Pengertian Visi, Misi, Value dan Belief Serta Contohnya

Sebuah perusahaan yang baik pasti memiliki Visi, Misi, Value dan Belief. Banyak orang yang belum mengenali pengertian tersebut. Kenali yuk pengertiannya, agar tidak salah. Untuk lebih memahami pengertian dari visi, misi, value dan belief, disini saya memberikan contoh untuk untuk lebih memudahkan.

Berikut Ini Adalah Pengertian dan Contoh Visi, Misi, Value, dan Belief Pada Perusahaan :

Pengertian Visi

Visi merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. Visi juga adalah pikiranpikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai (Yusuf, 2001:92).
Contoh :
Perusahaan Enginee Defender Corp. memiliki visi guna menunjukkan impian, cita-cita atau inti dari perusahaan tersebut. Visi Enginee Defender Corp. yaitu : “Menjadikan perusahaan mainan anak yang handal, berkualitas, dan berkompeten di Indonesia

Pengertian Misi

Misi merupaan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa perusahaan, organisasi atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat (Yusuf, 2001:92).
Contoh :
Pada perusahaan Enginee Defender Corp. memiliki misi antara lain :
  1. Menyediakan produk mainan anak yang berkualitas tinggi.
  2. Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal serta karyawan yang handal.
  3. Mengembangkan kualitas produk dengan inovatif.
  4. Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi pabrik mainan terbaik di Indonesia.
Baca Juga : Materi Lengkap Teknik Industri

Pengertian Value

Value merupakan nilai-nilai yang menjadilandasan perilaku dan motivasi karyawan serta persepsi karyawan mengenai perusahaan. Value merupakan kode moral dan etika yang menjadi penentu apa yang sebaiknya  dilakukan  oleh perusahaan dan menunjang tercapainya visi perusahaan dan menunjang tercapainya visi perusahaan (Yusuf, 2001:93).
Contoh :
Value pada Enginee Defender Corp. adalah EDC dimana kepanjangan dari Excellent, Decisive, dan Competent yang maknanya yaitu :
  1. Excellent. Excellent artinya yaitu menjadi sebuah perusahaan yang sangat baik, menjadi perusahaan yang unggul di Indonesia 
  2. Decisive. Decisive artinya yaitu karyawannya selalu tegas dalam mengambil keputusan
  3. Competent. Competent artinya yaitu memiliki karyawan dan perudahaan yang cakap dan mampu dalam bekerja maupun bersaing dengan perusahaan lainnya.

Pengertian Belief

Belief merupakan kepercayaan suatu perussahaan dan karyawannya dalam menjalankan pekerjaan. Belief digunakan agar dalam membuat produk dalam suatu oerusahaan berjalan sesuai dengan kepercayaan mereka (Yusuf, 2001:93).
Contoh :
Belief dari perusahaan Enginee Defender Corp adalah :
Mengedepankan kebersamaan sebagai pemacu kekuatan organisasi untuk menghadapi lingkungan bisnis sehingga menghasilkan produk berkualitas dengan value terbaik bagi customer.

0 Comments:

Posting Komentar