Cara Scan Dokumen di HP Cepat Tanpa Aplikasi

Mahasiswa tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya tugas online. Biasanya, beberapa tugas yang ditulis menggunakan tangan harus di scan terlebih dahulu. Kini, melakukan scan dokumen sangatlah mudah, dan bisa dilakukan menggunakan ponsel. Ada banyak pula cara scan dokumen di hp yang ditawarkan berbagai aplikasi.

Diantara 2 cara yang mudah dan banyak digunakan tentu saja adalah pemanfaatan aplikasi CamScanner dan google drive. Jika Anda sedang membutuhkan solusi scan dokumen cepat dan mudah, maka bisa juga mengguanakannya. Nah, penasaran bagaimana panduannya? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Scan Dokumen di HP Menggunakan CamScanner

CamScanner adalah aplikasi yang sudah sangat populer digunakan untuk melakukan scan berbagai dokumen. Aplikasi ini memang memiliki banyak penawaran menarik dan fitur yang lengkap. Selain itu, cara scan dokumen menggunakannya pun juga sangat mudah. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan dokumen yang akan discan dan jangan lupa download aplikasinya terlebih dahulu.

Selanjutnya, silahkan langsung log in ke aplikasi. Di sana, setelah log in Anda akan mendapatkan panduan singkat secara otomatis. Setelah itu akan ada beberapa menu yang tampil di layar utama. Jika Anda ingin langsung melakukan scan dokumen, cari icon kamera dan klik icon tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan izin akses ke file manager dan kamera pada aplikasi ini.



Jika sudah masuk ke fitur scan, maka Anda harus mengambil gambar dokumennya terlebih dahulu. Jadi, siapkan dokumen di tempat dengan cahaya cukup. Setelah itu Anda bisa mulai mengambil gambarnya. Dalam pengambilan gambar, Anda tidak perlu terlalu memikirkan apakah dokumen miring, sesuai batas kamera atau tidak, karena aplikasi akan memperbaikinya.



Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan membenahi kemiringan dokumen. Setelah Anda melakukan scan, maka bisa memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan, atau background foto dokumen tersebut. Setelah itu, Anda juga bisa memberikan efek jika menginginkannya dan setelah selesai, dokumen akan tersimpan. 


Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive

Cara scan dokumen di hp selanjutnya tanpa harus download aplikasi khusus juga bisa Anda lakukan melalui google drive. Hanya saja cara ini masih cukup jarang disadari para pengguna android. Padahal, aplikasi google drive sudah terpasang di masing-masing smartphone. Persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memulai proses ini hanya menyiapkan dokumennya dan memastikan ada koneksi internet.



Jika sudah, Anda bisa langsung masuk ke aplikasi google drive di hp dan langsung klik saja icon +. Selanjutnya, pilih opsi pindai dengan icon bergambar kamera, lalu lanjutkan dengan mengambil gambar. Perlu diperhatikan dalam pengambilan gambar ini Anda perlu menggunakan background di belakang dokumen dengan warna yang berbeda agar aplikasi lebih mudah memastikan batas dokumennya.


Agar hasil scan bagus, maka hp perlu disejajarkan posisinya dengan dokumen yang akan di scan. Anda bisa mengulangi proses foto ini jika merasa hasilnya kurang maksimal. Jika sudah menemukan hasil pengambilan gambar yang pas, Anda bisa langsung menyimpannya.



Nah, jika ingin menambah halaman pada dokumen, klik saja icon +. Di sini, ada juga fitur mengganti nama file di icon pilihan. Setelah proses scan selesai, maka secara otomatis akan masuk ke google drive Anda. Untuk menyimpan langsung file ini diperangkat, Anda bisa mendownloadnya ke file manager.

Sangat mudah bukan cara scan dokumen di hp sebagaimana yang sudah dipaparkan? Tentu saja cara-cara dengan langkah mudah ini akan sangat membantu bagi para mahasiswa yang ingin melakukan scan dokumen secara mudah dan cepat.
Di 2 aplikasi di atas, Anda bisa melakukan scan jenis dokumen apa pun. Tidak hanya tugas, kartu identitas atau dokumen penting yang perlu disimpan secara digital pun bisa discan dengan cara tersebut.

0 Comments:

Posting Komentar