Pengertian Bisnis Model Canvas dan Pembuatanya

Daftar Isi

Pengertian Bisnis

Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business. Bisnis dapat didefinisikan sebagai segala aktivitas dari berbagai institusi yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian Bisnis Menurut Ahli :

Dibawah ini diuraikan pengertian bisnis yang disampaikan para menurut para ahli:

1. Menurut Hughes dan Kapoor (2010) 

Business is the organized effort of individuals to produce and all a profit, the good services that satisfy society needs. The general term business refers to all such effort within a industry. Yang artinya Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang diorganisasi untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Menurut Dun Steinhoff (1993)

Business is all activities involved in providing the good and service needed or desired by people. Artinya, bisnis merupakan seluruh aktivitas yang mencakup pengandaan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.

Pengertian Bisnis Model Canvas

Business Model Canvas (BMC) menurut (Osterwalder, 2012) adalah salah satu alat strategi yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai.

Pengertian Business Model Canvas juga bisa diartikan suatu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani.

Secara sederhananya, Bisnis Model Canvas dapat mengubah konsep bisnis yang rumit menjadi sederhana yang ditampilkan pada satu lembar kanvas atau visualisasi. Bisnis Model Canvas memiliki sembilan elemen kunci yang terintegrasi dengan baik didalamnya mencangkup analisis strategi secara internal maupun ekternal perusahaan.

Jadi, jika kalian ingin mendirikan sebuah bisnis atau sudah memiliki bisnis, strategi ini sangat cocok digunakan baik dalam perencanaan bisnis ataupun tahap pengembangan bisnis. Strategi ini bisa digunakan dalam usaha apapun baik jasa maupun manufaktur.
Adapun manfaat dari penggunaan bisnis model canvas untuk dunia usaha diantaranya adalah :

Manfaat Penggunaan Bisnis Model Canvas

  1. Dapat Digunakan sebagai strategi perencanaan bisnis
  2. Dapat Digunakan sebagai strategi pengembangan bisnis
  3. Dapat memperjelas orientasi bisnis kedepannya
  4. Dapat mengetahui konsep bisnis dengan jelas
  5. Dapat menguraikan konsep bisnis yang rumit menjadi lebih sederhana
  6. Dapat melihat konsep bisnis dengan akurat
Berikut ini cara pembuatan bisnis model sederhana yang akan dijelaskan pada paragraf selanjutnya.

Cara Pembuatan Bisnis Model Canvas

Langkah utama yang dilakukan dalam membuat bisnis model canvas yaitu, jika kita pemilik usaha, langkah awalnya adalah dengan menguraikan dan mendiskripsikan bagian dari 9 komponen bisnis model canvas itu sendiri. Kesembilan komponen itu diantaranya adalah:
  1. Customer segment (CS) Yaitu menentukan segmen target pelanggan baik dari internal maupun eksternal.
  2. Value proposition (VP) Yaitu memperkirakan kebutuhan customer yang sudah diidentifikasi pada customer segment.
  3. Customer relationship (CR) Yaitu mendefinisikan hubungan antara sektor usaha dengan customer.
  4. Channel (CH) Yaitu suatu cara untuk mencapai customer.
  5. Revenue stream (RS) Yaitu representasi dari jalur penerimaan uang yang akan diterima dari setiap customer segment.
  6. Key resource (KR) Yaitu sumber daya utama yang menjelaskan mengenai asset terpenting yang diperlukan dalam membuat model bisnis.
  7. Key activities (KA) adalah kegiatan utama.
  8. Key partners (KP) adalah kunci kemitraan yang menjelaskan jaringan pemasok dan mitra.
  9. Cost structure (CR) adalah struktur biaya yang menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan.
Jika masih bingung, disini admin contohkan dalam membuat bisnis model canvas:

Contoh Bisnis Model Canvas

Admin ingin mendirikan bisnis pembuatan dan penjualan roti, maka untuk memperjelas seperti apa konsep mengenai bisnis yang akan dibuat, maka saya membuat bisnis model canvas dengan cara menguraikan sembilan komponennya terlebih dahulu:

1. Customer Segment

Customer segmen adalah konsumen yang akan dituju. Disini adalah semua kalangan pria maupun wanita baik anak-anak sampai orang tua.

2. Value Proposition

Value Proposition merupakan nilai produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan ataupun calon pelanggan. Disini contoh value proposition misal saya ingin membuat roti dengan varian rasa coklat dan strowberry. Maka varian rasa coklat dan strowberry adalah value propositionnya.

3. Customer Relationship

Customer Relationship adalah menjalin hubungan dengan konsumen melalui media komunikasi sosial seperti whatsapp dan instagram.

4. Channel

Channel disini dilakukan untuk melayani pesanan, semisal rancangan penjualannya adalah dengan cara menjual barang di Toko A,B,C dan Warung A,B,C maka Channelnya adalah mengantarkan roti ke Toko A,B,C dan Warung A,B,C.

5. Revenue Stream

Revenue Stream adalah arus pendapatan yang paling luas, bisa dikatakan ini adalah pendapatan penjualan roti.

6. Key Resources

Key resources disini adalah sumber daya kunci. Kunci sumber daya yang terdapat pertama Sumber Daya Fisik yaitu bangunan dan berbagai macam peralatan yakni peralatan pembuat roti. Yang kedua Sumber Daya Manusia yakni dibutuhkan dalam pembuatan roti setidaknya dibutuhkan 2 orang karyawan. Yang ketiga sumber daya financial yakni pengunaan modal yaitu uang sendiri.

7. Key Activities

Key activites adalah aktivitas kunci usaha. Yakni pembuatan roti industri rumahan, pengemasan yang dilakukan secara manual, dan penjualan roti dilakukan dengan cara bermitra dengan toko maupun warung.

8. Key Partner

Key partner disini adalah mitra dari usaha. Disini mitranya adalah sebagai penyetok bahan baku maka admin memilih Pasar A sedangkan penjualan Toko A,B,C dan Warung A,B,C

9. Cost Structure

Cost Structure adalah struktur biaya pengeluaran yakni biaya operasional, biaya peralatan, biaya produksi, biaya kemasan, dan biaya tenaga kerja.

Nah maka pembuatan bisnis model canvasnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Gambar Rancangan Usaha Dengan Bisnis Model Canvas

Demikian yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Untuk desain bisnis model canvas dapat kalian download disini.

0 Comments:

Posting Komentar