Cara Kompres File Pdf Sesuai Ukuran Yang Diinginkan

Sekedar cerita, dulu saya pernah dapet job yang kerjaannya itu harus mengurangi ukuran file pdf menjadi 200 kb, ukurannya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Kalaupun kurang tidak banyak, hanya 1 kb atau 2 kb tidak boleh lebih. Intinya harus sesuai dengan ukuran itu. Meskipun cuma sekali, tapi dulu sempat pusing karena kompres pdf online yang saya tahu itu hanya mengurangi ukuran tanpa bisa kita memilih ukuran yang diinginkan.

Saya googling kemana-mana, berkaitan mengenai bagaimana cara mengompres file pdf sesuai dengan ukuran yang diinginkan, tetapi saya gak nemu. Saya belum tahu untuk sekarang, entah sudah ada di Google atau belum saya kurang tahu. Jika kalian nyasar di blog saya. Selamat! Kalian mendapatkan jawaban. Karena jawaban ini murni dari trial saya sendiri sewaktu mendapatkan job itu. Wkwk

Hal pertama yang saya lakukan dulu adalah memandangi laptop saya. Lalu bertanya. Aplikasi apa ya yang sekiranya bisa mengubah ukuran pdf ini menjadi sesuai dengan yang saya inginkan? Seketika itu saya langsung mendapatkan jawaban yaitu CorelDraw.

Iya CorelDraw, selain bisa digunakan untuk desain gambar, CorelDraw bisa digunakan untuk mengompres file pdf sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Entah kalian pakai CorelDraw versi berapa itu tidak masalah karena saya rasa akan sama dan bisa digunakan untuk mengompres file pdf sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Nggak percaya? Oke saya kasih panduan mengenai cara kompres file sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

Cara Kompres Ukuran File Pdf Sesuai Dengan Keinginan Menggunakan CorelDraw

1. Download Aplikasi CorelDraw.

Langkah pertama yang kalian lakukan adalah, download aplikasi CorelDraw terlebih dahulu. Kalian bisa download aplikasi CorelDraw di Google dengan cara mengetikkan "Download CorelDraw".

2. Buka File Pdf Kalian, lalu Klik Kanan Pilih Open With CorelDraw.



3. Pilih File - Export PNG, lalu Atur Resolusi sehingga Nanti Bisa Sesuai dengan Ukuran yang Kalian Inginkan.

Aturlah resolusi gambar seperti pada No. 1, kemudian hasilnya dapat kalian lihat pada No. 2. Aturlah sesuai dengan kebutuhan ukuran yang kalian inginkan. Disini saya menginginkan ukuran Pdf saya nanti memiliki ukuran 200 kb. Kemudian pilih OK.

4. Cari File PNG Kalian, lalu Klik Kanan Open With CorelDraw.

Selanjutnya, gambar yang sudah di simpan tadi di buka lagi dengan CorelDraw untuk nantinya diubah kedalam format pdf.

5. Pilih File - Export, Ganti Tipe Penyimpananya dengan PDF.

Masukkan nama sesuai dengan yang kalian inginkan untuk file pdf nya. Kemudian ganti penyimpanannya menjadi format PDF. Kemudian Klik Export.

6. Sesuaikan Settingan Seperti dengan Gambar.

Aturlah settingan pada kolom objects, selanjutnya sesuaikan dengan gambar, lalu klik OK.

7. Ukuran File Pdf Telah Sesuai Dengan Keinginan Kalian.

Setelah itu, kemudian lihat file saya sudah memiliki ukuran sesuai dengan yang saya inginkan yaitu 200 kb.


Catatan :

Untuk file pdf yang memiliki banyak halaman, lakukan juga seperti halnya diatas, akan tetapi nanti pada tampilan CorelDraw terbagi menjadi beberapa halaman lalu sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Sekian.

0 Comments:

Posting Komentar