, Algoritma ALDEP membutuhkan Input yaitu peta hubungan kedekatan antar fasilitas (ARC). Adapun software ALDEP dapat di download disini.

BLOCPLAN

BLOCPLAN merupakan sistem perancangan tata letak fasilitas yang dikembangkan oleh Donaghey dan Pire pada departemen Teknik Industri, Universitas Houston. Program ini membuat dan mengevaluasi tipe-tipe tata letak dalam merespon data masukan. Metode BLOCPLAN dapat menggunakan peta keterkaitan sebagai input data (ARC) biaya tata letak dapat diukur baik berdasarkan ukuran jarak maupun dengan kedekatan. Adapun software BLOCPLAN dapat didownload disini.

3 Comments:

Fikri mengatakan...

permisi, mau tanya, apakah ada aplikasi MULTIPLE? jika direspon akan sangat berharga bagi saya. terima kasih

faizarteta mengatakan...

Maaf kak.. Untuk aplikasi Multi-floor plant layout evaluation (MULTIPLE) tidak ada 🙏

Fikri mengatakan...

terima kasih mas faiz

Posting Komentar