Prinsip Kerja Regulator Gas LPG

Pengertian Gas LPG

Singkatan LPG adalah Liquefied Petroleum Gas (LPG). LPG merupakan gas hidrokarbon yang dicairkan dengan tekanan untuk memudahkan penyimpanan, pengangkutan dan penanganannya yang pada dasarnya terdiri atas Propana (C3), Butana (C4) atau campuran keduanya (Mix LPG). LPG diperkenalkan oleh Pertamina pada tahun 1968. Kompor gas dalam prosesnya memerlukan tekanan gas yang stabil agar didapat kualitas panas api yang seragam.

Pengertian Regulator Gas LPG

Regulator tabung baja adalah alat pengatur tekanan tabung baja LPG yang berfungsi sebagai penyalur dan mengatur menstabilkan tekanan gas yang keluar dari tabung gas LPG agar alirannya konstan. Fungsi regulator kompor gas elpiji yaitu mengatur tekanan gas agar stabil sesuai dengan spesifikasi kompor gas. Kompor gas dalam prosesnya memerlukan tekanan gas yang stabil agar didapat kualitas panas api yang seragam. Bagaimana cara kerja regulator gas Elpiji agar tekanan yang menuju kompor gas stabil sesuai dengan tekanan yang diharapkan kompor gas? Sedangkan kita tahu bahwa tekanan gas dalam tabung gas baik kapasitas 12 kg maupun kapasitas 3 kg adalah sekitar 6 atau 7 bar dan akan menurun seiring pemakaian. 

Untuk mengatur tekanan keluar atau tekanan gas yang menuju kompor, maka digunakanlah regulator kompor gas LPG atau sering disebut regulator gas LPG. Regulator gas elpiji sesuai dengan namanya berfungsi untuk mengatur tekanan sehingga asupan gas menuju kompor dalam kisaran 2,33 a/d 3,27 kPa.

Prinsip Kerja Regulator Gas LPG

Dalam regulator gas LPG ada dua ruang yang terpisah oleh katup otomatis. Ruang A yang terhubung dengan tabung gas, ini tekanannya berkisar 6 s/d 7 bar yang dinamakan gas masuk. Ruang B yang terhubung dengan kompor gas sebagai keluaran dari regulator gas LPG. Tekanan di ruangan ini yang dijaga agar dalam kisaran yang diharapkan tadi. Sekat antara ruang A dan Ruang B, disitu ada mekaninsme buka tutup dimana sekat akan membuka jika tekanan dibawah range yang diinginkan dan akan menutup jika tekanan sudah melebihi. Hal ini dimungkinkan dengan adanya membrane yang akan naik turun berdasarkan tekanan. Jika tekanan tinggi maka membran akan naik dan secara otomatis akan mendorong sekat katup untuk menutup dan bila tekanan rendah membran akan turun karena ada dorongan spring diatas membran.

0 Comments:

Posting Komentar