Berbagi Pengalaman dan Tips Lolos PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Pengertian PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah salah satu karya ilmiah yang diadakan setiap tahun oleh Dikti guna mengasah kreativitas mahasiswa dalam hal menulis, berpikir sistematis serta memecahkan masalah lewat karya tulis secara kreatif. PKM menjadi salah satu ajang bergengsi yang tidak boleh dilewatkan bagi mahasiswa. Tak heran, program ini selalu diminati oleh mahasiswa sampai-sampai banyak instansi perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya untuk ikut serta dalam program ini.

Sejarah PKM

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditlitabmas Ditjen Dikti. Sedangkan Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan pada tahun 2002 adalah PIMNAS-I kegiatan PKM. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM. 

Sebelumnya, pada tahun 1997 Ditlitabmas sudah menginisiasi kegiatan khusus bagi mahasiswa, yaitu Karya Alternatif  Mahasiswa, KAM yang digabungkan bersama Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, PPBKPT. KAM kemudian tumbuh menjadi cikal bakal PKM. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Sampai saat ini, program PKM terdiri 8 Bidang, dari diantaranya adalah

  1. PKM-P
  2. PKM-K
  3. PKM-M
  4. PKM-T
  5. PKM-KC
  6. PKM-AI
  7. PKM-GT
  8. PKM-GFK

PKM-P

Bertujuan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya baik dalam aspek eksperimental maupun deskriptif. Mengingat sifat dan metode program yang berbeda maka PKM-P dikelompokkan menjadi PKM-Penelitian Eksakta (PKM-PE) dan Sosial Humaniora (PKM-SH).
PKM-PE meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksireaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif. 
PKM-PSH meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.

PKM-K

Bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit. Namun, dalam hal ini, PKMK lebih mengutamakan keunikan dan kemanfaatan komoditas usaha (ada muatan intelektual) daripada profit. Pelaku utama PKMK adalah mahasiswa, sementara pihak lainnya hanya sebagai faktor pendukung.

PKM-M

Bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit. Direkomendasikan agar PKM-M merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakat dan bukan inisiatif mahasiswa. PKM-M memerlukan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan kelompok masyarakat calon mitra. Dalam hal ini bukan Kepala Desa atau RT/RW tetapi kelompok yang akan memperoleh manfaat program. Surat termaksud disertakan dalam Lampiran proposal.

PKM-T

Bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit seperti bidan yang memiliki Klinik Bersalin, petani, nelayan, pedagang jamu gendong, tukang becak dan lain-lain. Solusi iptek yang diimplementasikan dalam PKM-T harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra. PKM-T mewajibkan adanya Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan calon Mitra. Surat termaksud disertakan dalam Lampiran proposal.

PKM-KC

Bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKM-KC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.

Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Pengalaman Lolos PKM

Bicara tentang PKM, teringat pertama kali admin menjadi mahasiswa baru, rasanya seperti sebuah keinginan yang besar dan cita-cita admin kala itu. Mulai dari buku bacaan, sampai beberapa seminar tentang trik lolos PKM admin simak dan ikuti dengan seksama. Keinganan lolos PKM itu timbul bukan karena alasan insentif yang cukup besar, tapi memang ajang ini bergengsi, rasanya seperti kita akan bangga jika kita mampu berpartisipasi ikut serta mengharumkan nama kampus kita di tingkat Nasional dan juga sebagai ajang pembuktian bahwa mahasiswa adalah agent of change lewat daya pikir dan kreativitas mereka.

Salah satu karya agar kita tidak hilang dalam sejarah adalah tulisan. Menulis merupakan cara terbaik untuk merekam sebuah kejadian di otak agar tidak hilang selama-lamanya. Salah satu tokoh pahlawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer pernah berkata, "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah". Untuk itulah admin berbagi pengalaman tentang tips bagaimana lolos PKM hingga didanai oleh dikti. Semoga lewat tulisan ini dapat membangkitkan semangat teman-teman lewat karya tulis, khususnya PKM.

Sudah dua kali PKM admin lolos dan didanai oleh dikti. Beberapa kali lolos seleksi internal (seleksi universitas). Diantara yang lolos dan didanai dikti adalah Dua PKM-AI, sebagai anggota dan ketua. Dua PKM-KC (seleksi universitas) sebagai ketua dan anggota. 

Salah satu keunggulan PKM-AI dibanding PKM lain adalah kita tidak perlu repot-repot membuat laporan tentang progress, kita hanya perlu membuat tulisan PKM nya saja. Artinya, kita tidak bisa menuju PIMNAS. Output dari PKM ini hanyalah pendanaan.

Mungkin, prestasi ini tidak layak untuk disombongkan, barangkali di luar sana ada dan banyak yang memiliki prestasi lebih dari admin. Akan tetapi, sedikit dari mereka yang ingin membagikan ilmunya dan diturunkan kepada adik-adiknya, agar bisa bermanfaat bagi sesama.

Bicara tentang pengalaman dalam PKM, tentu hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah skema penulisan dan kreativitas bagaimana PKM itu dibuat, disini akan saya bagikan pengalaman lolos PKM dengan model tips dan trik supaya kalian juga bisa lolos PKM.

Tips Lolos PKM dan Didanai Dikti

1. Pikirkanlah Ide Yang Kreatif

Sesuai dengan namanya, hal pertama dalam penilaian ini adalah kreativitas kalian. Kreativitas kalian akan diuji lewat program ini, nah bagaimana cara kita agar kita tahu bahwa ide kita sudah kreatif atau belum? Caranya cukup mudah. Jika kalian sudah menemukan ide itu, tulislah di pencarian Google dan mulai mencari tahu, jika dirasa belum banyak disana, maka bisa dikatakan itu adalah kreatif. 

Lalu bagaimana jika kita belum menemukan ide kreatif itu? Caranya juga cukup mudah. Pikirkanlah sebuah permasalahan, pikirkanlah permasalahan itu, lalu kalian bisa menyelesaikan permasalahan itu dengan sederhana dan efisien.

2. Bacalah Panduan PKM Terbaru

Kesalahan pertama yang biasa admin temui adalah membaca dan menulis berdasarkan PKM lama. Hal ini sangatlah lumrah admin temui, padahal setiap tahunnya, format PKM itu berbeda-beda. Hal yang harus kalian perhatikan adalah membaca dan memahami buku panduan PKM terbaru. Hal ini hukumnya adalah wajib, jika kalian ingin lolos PKM. Bukankah kalian tidak mau, jika kalian merasa bahawa ide kalian sudah kreatif, akan tetapi PKM kalian tidak lolos hanya gara-gara format tidak sama? Maka, selain menulis, membaca juga perlu dilakukan.

3. Tulislah Sesuai Bidang Kalian

Selanjutnya, setelah kalian punya ide kreatif dan sudah membaca itu semua, pastikan bahwa ide kalian sudah relevan dengan bidang yang kalian kuasai. Usahakan jika kita memilih judul yang berpotensi lintas jurusan, maka kalian juga wajib merekrut orang yang sesuai dengan bidang itu. Meskipun kalian rasa kalian mahir dalam bidang tersebut akan tetapi hal ini sangat penting. Maka dari itu, jika dirasa judul kamu tidak relevan dengan jurusan kamu, maka carilah rekan yang relevan dengan judulmu.

4. Jangan Copas

Copy paste dalam artian ini bukan hanya format tulisan. Tetapi juga ide. Ide dan kreativitas menurut saya adalah penilaian yang penting. Ide yang kreatif bukan hanya dari permasalahan besar. Banyak yang bisa dijadikan sumber kreativitas kita dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Kalian tidak harus menemukan sesuatu yang baru, kalian bisa memodifikasi ide itu lalu menggantinya dengan bahan lain.

Baca Juga : Ide Aplikasi Android dan Website Yang Belum Pernah Ada

5. Tulislah Sesuai Format

Selanjutnya, tulislah sesuai dengan format yang sudah kalian baca. Tulislah jangan sampai terlewat. Selain judul, hal yang paling penting adalah kesesuaian format tulisan kalian dengan panduan yang sudah diberikan. Bacalah format berulang-ulang, lalu tulis PKM kalian. Kalian dapat membaca format di laman pedoman terbaru milik Dikti.

6. Tulislah Judul Semenarik Mungkin

Kemudian, tulislah judul semenarik mungkin. Bagaimana cara membuat judul yang menarik untuk PKM? Oke, akan admin paparkan.

a. Jelas dan Padat

Judul harus jelas dan padat. Usahakan langsung menggambarkan tema kalian.

b. Tidak Menimbulkan Makna Ganda

Judul tidak menimbulkan pertanyaan. Seperti halnya jika kalian membuat singkatan dalam judul, maka itu akan menimbulkan sebuah pertanyaan. Usahakan jangan menimbulkan makna ganda atau pertanyaan.

c. Informatif

Selain makna yang jelas, judul haruslah informatif atau menggambarkan sebuah kejelasan dari tema yang ditulis.

d. Menimbulkan Rasa Penasaran

Dalam dunia menulis berita, ini dinamakan klik bait. Akan tetapi, jangan gunakan kata-kata klik bait. Belajarlah dari judul berita, kenapa bisa menarik dan membuat orang memiliki rasa penasaran hingga orang-orang mengeklik berita tersebut.

e. Menggambarkan Isi Proposal

Judul yang kita tulis harus menggambarkan isi proposal kita. Jangan sampai judul melenceng dari tulisan kita.

f. Tidak Terlalu Panjang

Bisanya kita diberi batasan dalam membuat judul. Usahakan jangan sampai melebihi batas judul yang ditentukan.

Berikut ini akan admin paparkan 15 Judul PKM yang berhasil didanai Dikti tahun 2020 seluruhnya berasal dari jurusan admin (Teknik Industri) yang telah berhasil membawa kampus admin di peringkat 4 Nasional. Seperti terlihat pada gambar dibawah.



7. Cek Format

Langkah terakhir adalah cek format. Jangan berpikir bahwa tulisan kalian adalah tulisan yang paling baik sedunia. Berpikirlah sebaliknya. Lihatlah tulisan kalian, bacalah lagi. Sehingga kalian benar-benar yakin untuk mengirimkan.

0 Comments:

Posting Komentar