Software yang Sering Digunakan di Perkuliahan Jurusan Teknik Industri

Setiap universitas tentu memiliki ciri khas tersendiri dalam pembelajaran mereka. Apalagi dalam hal penggunaan software tentu besar kemungkinan bisa jadi berbeda pula. Meskipun memiliki kesamaan jurusan, akan tetapi banyak software yang bisa dipilih untuk digunakan. Nah, berikut ini admin rangkum software apa saja yang digunakan di jurusan teknik industri, baik dalam perkuliahan maupun dalam praktikumnya.

Berikut ini adalah software yang sering admin pakai dalam perkuliahan di jurusan teknik industri khususnya sewaktu praktikum dulu.

1. Microsoft Office

Setiap jurusan pasti menggunakan software yang satu ini. Karena software office memang dirancang untuk mempermudah aktivitas pekerjaan maupun pembelajaran. Software ini hukumnya adalah wajib dalam dunia perkuliahan. Tanpa Microsoft Office kalian akan kesusahan dalam mengerjakan tugas dari dosen. Software yang digunakan bukan hanya word tetapi juga teman-temanya seperti (Excel, Power Point, Acces, Outlook dll).
Gambar 1. Microsoft Office

2. SPSS (Statistical Packages For The Social Science)

Dunia teknik industri akan erat kaitanya dengan statistika. Software ini dirancang untuk melakukan analisis statistik. SPSS sendiri merupakan singkatan dari statistical packages for the social science. Bagi warga teknik, khususnya anak teknik industri. Memiliki aplikasi ini hukumnya juga wajib.
Gambar 2. SPSS

3. AutoCAD

AutoCAD sendiri adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi, untuk urusan menganai CAD-CAM software ini sangat diperlukan dan tentunya harus kalian miliki.
Gambar 3. AutoCAD

4. SolidWork

Disiplin teknik industri mempelajari bidang ilmu mulai dari desain produk hingga bagaimana caranya merancang pabrik itu sendiri. SolidWorks sendiri adalah software program mekanikal 3D CAD  (computer aided design) yang berjalan pada Microsoft Windows. Program ini biasa digunakan untuk  merancang desain sebuah produk.
Gambar 4. SolidWork

5. Minitab

Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab sendiri dapat digunakan sebagai tools dalam Production Planning Inventory Control (PPIC).
Gambar 5. Minitab

6. Microsoft Visio

Teknik industri akan sangat erat kaitanya dengan 7 tools Problem Solving Decission Making (PSDM). Salah satunya adalah fishbone diagram (diagram tulang ikan). Salah satu software bisa membuat diagram tersebut adalah Microsoft Visio. Software ini bukan hanya dipakai menggambar diagram, visio juga bisa digunakan menggambar flowchart, sampai dengan rancangan layout pabrik.
Gambar 6. Microsoft Visio

7. Anylogic

Software ini berkaitan dengan simulasi dan pemodelan. Sebenarnya banyak sekali software simulasi yang dipakai di luar sana, tetapi didalam perkuliahan teknik industri admin, aplikasi yang dipakai adalah Anylogic. Selain karena kemudahan penggunaanya, aplikasi ini juga free alias gratis.
Gambar 7. Anylogic

8. WinQSB

Aplikasi ini digunakan dalam perkuliahan yang berkaitan dengan sistem produksi mulai dari perencanaan sampai dengan penjadwalan. Modul dari tools aplikasi ini sangatlah lengkap mulai dari MRP, Peramalan, Inventory sampai dengan Penjadwalan.
Gambar 8. WinQSB

9. Lingo

Lingo adalah alat bantu yang didesain untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan riset operasi seperti program linier dan non linier, kuadratik, quadratically constrained, stokastik dan optimasi model integer dengan lebih cepat, mudah dan efisien. Bagi kalian yang ingin mengerjakan skripsi terkait tema tersebut, aplikasi ini bisa kalian coba.
Gambar 9. Lingo

10. ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi  maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Salah satu aplikasi ERP yang sering digunakan perusahaan adalah SAP, Odoo, dll.
Gambar 10. ERP

11. XAMPP

Pengertian XAMPP adalah perangkat lunak (free software) bebas atau open source, yang mendukung untuk banyak sistem operasi, yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost). Dalam teknik industri aplikasi ini digunakan untuk perkuliahan dan praktikum yang berkaitan erat dengan pemrograman komputer.
Gambar 11. XAMPP

Sekian artikel dari admin. Apabila ada kekurangan terkait aplikasi apa saja yang digunakan di Teknik Industri, mohon teman-teman untuk menambahkan di kolom komentar ya. Siapa tahu dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian dan Salam unity!

Baca Juga ya! Ebook Lengkap Teknik Industri.

Cari Jurnal Internasional – Info Teknik Industri.

0 Comments:

Posting Komentar