Pengertian NASA-TLX Dan Cara Pengukuran Pada Beban Kerja Mental

Pengertian NASA-TLX

NASA (NASA-TLX) adalah alat penilaian multidimensional yang banyak digunakan, yang menilai beban kerja yang dirasakan untuk menilai efektivitas tugas, sistem, atau tim atau aspek kinerja lainnya. Metode ini berupa kuisioner yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengukuran subjektif yang lebih mudah namun lebih sensitif pada pengukuran beban kerja. Dengan menggabungkan prosedur penilaian multi-dimensi, TLX NASA memperoleh skor keseluruhan skor beban kerja berdasarkan rata-rata tertimbang peringkat pada enam subskala (Hancock,1998)

SKALA
RATING
KETERANGAN
MENTAL DEMAND (MD)
Rendah,Tinggi
Seberapa besar aktivitas mental dan perceptual yang dibutuhkan untuk melihat, mengingat dan mencari. Apakah pekerjaan tsb mudah atau sulit, sederhana atau kompleks, longgar atau ketat .
PHYSICAL DEMAND (PD)
Rendah, Tinggi
Jumlah aktivitas fisik yang dibutuhkan (mis.mendorong, menarik, mengontrol putaran, dll)
TEMPORAL DEMAND (TD)
Rendah, tinggi
Jumlah tekanan yang berkaitan dengan waktu yang dirasakan selama elemen pekerjaan berlangsung. Apakah pekerjaan perlahan atau santai atau cepat dan melelahkan
PERFORMANCE (OP)
Tidak tepat, Sempurna
Seberapa besar keberhasilan seseorang di dalam pekerjaannya dan seberapa puas dengan hasil kerjanya
FRUSTATION LEVEL (FR)
Rendah,tinggi
Seberapa tidak  aman, putus asa, tersinggung, terganggu, dibandingkan dengan perasaan aman, puas, nyaman, dan kepuasan diri  yang dirasakan.
EFFORT (EF)
Rendah, tinggi
Seberapa keras kerja mental dan fisik yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan 

Langkah-langkah Pengukuran Beban Mental Dengan NASA-TLX

Langkah-langkah pengukuran beban mental dengan menggunakan NASA-TLX (Meshkati,1988) adalah sebagai berikut :

Pembobotan

Pada bagian ini responden diminta untuk memilih salah satu dari dua indikator yang dirasakan lebih dominan menimbulbeban kerja mental terhadap pekerjaan tertentu. Total perbandingan berpasangan untuk keseluruhan dimensi (6 dimensi) adalah 15. Dari kuesioner ini dihitung jumlah tally dari setiap indikator yang dirasakan paling berpengaruh. Jumlah tally ini kemudian akan menjadi bobot untuk setiap indikator beban mental

Pemberian Rating

Pada bagian ini responden diminta memberi rating terhadap ke enam indikator beban mental. Rating yang diberikan adalah subjektif tergantung pada beban mental yang dirasakan oleh responden tersebut. Untuk mendapatkan skor beban mental NASA-TLX bobot dan rating untuk setiap indikator dikalikan kemudian dijumlahkan dan dibagi 15 ( jumlah perbandingan berpasangan ).

Data dari tahap pemberian (rating) untuk memperoleh beban kerja (mean weight workload) adalah sebagai berikut:

a) Menghitung Produk

Produk diperoleh dengan cara mengalikan rating dengan bobot faktor untuk masing-masing deskriptor. Dengan demikian dihasilkan 6 nilai produk untuk 6 indikator tadi yaitu :
(MD, PD, TD, OP, FR dan EF)
Produk = rating* bobot kerja

b) Menghitung Weighted Workload (WWL)

WWL diperoleh dengan cara menjumlahkan ke enam dari produk.

c) Menghitung Rata-rata WWL

Rata-rata WWL dipeoleh dengan cara membagi WWL dengan bobot Total

d) Klasifikasi dari Beban Kerja Mental

Kategori
Skala
Rendah
Sedang
Tinggi
Sangat tinggi
10-33
34-56
57-79
80-100
Beban kerja merupakan usaha yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk memenuhi target pekerjaan. Beban kerja adalah keadaan dimana pekerja dihadapkan pada tugas yang harus diselesaikan pada waktu tertentu. (Meshkati,1988)

0 Comments:

Posting Komentar