Sejarah Teknologi Handphone Dari Awal Sampai Saat Ini

Sebelum telepon genggam kita bertansformasi menjadi smartphone yang super canggih, seperti yang kita kenal saat ini. Ternyata  perjalanan menjadi teknologi yang canggih itu memiliki perjalanan cerita yang cukup panjang. Perjalanan tiap jenis handphone yang keluar di masanya menjadi sebuah inovasi untuk terus dikembangkan sehingga menjadi smartphone seperti sekarang. Berikut ini adalah perkembangan teknologi handphone dari masa ke masa:

Perkembangan Teknologi Handphone Sampai Saat Ini

Tahun 1983 : Ponsel Komersial Pertama dirilis dan diluncurkan ke pasaran

Martin Cooper adalah seorang insinyur di Motorola membuat sejarah dibidang teknologi komunikasi, dia melakukan penggilan pertama kali dengan telepon ciptaanya. Motorola DynaTAC 8000X adalah telepon genggam ciptaan Martin Cooper yang berhasil diluncurkan kepasaran pada bulan Maret 1983. Motorola DynaTAC 8000X memiliki spesifikasi berat yaitu 793.8 gram dengan tinggi 25.4 cm (belum termasuk antenna yang panjangnya hamper sama dengan bodinya). Untuk fitur dari DynaTAC 8000X sendiri hanya bisa digunakan untuk menelpon selama 30 menit. Kapasitas menyimpan kontak telepon sebanyak 30 nomor. Baterainya dapat bertahan selama 8 jam untuk masa standby dan butuh waktu selama 10 jam untuk full charge. Sedangkan jaringan yang dipakai pada ponsel ini dan yang tersedia pada masa itu adalah AMPS (Advance Mobile Phone System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan 1G. Ponsel ini memiliki harga pada masa itu yaitu 4000 $.


Gambar 1. Martin Cooper dan DynaTAC 8000X

Tahun 1989 : Bentuk Mulai Mengecil dan Desain Flip Pertama

Setelah Motorola DynaTAC 8000X berhasil diluncurkan dipasaran. Para insinyur Motorola membuat inovasi produk dengan konsep ukuran yang lebih kecil daripada ponsel yang ada pada masa itu. Motorola MicroTAC 9800X menjadi standard dalam pembuatan ponsel flip modern pada saat ini.


Gambar 2. MicroTAC 9800X

MicroTAC 9800X adalah ponsel kecil di masanya yaitu panjang handphone 23 cm dan berat 12,3 ons. Telepon ini dapat menggabungkan buku telepon alfa numeric bawaan sebagai salah satu dari banyak fitur standar. Memiliki menu yang terorganisir secara numerik, memiliki kalkulator, nada tombol serta penyimpanan nama dan nomor telepon. Ponsel ini memiliki harga pada masa itu yaitu antara 2495 $ - 3495 $.

Tahun 1993 : Smartphone Petama Kali Diperkenalkan

IBM Simon, handphone yang didesain oleh International Business Machines Corp (IBM) dan dirakit di Mitsubishi Electric Corp adalah nenek moyang dari smartphone saat ini. Ponsel pintar ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1994 dan hanya dijual di AS. Simon tidak disebut smartphone pada zaman itu melainkan Asisten Digital Pribadi. Akan tetapi, fiturnya memiliki banyak kesamaan dengan smartphone saat ini. Simon memiliki spesifikasi, memiliki layar sentuh dapat melakukan dan menerima panggilan telepon seluler. Simon juga dapat mengirim dan menrima faks, email, penjadwal janji, kalkulator, jam waktu dunia, notepad, anotasi tulisan tangan, dan keyboard layar input stylus standard dan prediktif.

Gambar 3. IBM Simon

Tahun 1996 : Ponsel Dilengkapi Layar Display

Sebelum memiliki layar, ponsel hanya dapat digunakan untuk menelepon saja. Motorola adalah perusahaan yang menggagas sekaligus menciptakan ponsel yang memiliki layar display. Motorola StarTAC adalah ponsel pertama yang berdesain clamshell sekaligus ponsel pertama yang menggunakan layar display. Ponsel ini juga menyandang sebagai ponsel pertama di dunia dengan fitur getar. Harga awal ponsel ini mencapai 1000$. Kemampuan dan Fitur Ponsel Motorola StarTac ini diantaranya adalah
  • Dapat menerima dan mengirim pesan (sms)
  • Berat sekitar 88 gram
  • Memiliki baterai lithium-ion
  • Tanda getar sebagai pengganti nada dering

Gambar 4. Motorola StarTAC

Tahun 1999 : Internet Dipakai Dalam Ponsel

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Ponsel memiliki fitur yang dapat mengakses dunia maya via internet. Nokia adalah perusahaan peralatan telekomunikasi besar asal Islandia sekaligus penggagas ponsel yang didalamnya terdapat akses untuk berselancar di dunia maya. Nokia 7110 tercatat sebagai ponsel pertama yang memiliki browser dan dapat mengakses dunia maya. Ponsel ini diciptakan oleh perusahaan industri peralatan telekomunikasi, internet asal finlandia yaitu Nokia. Nokia 7110 memiliki fitur yaitu :
  • Layar : Monochrome graphic
  • Dimensi : 125 x 53 x 24 mm
  • Berat : 141 g
  • Baterai : Li-Po 600 Mah
  • Talk Time : 1 jam 40 menit
  • Standby : 35 – 170 jam
  • Browser : WAP
  • Messaging : SMS


Gambar 5. Nokia 7110

Tahun 2000 : Ponsel Mulai Bisa Memutar Musik

Kebutuhan ponsel terus berkembang. Ponsel pertama yang mengusung teknologi yang dapat memutar musik digagas dan diciptakan oleh industri peralatan telekomunikasi yakni Samsung. Samsung SCH-M105, pengguna ponsel dapat mendengarkan musik dengan format MP3. Terobosan ini menjadi cikal bakal kehadiran ponsel-ponsel musik.

Gambar 6. Samsung SCH-M105
Selain memiliki fitur yang mirip dengan ponsel pada umumnya yaitu sms, telepon. Ponsel ini dilengkapi dengan pemutar musik yang dapat didengarkan dengan format musik yaitu MP3.

Tahun 2001 : Kamera Mulai Dipasang Dalam Ponsel

Teknologi ponsel terus berkembang. Pada 1997, Philippe Kahn sukses membuat ponsel yang dilengkapi kamera. Namun, ponsel kamera pertama yang dijual di pasaran adalah J-SH04 buatan Sharp Corporation yang dirilis di Jepang pada November 2000. Ponsel dengan berat 84 gram ini diyakini sebagai ponsel pertama di dunia yang memiliki fitur kamera yang terintegrasi. Fitur unggulan dari handphone ini adalah kamera dari J-SH04 beresolusi 0,1 megapixel dan layarnya sudah berwarna.
Gambar 7. J-SH04

Tahun 2000 : Era Ponsel BlackBerry

Research In Motion menciptakan sebuah peranti yang dinamakan BlackBerry. Peranti ini awalnya adalah pager dua arah. Baru kemudian pada 2002, RIM merilis ponsel cerdas BlackBerry 5810 yang merupakan cikal bakal ponsel pintar. BlackBerry 5810 sendiri sudah mendukung jaringan GSM dan GPRS. BlackBerry 5810 yang memiliki layar monokrom ini ditujukan untuk segmen korporasi, sekaligus menandai cikal bakal ponsel BlackBerry.  Fitur unik yang ada dalam ponsel ini adalah adanya aplikasi kirim pesan tanpa pulsa, BlackBerry Mesengger (BBM). Aplikasi ini hadir secara eksklusif yang menjadi daya tarik BlackBerry.
Gambar 8. BlackBerry 5810

Tahun 2006 : Ponsel Mulai Dilengkapi WiFi

Samsung merupakan perusahan yang mengusung pemasangan WiFi didalam ponsel. Produk pertamanya adalah Samsung SGH-P200 adalah ponsel pertama yang dilengkapi fasilitas WiFi (WLAN). Konektivitas nirkabel ini memungkinkan ponsel mampu mengakses jaringan internet di area-area “hotspot”, tanpa potongan pulsa. Sedangkan spesifikasi dari Samsung SGH-P200 secara umum adalah:
  • Jaringan : 2G (GSM 900/1800/1900)
  • Dimensi : 95 x 44 x 22.5 mm
  • Berat : 95 g
  • Kamera : 1.3 MP 1280 x 1024 pixels
  • Pesan : SMS, EMS, MMS, Email
  • Browser: WAP 2.0
  • Java, MP3 Player, Gprs Class 10
  • WLAN : WiFi 802.11
  • Baterai Li-ion 800 mAh
  • Standby : 215 Jam
  • Talktime : 8 jam

Gambar 9. Samsung SGH-P200

Tahun 2007 : Revolusi iPhone

Pada tahun 2007, Steve Jobs berhasil membuat revolusi melalui iPhone. Ia berhasil menggabungkan 3 produk hebat, iPod berlayar lebar, telepon seluler dan perangkat komunikasi internet ke dalam satu produk bernama iPhone. iPhone yang pertama memperkenalkan ponsel dengan 100 persen layar sentuh, tanpa disertai sama sekali oleh tuts kibor atau pun pen stylus. iPhone dapat dikatakan mewakili produk yang futuristik dan konsisten terhadap filosofi Apple, yaitu simpel dan elegan. Selain itu, iPhone mempelopori pembuatan perangkat sesuai keinginan vendor, tidak lagi terjebak kemauan operator telekomunikasi. Ini membuat semakin banyak smartphone inovatif yang hadir, seperti yang dinikmati sekarang ini. iPhone generasi pertama ini memiliki pilihan memori internal 4 GB, 8GB, dan 16 GB.
Gambar 10. iPhone Pertama

Tahun 2008 : Hadirnya Ponsel Android

HTC Dream adalah ponsel Android pertama yang dirilis ke pasaran. Ponsel ini menggunakan sistem operasional Android yang dikembangkan oleh Google. Ponsel ini yang menjadi nenek moyang dari ponsel android saat ini. Sistem operasi android ini memiliki keunggulan yaitu menyamai kemampuan komputer desktop. Jumlah produksi yang makin massal dan kemampuan teknologi yang lebih canggih, membuat banyak analis meramalkan cepat atau lambat bakal menggeser keberadaan smartphone popular macam BlackBerry serta iPhone.
Gambar 11. HTC Dream

HTC Dream bisa dibilang cukup unik dengan layar slide untuk membuka keyboard qwerty fisik yang tersedia. HTC Dream juga menggunakan chip terbaik Qualcomm saat itu yaitu MSM7201A. Didukung juga dengan RAM sebesar 192MB dan memori internal 256MB. Ponsel ini juga masih bisa menampung 16GB penyimpanan lewat microSD. Sebagai ponsel kelas atas di zamannya, HTC Dream sudah dilengkapi kamera 3,15MP yang sudah mendukung fitur auto-focus yang menjadi fitur smartphone sekarang. 

Tahun 2009 : Layar Definisi Tinggi

Dunia ponsel diramaikan oleh ponsel dengan layar berdefinisi tinggi. Samsung lagi-lagi membuat inovasi produk yang menjadi trend smartphone yang dipakai di masa sekarang. Salah satu pelopornya adalah Samsung i8910 atau disebut Samsung Omnia. Layar ponsel ini dilengkapi teknologi AMOLED, memastikan tampilan layar benar-benar tajam dan cerah. Layar ini juga berfungsi sebagai peranti input karena sudah mendukung teknologi touch screen.

Gambar 12. Samsung i8910  

Tahun 2017 : Ponsel Sidik Jari Didalam Layar

Produsen sensor Synaptics mengumumkan telah membuat layar dengan sensor pemindai sidik jari terintegrasi (in-screen fingerprint sensor) untuk smartphone bezel-less. Bekerja sama dengan lima perusahaan smartphone teratas, Synaptics sesumbar bahwa teknologi tersebut sudah diproduksi secara masal. Di antara lima pabrikan smartphone tersebut, Vivo muncul sebagai produsen Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama yang menyematkan sensor pemindai sidik jari dalam layar smartphone. Sensor itu tersemat di layar OLED produk smartphone-nya. Pemindai sidik jari di dalam layar menjadi fitur paling diperhitungkan pada ponsel kekinian, terutama setelah tren display bezel-less. Bingkai smartphone bisa dibuat lebih ramping lagi jika sensor pemindai sidik jari dipindah ke layar, tidak menggunakan tombol khusus. Salah satu produk andalanya adalah Vivo V15.

Gambar 13. Vivo V15


Spesifikasi dari produk ini sangat gahar dikelasnya selain memiliki sensor sidik jari didalam layar, produk ini juga memiliki kapasitas RAM 6Gb dengan ROM sebesar 64Gb dengan daya pacu CPU nya yaitu Octa-Core sebagai teknologi handphone sampai zaman sekarang.

0 Comments:

Posting Komentar