Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Engineer

Dalam sebuah disiplin ilmu, Engineer adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk merekayasa atau merancang sebuah produk berdasarkan pengetahuan berbagai disiplin ilmu yang dimilikinya untuk mempermudah aktivitas manusia.

Dalam bidang pekerjaan, di Indonesia seorang yang ahli dalam bidang engineer ini memiliki gelar profesional yaitu Insinyur. Insinyur memiliki makna yaitu seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer/insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.

Adapun Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Engineer

1. Complex Problem Solving

Tantangan di Era Industri 4.0 semakin sulit karena memaksa kita untuk berpikir kreatif. Salah satu skill yang diprediksi sangat berguna di masa depan adalah skill complex problem solving. Sebagai seorang engineer, kemampuan problem solver adalah kemampuan yang wajib dimiliki, karena di era Industri 4.0 ini tentu permasalahan akan lebih kompleks dibandingkan dengan era sebelumnya.


2. Berpikir Sistematis

Kemampuan berpikir sistematis adalah kemampuan merumuskan dan menguraikan permasalahan secara teratur dan logiss sehingga membentuk sebuah sistem yang dapat menjelaskan sebab akibat. Seorang engineer selalu menggunakan model dan tools untuk merancang dan menyelesaikan permasalahan, seperti 7 tools quality, diagram pareto, analogi, simulasi, model matematis dan lain-lain.


3. Kemampuan Perencanaan

Kemampuan selanjutnya adalah kemampuan merencanakan. Proses perencanaan yang baik akan berpotensi mendapatkan hasil yang baik pula. Untuk itu, kemampuan perencanaan juga harus dimiliki oleh seorang engineer. Tentu, perencanaan yang dimaksud bukan sembarangan. Bagi seorang engineer, rencana yang baik selalu memiliki parameter atau nilai yang dapat diukur.


4. Analisa dan Menafsirkan Data

Kemampuan selanjutnya yaitu kemampuan analisa dan membaca data dengan baik. Banyak perusahaan yang memiliki data akan tetapi harus ada seseorang yang mampu menafsirkan data dengan baik. Kemampuan ini yang wajib dimiliki oleh seorang engineer.


5. Berpikir Matematis

Dalam dunia teknik, matematika dan komputasi adalah alat dasar untuk mewakili variabel fisik dan hubungannya. Hal ini digunakan untuk berbagai tugas seperti membangun simulasi, menganalisis data secara statistik, dan menerapkan hubungan kuantitatif.


6. Solusi Yang Dapat Digambarkan Dengan Desain

Salah satu perbedaan antara bidang ilmu teknik dengan yang lainnya adalah solusi penjelasan dari permasalahan. Seorang engineer akan merancang dan bisa memberikan solusi yang mudah dipahami dengan menggunakan desain.


7. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Seorang engineer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan ide ataupun metode yang mereka pakai dalam menyelesaikan permasalahan.


0 Comments:

Posting Komentar