Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Disukai HRD

Pengertian Daftar Riwayat Hidup (CV)

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) adalah sekumpulan informasi yang berisi tentang biografi diri, latar belakang pendidikan, pengalaman, hobi dan skill (kemampuan) seseorang. Biasanya, daftar riwayat hidup digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan atau mendaftar beasiswa, organisasi dan lain sebagainya.

Format Penulisan CV

Penulisan daftar riwayat hidup umumnya tidak ada aturan baku. Hanya saja, informasi yang ada didalamnya usahakan terbaca dengan jelas dan menjelaskan diri anda. Umumnya Daftar Riwayat Hidup (CV) berisi sekumpulan informasi mengenai :

1. Foto Diri

Foto diri dalam CV adalah sebuah informasi yang menunjukkan wajah diri sendiri bukan wajah orang lain. Tidak ada format baku untuk foto dalam CV. Akan tetapi, gunakan foto yang tetap memiliki kesan elegan.

2. Biografi

Biografi dalam CV berguna untuk menjelaskan siapa diri anda. Tulislah biografi diri anda dengan singkat dan lengkap yang menjelaskan diri anda. Ingat! Yang paling penting adalah jujur.

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja adalah tempat dimana sebelumnya anda bekerja. Dalam menulis pengalaman kerja pada Daftar Riwayat Hidup (CV), cantumkan Tempat dimana anda bekerja, Tahun kapan anda mulai bekerja disana, Jabatan apa yang anda miliki disana dan Tugas anda di pekerjaan sebelumnya.

4. Pengalaman Organisasi

Pengalaman Organisasi adalah tempat dimana anda pernah bergabung dalam organisasi. Seperti halnya pengalaman kerja, dalam menulis Pengalaman Organisasi pada Daftar Riwayat Hidup (CV), cantumkan Nama Organisasi, Kapan anda Berorganisasi, Jabatan apa yang anda duduki dan Tugas anda dalam organisasi tersebut.

5. Pendidikan Formal

Pendidikan Formal adalah tempat dimana anda menimba ilmu (SD, SMP, SMA/SMK, Universitas). Tulislah dimana Tempat kalian menimba ilmu, mulai dari awal sampai akhir. Tahun kapan kalian memulai pendidikan tersebut. Jika ada jurusan, tulislah jurusan tersebut. Jika ada IPK, tulislah berapa IPK anda.

6. Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal adalah pendidikan dari instansi Non Formal. Contoh pendidikan Non Formal adalah pelatihan. Tulislah Nama Pendidikan Non Formal Anda, Instansi mana yang menyelenggarakan dan Tahun Kapan Anda Memulai Pelatihan Tersebut.

7. Soft Skill

Soft Skill adalah kemampuan yang melibatkan aspek kecerdasan intra personal yang berguna dalam pekerjaan yang berhubungan dengan orang. Contoh dalam soft skill adalah Kemampuan Komunikasi, Berpikir Kritis, Kemampuan Analitik, Problem Solving, Kemampuan Leadership, Teamwork, Kreatif, Manajemen Diri dan Waktu. Dalam membuat Soft Skill dalam CV gunakan format angka untuk mengukur. Bisa dalam bentuk presentase ataupun dalam bentuk angka dari 1-10. Atau bisa juga kamu jelaskan kemampuan Soft Skill kamu.

8. Hard Skill

Hard skill adalah keterampilan yang lebih spesifik dari diri anda yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Contoh kemampuan hard skill adalah Menulis, Desain Web, Pemrograman, Matematika. Seperti halnya pembuatan CV pada Soft Skill, dalam membuat Hard Skill dalam CV gunakan format angka untuk mengukur. Bisa dalam bentuk presentase ataupun dalam bentuk angka dari 1-10. Atau bisa juga kamu jelaskan kemampuan Hard Skill kamu, bisa juga kamu tambahkan portofolio.

9. Hobi

Hobi adalah sebuah kegiatan yang anda sukai. Contoh hobi adalah bermain game, menulis, menggambar, memancing dll.


Dalam menulis Daftar Riwayat Hidup (CV), Berdasarkan Pengalaman dan Rujukan dari beberapa HRD di Perusahaan Besar. Penulisan Daftar Riwayat Hidup (CV) yang disukai oleh HRD adalah sebagai berikut :

Daftar Riwayat Hidup Yang Disukai HRD

1. Tulislah Dengan Jujur

Tulislah Daftar Riwayat Hidup (CV) dengan jujur. Sekeren apapun kamu menuliskan CV kamu, jika kamu tidak bisa menjelaskan pada saat interview maka itu sia-sia. HRD akan tahu apakah yang anda tulis itu benar-benar jujur atau tidak.

2. Gunakan Template Yang Minimalis

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan yang formal (bukan industri yang kreatif) usahakan template yang kamu gunakan memiliki desain yang tidak terlalu mencolok.

Baca Juga : Download Template CV Gratis Minimalis

3. Gunakan Foto Yang Baru, Terkesan Rapi, Sopan dan Formal

Sekali lagi, jika anda ingin melamar di perusahaan yang bukan industri kreatif, usahakan foto yang anda gunakan juga formal, sopan dan rapi.

4. Gunakan Bahasa Yang Kamu Kuasai

Boleh boleh saja menuliskan CV dalam bahasa inggris, jika kamu bisa bahasa inggris secara aktif. Namun, jika kamu memiliki bahasa inggris yang pasif, gunakan bahasa yang kamu kuasai.

5. Tulislah Yang Penting

Tulislah yang penting di dalam CV anda. Buanglah informasi yang tidak penting seperti halnya warna favorit, makanan favorit, agama atau nama orang tua.

6. Pendidikan

Tulislah 2 terakhir pendidikanmu. Jangan tuliskan latar belakang pendidikanmu mulai dari (Paud, TK). Cukuplah 2 Terakhir dari pendidikanmu, jika ada jurusan dan IPK, tulislah juga.

Baca Juga : Contoh Desain CV Yang Disukai HRD

Sekian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman. Salam!

0 Comments:

Posting Komentar