Pengertian Teknik Industri - Rekomendasi Kampus Teknik Industri 2020

Pengertian Teknik Industri


Teknik industri adalah disiplin ilmu yang menangani tentang desain , perbaikan (improvement), penginstalasian (installation),  dan menangani masalah manusia, peralatan dan bahan/material, energi, informasi secara efektif dan efisien. Kata kuncinya adalah secara efektif dan efisien, artinya seorang lulusan industrial engineering memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan (problem solver) secara efektif dan efisien. Untuk itu, mata kuliah teknik industri memiliki cakupan yang luas karena dalam ranah perusahaan tidak hanya sekedar proses produksi melainkan terkait sistem perusahaan secara keseluruhan. Banyak orang yang bingung mengenai jurusan teknik industri, hal itu wajar terutama dirasakan oleh mahasiswa yang baru masuk di jurusan ini.

Output Teknik Industri

Output dari lulusan teknik industri berbeda dengan teknik lainya. Misal, teknik informatika yang lulusanya mempunyai keahlian dalam mengolah coding untuk membuat sebuah sistem aplikasi. Teknik elektro, memiliki keahlian dibidangnya mengenai kelistrikan. Teknik mesin yang mempunyai keahlian dibidang mesin itu sendiri. Teknik sipil yang ahli dalam merancang infrastruktur serta bangunan. Secara efektifnya, output teknik industri adalah kemampuan analisis dan menyelesaikan permasalahan dalam dunia industri. Wajar jika lulusan teknik industri bisa diserap di berbagai lingkup perusahaan, dikarenakan mata kuliah teknik industri juga bersinggungan dengan teknik lainya.

Analogi mudahnya mengenai teknik industri adalah jika kita membuat produk, seorang teknik industri harus mengetahui seperti apa desain produk itu, bagaimana cara membuatnya, berapa orang yang terlibat dalam pembuatan produk itu, seperti apa proses bisnis perusahaanya, hingga seperti apa desain perusahaanya.

Keahlian Teknik Industri

Secara umum keahlian teknik industri terbagi menjadi tiga, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem industri dan tekno ekonomi. Ketiga keahlian itu tersusun keseluruhan dalam mata kuliah yang dipelajari nantinya. Seorang industrial engineering sering dikenal dengan istilah problem solver, yaitu kemampuan menyelesaikan permasalahan dalam perusahaan. Bidang teknik industri bukan hanya berada dalam industri manufaktur saja melainkan bisa dalam industri jasa. Banyak lulusan teknik industri yang berkiprah dalam perusahaan mulai dari Desain Produk, Logistik, K3, Quality Control, SDM, PPIC, Analis Sistem dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Kampus Teknik Industri 2020

Dalam memilih jurusan ini tentunya aspek terpenting yang harus diketahui adalah mengenai akreditasi jurusan, dikarenakan akreditasi juga mempengaruhi mengenai sistem pembelajaran yang disampaikan. Penulis akan merekomendasikan Teknik Industri yang memiliki akreditasi A di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  1. Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung
  2. Teknik Industri, Universitas Gajah Mada
  3. Teknik Industri, Universitas Indonesia
  4. Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  5. Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara
  6. Teknik Industri, Universitas Diponegoro
  7. Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  8. Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret
  9. Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  10. Teknik Industri, Universitas Gunadarma
  11. Teknik Industri, Universitas Telkom
  12. Teknik Industri, Universitas Trisakti
  13. Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia
  14. Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  15. Teknik Industri, Universitas Hasanuddin
  16. Teknik Industri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  17. Teknik Industri, Universitas Pasundan
  18. Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  19. Teknik Industri, Universitas Surabaya
  20. Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan
  21. Teknik Industri, Universitas Bina Nusantara
  22. Teknik Industri, Universitas Andalas
  23. Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  24. Teknik Industri, Universitas Kristen Petra
Tunggu apalagi, daftarkan dirimu sekarang juga. Bagi kalian yang sudah berada di jurusan teknik industri entah itu sedang berada dalam masa kuliah ataupun yang sudah lulus. Pantau website kami terus, karena kami menyediakan informasi yang diperlukan serta bermanfaat dan tentunya gratis, khususnya bagi kalian industrial engineering. Salam Unity!

Baca Juga : 
Ebook Lengkap Teknik Industri

Catatan Kaki : Teknik Industri, Kampus Teknik Industri Akreditasi A, Tentang Teknik Industri, Rekomendasi Kampus Teknik Industri

0 Comments:

Posting Komentar