Lebih Baik Mana? Headset Kabel Atau Bluetooth

Pengertian Bluetooth

Bluetooth adalah perangkat komunikasi tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.

Nama Bluetooth berasal dari nama seorang raja yaitu Harald Bl├ątand (ditranslasikan dalam bahasa Inggris sebagai Bluetooth), yang hidup pada pertengahan abad ke sepuluh. Harald Bl├ątand menyatukan dan mengendalikan Denmark dan Norwegia. Hal tersebut menjadikan inspirasi untuk menamakan peralatan yang terhubung secara bersama-sama menjadi Bluetooth.

Ada banyak alasan ketika kita ingin menggunakan headset bluetooth, misalnya saja adalah dari segi kepraktisan. Yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan headset bluetooth..

Kelebihan menggunakan headset bluetooth adalah:

1. Praktis

Dengan menggunakan headset bluetooth kita tidak lagi repot-repot membenarkan kabel yang ruwet setelah kalian menggunakannya. Kamu juga bisa mengantongi handphone kalian dimanas saja tanpa takut kabel headset kalian putus.

2. Kompatibel terhadap semua perangkat yang memiliki fitur bluetooth.

Selanjutnya, terkadang seri handphone sekarang dan dulu memiliki lubang earphone yang berbeda. Hal ini tidak usah kalian khawatirkan, selama alat itu memiliki bluetooth dan kompatibel terhadap headset, kalian bisa menyambungkannya.

3. Gerak tubuh bisa leluasa

Menggunakan earphone bluetooth tentunya dapat memberikan gerak tubuh yang leluasa tanpa takut kabel menyangkut ataupun putus. Hal ini berguna saat kita beraktivitas sambil mendengarkan musik. Kalian bisa fokus dengan aktivitas kalian tanpa takut dengan kondisi headset.

Kekurangan menggunakan headset bluetooth adalah:

1. Membutuhkan pengisian daya.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya. Headset bluetooth juga memiliki daya, sehingga kamu diharuskan untuk mengisi headset jika baterainya sudah mulai habis. Untuk itu, perlu pengecekan berkala, jangan sampai ketika kita ingin menggunakan headset malah jadi baterainya habis.

2. Kualitas suara tidak sejernih dengan headset kabel

Headset bluetooth memiliki prinsip kerja yaitu mengirimkan suara dalam bentuk sinyal. Hal ini tentu akan sangat berdampak juga pada kualitas suara yang ingin kalian dengarkan. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mendengarkan musik dengan kualitas suara yang bagus, headset ini saya rasa kurang optimal.

3. Mudah hilang

Perangkat satu ini memiliki ukuran yang relatif kecil. Hal ini tentu memiliki dampak kehilangan yang cukup besar karena selain kecil juga tidak memiliki kabel. Untuk itu, kalian juga harus menyimpannya secara hati-hati agar tidak mudah hilang.

Nah, alasan orang memilih headset bluetooth biasanya dari segi kepraktisan dan aktivitas mereka yang membutuhkan gerak bebas sambil mendengarkan musik. Untuk kalian yang ingin mendengarkan musik tapi ingin memiliki kualitas suara yang baik, saya sarankan lebih baik menggunakan headset biasa. Sedangkan harganya, untuk saat ini kalian bisa membelinya dengan harga yang relatif sama. Tentu faktor lain yang menentukan harga adalah merk dan spesifikasi dari headset itu sendiri bisa jadi headset bluetooth lebih murah atau bisa lebih mahal.

Sekian informasi dari saya, semoga dapat membantu teman-teman dalam memilih earphone.

0 Comments:

Posting Komentar