10 Cara Sederhana Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Memulai Mencintai Diri Sendiri

Love Your Self atau Mencintai Diri Sendiri adalah upaya atau rasa syukur kita terhadap apa yang sudah kita miliki dan yang sudah kita lalui. Mencintai diri sendiri berarti mensyukuri yang artinya adalah menghormati diri sendiri serta menerima diri kita sendiri tanpa harus merendahkan. Mencintai diri sendiri tentunya adalah proses dalam menghargai sebuah hidup. Untuk itu sangat penting untuk mencintai diri sendiri. Karena dengan mencintai diri sendiri secara tidak langsung kita juga mensyukuri atas apa yang telah kita dapatkan, menghargai diri sendiri atas usaha yang telah kita kerjakan. Mencintai diri sendiri dapat kita lakukan dengan cara yang sederhana,

Berikut Ini Adalah 10 Cara Sederhana Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Memulai Mencintai Diri Sendiri

1. Lakukanlah hobi dan kesenanganmu.


Mencari kesibukan dan melakukan apa yang kamu sukai dapat mengurangi tingkat stress. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki hobi dan sering melakukanya, memiliki tingkat harapan hidup yang lebih tinggi [1]. Mulai sekarang, cukup lakukan dan ekspresikanlah lewat aktifitas apa yang membuatmu menjadi bahagia.

2. Sesekali ajaklah dirimu jalan-jalan keluar.


Berjalanlah dan keluarlah lalu amati sekitar. Hal ini dapat mensyukuri atas apa yang telah kamu peroleh serta dapat meningkatkan rasa syukur dan tentunya menambah rasa cinta terhadap diri sendiri.

3. Berikan dirimu ruang untuk memaafkan kesalahanmu.


Ketahuilah bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya sempurna. Kesalahan yang telah kita perbuat adalah sesuatu yang harusnya dapat kita petik sebagai sebuah pelajaran. Semua orang pasti melakukan kesalahan. Mereka yang sukses adalah mereka yang paling sering gagal. Tak mengapa, mulailah lagi dan perbaiki. Itu akan membuat dirimu mensyukuri atas usaha yang telah kamu lakukan.

4. Berikan hadiah atas apa yang telah dirimu lakukan.


Kamu berharga. Kamu pantas menerima hadiah atas apa yang telah kamu lakukan. Setidaknya pujian untuk diri sendiri dapat membuat diri kita menjadi lebih bersyukur dan mencintai diri sendiri “Apakah kamu ingat apa yang sudah kita lakukan hari ini tadi? Untukku, kamu itu hebat.”[2]. Atau kamu bisa menuliskan capaian apa saja yang sudah diri kita lakukan, dan beri pujian karena kamu memang pantas mendapatkannya.

5. Singkirkan pengalaman negatif dan fokus pada hal-hal yang positif.


Terjebak pada masa lalu malah akan membuatmu sulit untuk melangkah maju. Jadikan masa lalu sebagai sebuah pembelajaran untuk masa depan. Karena memang masa lalu adalah bagian dari masa depan. Tanpa masa lalu, kita tidak akan menjadi kuat seperti sekarang dan satu kata lagi, fokus.

6. Singkirkan pikiran yang negatif terhadap diri sendiri.


Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Memikirkan apa yang belum terjadi sering membuat kita menjadi ketakutan. Tapi, memang harus dilakukan. Now, Just do it. Everything will be OK!

7. Berikan waktu untuk dirimu istirahat.


Tubuh butuh istirahat, otak perlu istirahat, pun hati juga perlu. Bersikap keras pada diri sendiri memang perlu. Tapi ada batasan bahwa ada titik dimana kita harus istirahat dan itu juga perlu.

8. Jangan dengarkan orang lain terhadapmu.


Jika kita mengukur diri dengan standar yaitu membuat diri kita di sukai oleh orang lain, itu malah akan membuat kita cemas. Karena standar ukuran disukai itu 100% dilakukan oleh orang lain. Untuk itu, bersikap bodo amat terhadap apa yang mereka katakan sesekali memang perlu. Bukan karena tidak menghargai, tapi karena kita tahu bahwa diri kita juga memegang kendali atas apa yang ingin kita lakukan [3].

9. Bertemanlah dengan orang-orang yang positif.


Lingkungan yang positif membuat kita menjadi pribadi yang positif juga. Pun sebaliknya, sebagai misal Mutiara yang berada di tumpukan sampah akan dianggap juga sebagai sampah. Libatkan dirimu dalam pergaulan yang positif, karena itu memang bagian dari cara kita mencintai diri sendiri.

10. Jangan rendahkan dirimu sendiri.


Rendah diri malah justru membuat seseorang menjadi minder, merasa dirinya tidak bisa untuk berkembang, merasa dirinya tidak pantas untuk mendapatkan sesuatu. Ketahuilah bahwa kita adalah manusia, setiap manusia akan memiliki peran masing-masing untuk dapat bermanfaat bagi sesama dan tentunya pasti ada alasan kenapa kita diciptakan. Mulailah berfikir bahwa kamu hebat, kamu bisa dan kamu itu berharga.


Daftar Pustaka
[1] https://www.kompasiana.com/arieffirmansyah/55005606a33311d0755104aa/manfaat-punya-hobi
[2] https://www.thelawofattraction.com/love-yourself/
[3] Manson, M. 2014. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat. Diterjemahkan oleh Grasindo

0 Comments:

Posting Komentar