Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Tersambung WiFi di Windows 10

Pengertian WiFi

WiFi merupakan koneksi jaringan nirkabel yang memungkinkan komputer terhubung ke internet melalui gelombang radio tanpa menggunakan kabel. Di era sekarang ini, kebutuhan WiFi menjadi semakin tinggi dikarenakan orang semakin sadar akan kebutuhan internet. Beberapa alasan orang-orang mencari WiFi karena biasanya untuk mengurangi pengeluaran akibat pembelian paket data. Tak jarang, orang lebih suka mencari warung WiFi karena biaya yang dikeluarkan juga sedikit dan kecepatan internet juga lumayan.

Tak jarang, ada hal yang menyebabkan kendala seperti tidak bisa terhubung ke WiFi. Hal ini dirasa sangat mengganggu ketika kita akan membuka laptop untuk mengerjakan sesuatu malah laptop kita tidak bisa konek dengan WiFi. Penyebab laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi akan saya ulas lengkap pada artikel ini. Tapi sebelumnya, saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menyambungkan (menyalakan, menghidupkan) WiFi pada laptop. Tutorial ini bisa diterapkan pada laptop dengan spesifikasi windows windows 10.

Cara Menyambungkan Wifi Di Laptop

Untuk bisa mengakses internet, salah satunya adalah laptop anda harus terhubung dengan WiFi. Nah, disini saya akan memberikan tutorial cara menyambungkan WiFi di Laptop dengan mudah.

A. Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Melalui Taskbar

1. Klik ikon wifi yang berada di kanan bawah Taskbar.


2. Kemudian Akan Muncul Jendela Wireless Network Connection Seperti Gambar dibawah

3. Klik salah satu hotspot WiFi yang ingin Anda hubungan dengan laptop.

4. Selanjutnya pilih Connect untuk menyambungkan wifi ke laptop.

5. Kemudian masukkan password jika ada password, lalu klik oke.

6. Kemudian tunggu sejenak sampai benar-benar connect.

7. Jika laptop sudah terhubung dengan WiFi akan terlihat seperti kotak merah seperti gambar dibawah

B. Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Melalui Control Panel

1. Buka Control Panel, dengan mengetikkan "Control Panel"


2. Kemudian pada Network and Internet > Pilih Connect to the Internet

3. Maka akan muncul jendela wifi seperti gambar dibawah


4. Klik salah satu hotspot WiFi yang ingin Anda hubungan dengan laptop.

5. Selanjutnya pilih Connect untuk menyambungkan wifi ke laptop.

6. Kemudian masukkan password jika ada password, lalu klik oke.

7. Kemudian tunggu sejenak sampai benar-benar connect.

8. Jika laptop sudah terhubung dengan WiFi akan terlihat seperti kotak merah seperti gambar dibawah


Banyak orang-orang juga terkadang susah dan tidak bisa connect dengan WiFi. Nah, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengatasi Laptop yang tidak bisa connect dengan WiFi pada Windows 10.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

A. Tidak Ada Jaringan Hotspot

Hal ini terjadi pada saat kalian sudah mengaktifkan hotspot atau WiFi akan tetapi tidak muncul jaringannya. Nah, kemungkinan penyebabnya ada banyak diantaranya adalah :
  1. Anda menonaktifkan tombol wifi tanpa sengaja, sehingga harus segera menyalakannya lagi.
  2. Anda mengatur laptop dalam Mode Pesawat sehingga tidak ada koneksi seluler, sehingga matikan dulu mode pesawatnya.
  3. Anda berada di luar jangkauan sinyal WiFi atau sinyal terhalang oleh benda, sehingga mendekatlah pada sumber WiFi.
  4. Kemungkinan Laptop Anda tidak bisa terhubung dengan WiFi karena mempunyai bandwith berbeda. Karakteristik bandwith yang berbeda, misal laptop hanya mendukung sinyal 2,4GHz tetapi wifi menggunakan sinyal 5GHz sehingga tidak bisa terkoneksi.
  5. Jaringan wifi yang ada merupakan jaringan tertutup, solusinya adalah anda harus mengetahui password sesebelum bisa terkoneksi.
  6. Jaringan WiFi mati, solusinya adalah periksa menggunakan perangkat lain apakah bisa menggunakan WiFi tersebut atau tidak. Jika tidak bisa, besar kemungkinan WiFi harus direset ulang.

B. Koneksi Jaringan WiFi Tidak Stabil atau Lemot

Ada empat penyebab utama yang menyebabkan kinerja wifi dan akses jaringan yang tidak stabil dan lemot diantaranya adalah :
  1. Koneksi broadband yang tidak menentu.
  2. Jarak dari BTS jauh.
  3. BTS sedang dalam masalah.
  4. Jaringan lokal atau WiFi memang padat.

C. WiFi Tidak Bisa Terkoneksi Padahal Sudah Memasukkan Pasword Dengan Benar

Terkadang ada seseorang yang tidak bisa konek dengan WiFi padahal sudah memasukkan password dengan benar. Nah, biasanya solusinya adalah
  1. Periksalah lagi apakah password memang sudah benar seperti missal huruf besar dan juga kecil harus sesuai dengan password wifi. Solusinya adalah, tanyakanlah lagi apakah passwordnya sudah benar.
  2. Pastikan nama WiFi yang kalian sambungkan sudah benar. Anda bisa juga menanyakan, terkadang ada nama WiFi pada suatu tempat dengan nama yang hampir mirip. Bisa jadi anda memasukkan password pada jaringan WiFi yang salah.
  3. Jaringan WiFi kelebihan beban sehingga menolak koneksi, meskipun Anda sudah memasukkan password dengan benar. Reboot router / modem Anda, jika perlu konsultasikan dengan operator jaringan internet Anda.

D. Masalah Pada Driver Adaptor wifi

Adaptor wifi bisa mati begitu saja, apa pun perangkat yang digunakan. Terkadang adaptor wifi Anda mungkin mengalami konflik dengan perangkat lain dan gangguan daya, akibatnya laptop Anda tidak akan terhubung ke wifi. Jika ini masalahnya, Anda bisa menyelesaikannya dengan mengatur ulang driver wifi dengan langkah-langkah mudah berikut ini :

1. Klik Start – Kemudian Tulis dan Klik Device Manager.


2. Klik dua kali Network adapters, kemudian klik kanan pada software driver wifi Anda dan pilih Uninstall device.

3. Restart laptop Anda.
4. Setelah laptop Anda melakukan booting, tunggu beberapa detik untuk melihat apakah sudah bisa terhubung ke wifi. Jika masih tidak terhubung ke wifi, mungkin ada hal lain yang dapat Anda coba, seperti memperbarui driver Anda.

Driver wifi yang lama atau rusak dapat menghambat laptop terhubung ke wifi. Anda dapat memperbarui driver wifi ke versi terbaru untuk menyelesaikan masalah jaringan wifi dan meningkatkan kinerja laptop Anda.

Sebelum mengunduh driver apa pun, pastikan terlebih dahulu tentang merek dan model laptop Anda. Usahakan gunakan situs web resmi perusahaan laptop Anda untuk mendapatkan versi driver yang paling sah dan terbaru. Jika memilih untuk mendapatkan driver dari situs pihak ketiga, Anda memiliki risiko mengunduh software yang berpotensi berbahaya. Selalu unduh software hanya dari situs web yang Anda percayai.

Meskipun demikian, terkadang perusahaan laptop mungkin tidak memberikan pembaruan untuk perangkat wifi Anda. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkannya dari tempat lain secara online :

Cara Perbarui Driver WiFi

Berikut Ini Cara Memperbarui Driver WiFi :
1. Klik Start, kemudian ketikkan “Device Manager”

2. Klik dua kali Device Manager lalu Pilih dan klik dua kali Network Adapters, lalu cari nama Adaptor Nirkabel Anda dari daftar.


3. Klik kanan Wireless Adapter Anda lalu pilih Properties.
4. Klik tab Driver pada jendela yang muncul.
5. Fokuskan pada rincian dari Driver Provider dan Tanggal Driver. Salin atau tuliskan di tempat lain.
6. Sambungkan ke internet menggunakan metode berbeda atau pada perangkat lain dan cari situs web penyedia driver.
7. Kunjungi situs web penyedia driver dan cari versi terbaru driver Anda. Pastikan tanggal rilis lebih baru dari Tanggal Driver Anda.
8. Jika tidak ada driver yang diperbarui di situs web penyedia driver, atau jika penyedia driver Anda tidak memiliki situs web, kembali ke jendela Adapter Properties Anda.
9. Klik pada tab Detail.
10. Pilih ID Hardware dari daftar properti.
11. Klik kanan ID pertama dan pilih copy.
12. Paste ID ini di mesin pencari Anda dan temukan situs web yang memiliki driver tersebut.
13. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menginstalnya di laptop Anda. Pastikan Anda hanya mengunduh perangkat lunak dari situs web yang terpercaya.
14. Setelah driver diperbarui, restart laptop  dan coba sambungkan kembali ke jaringan wifi Anda.

E. Terkoneksi, Tetapi Tidak Ada Akses Internet

Periksa IP address apakah sudah benar sesuai dengan IP adress dari modem Anda.
Jika terjadi masalah dengan koneksi Anda, biasanya ikon wifi muncul disertai dengan tanda seru. Anda perlu menelusuri status atau pengaturan jaringan.
Buka Pengaturan> Jaringan & Internet, lalu pilih adaptor Wi-Fi.

Jika alamat IP pada perangkat Anda untuk jaringan IPv4 (satu set empat angka yang dipisahkan oleh titik) dimulai dengan 169.254, maka itu adalah alamat yang ditetapkan sendiri, yang menunjukkan OS Anda tidak dapat menerima penugasan dari DHCP jaringan lokal (Dynamic Host Server Configuration Protocol).

Namun, sebelum berasumsi bahwa jaringannya salah, periksa pengaturan firewall laptop Anda. Beberapa firewall mencegah koneksi ke jaringan wifi baru dan mengarahkan lalu lintas ke atasnya tanpa entri eksplisit. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus menerima prompt yang memperingatkan tentang jaringan baru dan meminta Anda menyetujuinya. Setelah Anda menghilangkan gangguan dari firewall atau filter lain, Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa memang jaringannya yang bermasalah.

F. IP Adress Valid akan Tetapi Tidak Bisa Dimuat

Buka browser dan coba muat halaman apa saja, seperti jurnalmanajemen.com, dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda melihat pemuatan dan pengalihan dimulai,  lihat bidang lokasi di browser Anda dan lihat apakah domain atau alamat IP berubah, maka kemungkinan ada sesuatu yang memblokir pada sistem Anda.

Jika tidak ada yang dimuat di browser, berkonsultasilah dengan ahlinya. Anda mungkin perlu mendapatkan password, membayar, atau menggunakan konfigurasi khusus.

Selanjutnya, saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menyambungkan WiFi secara otomatis pada laptop windows 10.

Cara Menyambungkan WiFi Secara Otomatis Pada Laptop Windows 10.

  1. Caranya adalah Klik tombol WiFi Pada Taskbar – Kemudian Centang Connect Automatically.
  2. Kemudian anda akan secara langsung dapat terhubung dengan jaringan WiFi tersebut jika jaringan WiFi tersebut aktif. 
  3. Kemudian, cara mematikan WiFi dengan mudah tanpa perlu repot-repot menggeser kursor ke Taskbar WiFi, kalian cukup gunakan tombol F2 atau tombol yang memiliki icon hotspot untuk mengaktifkan mode air plane. Untuk menonaktifkan mode airplane kalian cukup menekannya sekali lagi. 
  4. Dengan begitu, jika WiFi sudah aktif, kalian cukup menekan tombol F2 agar bisa terhubung dengan WiFi.
Sekian tutorial dari saya bagaimana cara menyambungkan dan mengatasi laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi. Semoga dapat bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar