3 Kecelakaan Besar Dalam Pekerjaan Akibat Kesalahan Display


Sebelum membahas mengenai kecelakaan kerja akibat Display, disini saya ingin membahas mengenai arti Display terlebih dahulu. Display disini adalah seperangkat alat yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pekerja agar tugas ataupun pekerjaanya menjadi lancar. Contoh display seperti, speedometer, Indicator, dll.
Display sendiri dibagi menjadi tiga bagian diantaranya adalah
·   Display Kuantitatif
Artinya sebuah Display yang digunakan untuk memberikan informasi tentang nilai dari variable kuantitatif. Contoh : Speedometer, Termometer
·   Display Kualitatif
Artinya sebuah Display yang digunakan untuk memberikan informasi tentang nilai dari variable Kualitatif. Contoh : Merah untuk berhenti, Kuning untuk berhati-hati dan hijau untuk jalan.
·   Display Representatif
Display representative biasanya menggambarkan tentang instruksi “working model” dari sebuah mesin. Contoh: instruksi untuk mematikan dan menyalakan lampu on/off.

Berikut ini adalah 3 Kecelakaan Besar Dalam Pekerjaan Akibat Kesalahan Display:

1. Kecelakaan Pesawat China Airlines yang Jatuh Karena Pilot Salah Pencet Tombol (1994)
Saya kutip dari salah satu artikel kumparan.com pesawat dari maskapai China Air Tipe Airbus A300 dengan nomor 140 menyisakan beberapa korban selamat ketika terbang dari Taiwan menuju Jepang. Sejak lepas landas hingga penerbangan memang pesawat tidak mengalami masalah sedikitpun. Namun, semuanya berubah ketika mereka sudah hamper mendarat. Saat itu co-pilot justru tidak sengaja memencet tombol take off/go-arround sehingga menyebabkan lacu pesawat semakin kencang ketika hendak lepas landas. Akhirnya dari 271 penumpang termasuk 15 awak pesawat hanya ada 7 orang yang berhasil selamat.

2. Kecelakaan Pesawat TransAsia yang Menghantam Jembatan Tol Taiwan (2015)
Saya kutip dari salah satu artikel liputan6.com , Menurut laporan dari Taiwan’s Aviation Safety Council, burung besi itu baru saja lepas landas dari bandara Songshan Taipei. Tanpa sengaja pilot mematikan mesin, yang seharusnya hidup dengan menarik katup penutup yang salah. Kecelakaan tersebut menewaskan 43 dari 58 orang, termasuk pilot.


3. Penembakan Rudal Karena Salah Pencet Tombol (2018)
Saya kutip dari salah satu artikel militermeter.com seorang pilot jet tempur Eurofighter Typhoon AU Spanyol melepaskan rudalnya karena tidak sengaja. Dalam siaran pers resminya, Pilot pesawat mengakui kalau dirinya salah memencet tombol, sehingga mengakibatkan rudal melaju bebas. Beruntungnya rudal itu memiliki mekanisme penghancuran diri kalau tidak menemukan sasaran.


Sebenarnya, masih banyak sekali kecelakaan lainya yang menyangkut Display. Sebenarnya bukan hanya Kesalahan Display saja yang menghasilkan kecelakaan, melainkan banyak faktor. Karena Display itu berhubungan dengan manusia maka faktor terpenting adalah self action itu sendiri. Seperti halnya sebuah display instruksi dari lampu merah yang artinya berhenti malah dihiraukan dan akhirnya terjadi kecelakaan. Display batas kecepatan maksimal kendaraan dalam melaju yang menginstruksikan seberapa cepat kendaraan boleh melaju malah dihiraukan. Salam Safety!

Baca Juga : 
Lowongan Kerja Teknik Industri
Ebook Lengkap Teknik Industri

0 Comments:

Posting Komentar