11 Ide Kemasan Produk Yang Kreatif dan Inovatif Membuatnya Layak Untuk Dibeli

Pengertian Kemasan Kreatif

Desain kemasan sebenarnya adalah bidang yang sangat teknis dan menggabungkan antara unsur sains, teknik, dan seni. Seperti namanya, kemasan kreatif merupakan desain kemasan yang membuat produk menjadi lebih menarik, lebih unik, lebih berkesan dari kemasan produk yang sudah ada sebelumnya sehingga memiliki daya tarik lebih untuk dibeli oleh konsumen. Semakin kreatif desain kemasan itu maka, konsumen akan semakin tertarik pula untuk membeli. Menurut (Dhameria, 2014) kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan kesan positif. Dia juga menerangkan hubungan antara keunikan desain dengan daya tarik terhadap produk. Pengaruh desain kreatif terhadap daya tarik konsumen adalah membangkitkan selera konsumen terhadap produk itu.

Seiring dengan perkembangan waktu. Desain kemasan kini bukan hanya sebagai pelindung, akan tetapi juga sebagai nilai seni yang menggambarkan produk itu. Seperti menggambarkan keistimewaan produk, membujuk konsumen, filosofi produk, dll. Kemasan kreatif juga dapat dipakai sebagai strategi sarana pemasaran dan juga penguatan dari brand produk itu sendiri. Disini admin akan membahas 12 contoh ide pengemasan yang kratif dan inovatif tentunya juga out of the box.

Berikut Adalah 11 Contoh Keren Kemasan Yang Kreatif dan Inovatif Yang Dapat Menginspirasi Anda.

1. Kemasan Unik Yang Bisa Digunakan Sebagai Pengikat


Ini adalah contoh dari ide kemasan yang bagus. Jangankan untuk membuangnya. Anda malah justru akan menggunakanya untuk mengikat sesuatu. Sangat keren dan kreatif! Ide yang sangat cemerlang dan bagus untuk mengurangi limbah ini dirancang oleh Jean-Guillaume Blais dan dianugerahi kompetisi Young Package 2008 di Republik Ceko.

2. Kemasan Unik Untuk Telur

Desain kemasan yang inovatif ini menggabungkan perlindungan telur yang tak tertandingi dengan desain yang hebat. Kemasan itu terbuat dari kertas daur ulang yang membuatnya menjadi sangat ramah terhadap lingkungan.

3. Kemasan Pizza Yang Sangat Inovatif

Solusi pengemasan pizza bagi pecinta pizza. Kalian tidak akan lagi mengambil sepotong pizza yang membuatnya menjadi berantakan! Dengan desain inovatif ini, kalian sekarang dapat mengambil sepotong pizza tanpa tangan anda menjadi berminyak. Sangat jenius. Kemasan ini juga bisa diterapkan juga lho selain pizza. Roti contohnya.

4. Kemasan yang Dapat Menutup Mentega Dengan Sempurna

Jangan buang waktu anda untuk mencari pisau sebagai pengoles di makanan. Cukup gunakan tutupnya saja.

5. Kemasan Kreatif Untuk Makanan Siap Saji

Jangan buang tutupnya. Karena makananmu ada di dalamnya.

6. Kemasan Kreatif Minuman Anggur Dan Gelas

Dengan desain kemasan yang luar biasa ini, Kalian tidak hanya mendapatkan anggur yang lezat tetapi juga dua gelas anggur dalam satu paket.

7. Pesan Kemasan Rokok Yang Sangat Tersampaikan

Seperti yang diketahui bahwa rokok itu membunuhmu. Tetapi dengan pesan saja tampaknya tidak berpengaruh, mungkin sudah waktunya untuk benar-benar memasukkanya didalam peti.

8. Kemasan Kreatif Makanan Dan Hewan

Kemasan kecil yang praktis ini memungkinkan kalian menggabungkan cara praktis untuk mengangkut makanan dan hewan saat bepergian. Kemasan ini terbuat dari kardus dan hadir dalam desain portabel yang praktis dan mengintegrasikan mangkuk makan built-in.

9. Kemasan Kreatif Susu

Dengan desain kemasan inovatif ini, kalian akan ragu dengan isi karton tersebut. Tentu saja, membaca label itu sebenarnya bukan masalah bagi kebanyakan orang, tetapi desain ini sangat rapi sehingga kalian mungkin akan menggunakannya berulang kali.

10. Kemasan Hanger Dan Teh

Kini teh dapat digantung di gelas ataupun di mug. Bukan hanya pakaian yang bisa digantung loh.

11. Kemasan Kantong Plastik Tanpa Takut Dicuri

Jika anda memiliki masalah terkait makananmu sering dicuri. Kemasan ini dapat dijadikan sebuah solusi. Orang akan mengira makananmu sudah tidak layak untuk dimakan.

Demikian artikel yang dapat admin bagikan. Semoga memberikan banyak inspirasi dan ide kemasan yang unik, kreatif dan inovatif untuk anda. Sekian.

Daftar Pustaka

  1. Dhameria, Vita. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains dan Pemasaran Indonesia. 13(1) : 1 – 44
  2. www.koran-jakarta.com/pentingnya-kemasan-makanan-unik-dan-kreatif/
  3. https://interestingengineering.com/12-innovative-packaging-ideas-that-makes-it-worth-buying-the-product-for

0 Comments:

Posting Komentar