Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Teknik Industri


Memperoleh gelar sarjana adalah prioritas mahasiswa dalam menempuh pendidikanya. Terlebih lagi mahasiswa teknik. Memang tak bisa dipungkiri, rutinitas anak teknik terkadang sangatlah padat. Apalagi bagi kalian yang mengikuti berbagai macam organisasi. Ditambah laporan praktikum yang gedenya setebal kitab.
Tapi percayalah, bukan berarti aktifitas itu membuat kita tidak bisa bekerja part time (freelance). Karena admin juga seorang freelancer ditengah rutinitas padatnya jadwal kuliah, terlebih lagi aktifitas freelance admin berada di luar zona kampus. Berbagai jenis pekerjaan freelancer sempat admin lakukan untuk mendapatkan pengalaman, mencari wawasan, mencari link, mendapatkan tantangan, mempraktekan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, serta juga tak dapat dipungkiri tujuan kita dalam bekerja yaitu dalam rangka menambah uang saku jajan kita sebagai mahasiswa.

Berikut ini adalah pekerjaan part time yang cocok dilakoni bagi kalian mahasiswa teknik.

1. Digital Marketing
Dalam era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, terlebih di zaman industri 4.0 yang memiliki slogan bergerak atau tergantikan. Kegiatan marketing atau pemasaran menjadikan aktifitas jual-beli menjadi lebih mudah baik berupa produk barang atau jasa. Kalian tidak perlu memiliki produk, mirip seperti dropshiper. Akan tetapi pengertian digital marketing disini lebih luas daripada sekedar berjualan online. Seperti halnya aktifitas penjualan melalui email marketing, sosial media marketing dan masih banyak lagi. Saat ini sudah banyak macam platfrom yang bisa digunakan untuk keperluan kegiatan berdagang. Carilah perusahaan startup yang membutuhkan jenis pekerjaan itu. Biasanya para freelancer mencari pekerkaanya di salah satu platform terbesar yaitu LinkedIn. Cukup isikan data dirimu, upgrade lalu jalin komunikasi terhadap pencari kerja. Mudah bukan?

2. Designer Grafis
Memang freelance yang satu ini cukup banyak diminati. Terlebih lagi apabila kita hobi dalam bidang desain - mendesain. Berbagai macam platform telah disediakan bagi kalian yang hobi dalam dunia grafis, seperti halnya sribulancer, 99design. Jika kalian kesusahan mengupgrade profil kalian untuk mendapatkan rating, trik selanjutnya adalah menawarkan. Seperti halnya pekerjaan sebelmunya, carilah perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa desain. Hubungi mereka, lalu tawarkan desain kalian.

3. Penulis Lepas
Penulis lepas disini memiliki istilah yang cukup umum digunakan ketika kalian membuka macam pekerjaan freelance. Akan tetapi admin akan memberikan istilah yang spesifik jika kalian ingin benar benar menjadi seorang penulis lepas. Penulis lepas dalam arti kita membuat. Serta penulis lepas dalam kategori mencontoh.
Penulis lepas dalam ruang lingkup yang pertama sering kali menjadi definisi artian yang akhirnya menjadi definisi umum yaitu kita membuat lalu mempublikasikan. Sebenarnya banyak sekali yang menawarkan penulis lepas dalam kategori kedua, sebagai contoh dulu admin menjadi penulis naskah ujian mantan sekolah admin. Hehe.

4. Kreator
Pekerjaan part time yang satu ini memiliki persaingan yang sangat banyak dan sangatlah ketat. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kalian tidak bisa melakoni ini sebagai pekerjaan freelance. Butuh usaha ekstra dalam hal seni aktifitas kreatif. Kreator bukan hanya menjadi youtuber saja. Bagi kalian yang memiliki seni kreatif dalam hal dunia tulis menulis, kaskus kreator bisa menjadi wadah bagi kalian.

5. Editor
Bagi kalian yang hobi dalam dunia editing, terutama video. Editor menjadi lahan bagi kalian yang ingin melakoni pekerjaan freelance. Coba bayangkan, jika satu kelas memiliki tugas untuk membuat video, sudah berapa banyak income yang kalian dapatkan hanya dari satu kelas saja. Jika kalian bisa melebarkan sayap pemasaran kalian, aktifitas ini juga sangat menjanjikan. Hanya perlu mengatur waktu lalu mengedit video, kalian sudah bisa mendapatkan pekerjaan ini.

6. Ikut catering
Jika kalian tidak tertarik dengan aktifitas freelance di dunia maya, aktifitas freelance offline ini recomended sekali bagi kalian yang memiliki jiwa petualang. Selain kita bisa bersosialisasi kepada orang baru, freelance yang satu ini juga memiliki komisi yang cukup lumayan. Maksud dari catering disini adalah seperti hajatan di desa-desa. Jika kalian pernah mendengar istilah sinoman maka prinsipnya seperti itu. Dikarenakan jika kita berada di kota-kota besar, rata-rata kegiatan hajatan memilih menggunakan jasa catering yang lebih fleksibel. Biasanya pemilik catering disini membuka kesempatan jika kita ingin membantu usahanya.

7. Mengajar
Jika kalian memiliki hobi seputar membagikan ilmu kalian, aktivitas ini sangatlah cocok untuk dijadikan pekerjaan freelance. Selain mendapatkan upah dari hasil mengajar pekerjaan lepas satu ini memiliki kelebihan yaitu kita dapat menyebarkan ilmu yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai amal jariyah.

8. Membantu perusahaan startup
Freelance yang satu ini yang menjadi favorite bagi admin. Karena lulusan teknik industri lebih menekankan pada aspek kemampuan memecahkan masalah dalam dunia industri. Dengan membantu perusahaan yang baru berdiri, kita bisa mendapatkan segudang pengalaman bahkan mendapatkan posisi yang tentunya sangat ideal. Selain itu, kelebihan yang admin sukai dari pekerjaan part time ini adalah kita bisa menerapkan langsung ilmu yang kita peroleh di bangku perkuliahan, kedalam dunia kerja langsung. Hal utama yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai perkerjaan part time ini adalah sering mencari informasi seputar perusahaan yang memiliki kategori startup atau baru berdiri, yang dapat dikerjakan dengan cara freelance.

9. Mencuci sepatu
Tak bisa dipungkiri, gaya hidup anak perkuliahan memang tergolong kelas menengah ke atas. Kecuali admin, hehe. Fashion dari anak kuliah memang lebih wah daripada anak pedesaan. Sepatu yang mereka kenakan dari brand ternama yang terkadang memiliki harga yang sangat fantastis. Butuh teknik pencucian khusus agar sepatu mereka tahan dan awet. Jika kalian belum memiliki pengetahuan tentang ini, banyak tutorial di youtube yang menjelaskan sehingga kita bisa belajar.

Baca Juga : Lowongan Kerja Teknik Industri

Catatan Kaki : Pekerjaan freelance teknik industri, pekerjaan freelance teknik, pekerjaan freelance mahasiswa, part time offline mahasiswa, freelance offline

0 Comments:

Posting Komentar