Perkembangan Pendidikan dan Keilmuan Teknik Industri di Indonesia

Pendidikan teknik industri di Indonesia, dan juga boleh dikatakan juga keilmuannya, dimulai dengan pengenalan kuliah-kuliah yang terkait dengan disiplin teknik industri di jurusan teknik mesin ITB tahun 50an. Permasalahan yang timbul akibat nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda tahun itu menunjukkan perlunya keilmuan teknik untuk mendisain bukan mesinmesinnya tetapi pabriknya. Pengenalan kuliah-kuliah seperti manajemen produksi, tata hitung ongkos, dan sebagainya terus berkembang di samping praktek-praktek keilmuannya.

Program studi teknik industri yang berdiri secara formal di Indonesia pertama kali adalah Jurusan Teknik Industri di Universitas Sumatera Utara (USU). Berbeda dengan program studi teknik industri di ITB, program di USU ini berasal dari Jurusan Teknik Kimia. Oleh sebab itu, warna teknik kimia terlihat kuat pada jurusan ini dan secara alamiah menjadi pola yang diikuti oleh kebanyakan program studi teknik industri di sekitar USU. Dalam perkembangan selanjutnya, jurusan teknik industri dengan warna teknik kimia semakin menghilang. Di ITB sendiri, program studi teknik industri berasal dari Jurusan Teknik Mesin. Perkembangan pendidikan di ITB barangkali dapat dilihat sebagai representasi perkembangan pendidikan dan keilmuan teknik industri di Indonesia karena hampir semua program studi teknik industri di Indonesia mengacu pada kurikulum yang diberikan di ITB. Secara ringkas perkembangan tersebut dijelaskan pada tabel dibawah.

Periode
Arah kurikulum
1963-1968
Masih berupa pembidangan dalam teknik mesin yang disebut teknik produksi 
1968-1973
Pendidikan teknik industri yang diberikan dalam kurikulum utuh yang tersendiri atau tidak menjadi bagian teknik mesin
1973-1979
Perluasan aplikasi disiplin teknik industri di luar industri manufaktur serta pengenalan kuliah pendekatan sistem
1979-1982
Pengenalan kelompok matakuliah manajemen sebagai tambahan pada disiplin teknik industri dan sekaligus sebagai bidang kajian dan terapan di lingkungan teknik industri. Pada saat ini nama teknik dan manajemen industri muncul.
1982-1987
Pemakaian sistem kongkrit manufaktur (SKM) sebagai obyek pembelajaran dalam kurikulum pendidikan
1987-1993
Perkembangan industri manufaktur yang semakin rumit dalam mencapai efisiensi dan performansinya sehingga  memunculkan pengelompokkan matakuliah yang merupakan aspek terkait dengan performansi tersebut. Tujuh kelompok mata kuliah pilihan yang terdiri dari : Sistem Produksi,
Ergonomi, Perencanaan dan Optimasi Sistem, Manajemen Industri, Tekno-Ekonomi, Strategi Pengembangan Industri dan Transportasi & Distribusi.
1993-1998
Dilakukan konsolidasi dalam pengelompokkan untuk lebih mempertajam pemberian kemampuan kepada mahasiswa yaitu kelompok teknik industri dan kelompok manajemen industri sebagai jalur pilihan di tingkat akhir.
1998-2003
Pengaruh ABET mulai masuk ke dalam pendidikan sehingga tujuan pembentukan kompetensi perancangan dan perbaikan sistem terintegrasi menjadi fokus utama kurikulum. Terjadi perampingan  yang menghasilkan hanya satu pola pendidikan yaitu teknik industri.
2003-2008
Pemantapan pemakaian konsep kurikulum berbasis kompetensi dengan ABET sebagai acuan dan penegasan kurikulum pendidikan sarjana yang bersifat umum dan spesialisasi dilakukan pada jenjang magister dan doktor. Kandungan teknologi informasi sebagai media integrasi sistem diperbanyak. Kurikulum bersifat terintegrasi dari program sarjana, magister dan doktor. Terdapat 7 (tujuh) konsentrasi pilihan pada jenjang magister dan doktor yaitu: rekayasa sistem kerja dan ergonomi, rekayasa manufaktur, rekayasa enterprise, rekayasa sistem rantai pasok, rekayasa dan manajemen kualitas, manajemen kerekayasaan,  dan strategi dan kebijakan teknologi.
2008-2013
Kurikulum mencapai kemapanan dengan tetap melakukan integrasi antara jenjang sarjana, magister dan doktor serta pengenalan program fast track dimana mahasiswa bisa lulus langsung S1 dan S2 dalam waktu lebih singkat. Konsentrasi pilihan disederhanakan menjadi 5 (lima) yaitu: rekayasa sistem manufaktur, rekayasa sistem kerja dan ergonomi, manajemen industri, sistem informasi enterprise, dan sistem industri & rantai suplai.

Jalur-jalur pilihan pada jenjang S2 dan S3 tersebut dapat dilihat sebagai area keilmuan teknik industri yang lebih spesifik. Jika dilihat terkait dengan rekayasa manusia dan ergonomi, sistem manufaktur, manajemen industri, sistem informasi enterprise, rantai pasok dan sistem industri.

Pada tahun 1995, dengan menyadari banyaknya program studi teknik industri berkembang di Indonesia, serta keinginan memperoleh tingkat kualitas yang sama di antara program-program tersebut, dibentuk organisasi penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri di ITB. Organisasi ini disebut sebagai BKSTI (Badan Kerja Sama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri) yang bersifat paguyuban untuk ikut menjaga bersama mutu pendidikan tinggi teknik industri.

Salah satu hasil dari organisasi ini adalah kesepakatan kurikulum inti program sarjana teknik industri pada tahun 2005, yang sampai saat ini masih dijadikan acuan. Dalam kurikulum inti tersebut disepakati kompetensi lulusan program sarjana teknik industri yang diadopsi dari program outcomes ABET. Berdasarkan pada kompetensi tersebut disepakati sebesar 90 SKS matakuliah yang dipandang sama untuk setiap program studi teknik industri di Indonesia. Kesepakatan tersebut juga mencakup garis besar isi dari 90 SKS matakuliah tersebut. Kemudian, diharapkan setiap program studi mengembangkan warna khas pendidikannya masing-masing pada sisa 54 SKS sehingga tergenapi jumlah SKS minimal program sarjana sebesar 144 SKS.

Berdasarkan kesepakatan kurikulum inti ini sudah banyak program studi teknik industri di Indonesia yang menjadikannya acuan dan mencoba membangun warna kekhasan masingmasing. Sejauh ini telah dijumpai beberapa warna khas seperti sistem manufaktur, rantai suplai atau logistik, dan sistem informasi. Sesuai dengan catatan di BKSTI, pada saat ini terdapat 160 program studi teknik industri di seluruh Indonesia.

Di samping itu pendidikan teknik industri pada jenjang magister dan doktor juga terus berkembang. Setelah ITB membangun program magister dan doktor, pada saat ini beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta juga membuka program magister. Secara umum, dapat dikatakan pendidikan tinggi teknik industri berkembang dengan baik.

Di ITB sendiri, pada tahun 2010 telah dibuka sebuah program studi baru yang masih serumpun dengan program studi teknik industri yang diberi nama manajemen rakayasa industri. Program studi ini mengacu pada program-program studi yang diakui oleh ABET yang disebut sebagai engineering management. Di dalam panduan ABET,  IIE (Institute of Industrial Engineering America), menjadi lead society atau masyarakat profesi utama yang mensponsori dan bertanggung jawab terhadap pengembangan keilmuan ini di samping asosiasi profesi yang lain seperti ASME (American Society of Mechanical Engineers), AIChE (American Institute of Chemical Engineers), ASCE (American Society for Civil Engineers), IEEE (Institute of Electrical and Elctronic Engineers), dan SPE (Society of Petroleum Engineers). 

Program studi baru ini perlu mendapatkan perhatian oleh BKTI-PII, sebab profesi engineering management merupakan profesi yang terkait dengan profesi teknik industri. Di ITB, diartikulasikan sebagai profesi yang lebih mengarah pada kegiatan-kegiatan yang bersifat proyek pada sistem terintegrasi, sementara teknik industri lebih difokuskan pada kegiatan-kegiatan operasi pada sistem terintegrasi. Dengan demikian kedua program studi ini di ITB, bersifat melengkapi. Dalam kerangka siklus hidup teknologi, bagian dari manajemen rekayasa industri adalah lebih pada kegiatan asesmen teknologi, pengembangan proses sampai dengan terbentuknya enterprise. Adapun bagian dari teknik industri adalah lebih pada kegiatan operasi enterprise tersebut serta proses perbaikan berkelanjutannya sampai dicapai masa dimana enterprise tidak bisa lagi dikembangkan dan memerlukan pembaharuan. Pada gambar 1 dijelaskan pemosisian antara manajemen rekayasa industri dan teknik industri tersebut.

Gambar 1. Pemosisian Teknik Industri dengan Manajemen Rekayasa Industri
(sumber: Program Studi Teknik Industri, 2009)


Catatan kaki : perkembangan, teknik industri, teknik industri indonesia, teknik industri, teknik industri ums, teknik industri uns, teknik industri itb, teknik industri ugm, teknik industri ui, teknik industri ub, teknik industri indo

0 Comments:

Posting Komentar