Cara Menghapus Data dan Kontak Aplikasi Pinjaman Online

Artikel ini akan menjelaskan cara menghapus data pinjaman online. Perkembangan teknologi sekarang ini semakin canggih. Cukup dengan mengunduh aplikasi dan apabila sudah memenuhi persyaratan peminjaman, seseorang dapat dengan mudahnya mendapatkan pinjaman uang tunai. 

Selain karena kemudahannya, yang dengan smartphone saja bisa mendapatkan uang. Pinjaman Online (Pinjol) juga semakin marak diminati karena terkadang juga memasang persyaratan yang sangat mudah, sehingga kadang membuat orang tergiur ingin menggunakan aplikasinya. Umumnya, seseorang cukup memberikan bukti identitas dan foto diri dan bisa langsung mendapatkan pinjaman yang dia butuhkan.

Berbagai macam pertanyaan sering muncul. Seperti contohnya adalah Bagaimana cara menghapus data pribadi di pinjaman online ? Apakah bisa menghapus data kontak dari pinjaman online ?

Ini pertanyaan yang kerap muncul setelah kasus pinjol marak belakangan ini. Salah satunya adalah akses data pribadi yang ugal-ugalan dan tidak jarang, banyak KTP disalahgunakan pinjaman online.

Perlu diingat bahwa kasus akses data pribadi yang banyak terjadi, biasanya pada layanan Fintech ilegal atau pinjaman online yang tidak terdaftar resmi di OJK. Untuk itu sebelum mencoba aplikasinya, perlu mengetahui terlebih dahulu layanan Fintech apa saja yang terdaftar di OJK.

Jadi, langkah preventif paling utama adalah tidak mengajukan pinjaman online ke Fintech Ilegal. Lakukanlah peminjaman hanya pada fintech yang sudah terdaftar di OJK. Nah, untuk penghapusan data di pinjaman online sulit untuk di lakukan karena mereka sudah punya data anda yang otomatis tersimpan di server Aplikasi.

Adapun upaya yang bisa kita lakukan adalah melindungi kontak dan data di Pinjaman Online. Berikut ini caranya :

Cara melindungi data kontak dari pinjaman online dapat dilakukan dengan: menghilangkan izin bagi aplikasi pinjol tersebut untuk mengakses data di smartphone. Jadi, data di smartphone  itu sendiri tak perlu dihapus!

Kamu cukup  mematikan izin akses data bagi aplikasi pinjol tersebut. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang bahkan meminta untuk bisa mengakses internet banking dan e-commerce milik pengguna.Tentu saja langkah ini akan sangat membahayakan data-data pribadimu. Izin ini akan membuat aplikasi untuk mengambil semua bentuk data yang tersimpan di smartphone.

Berikut ini cara melindungi kontak kita dan menghilangkan izin aplikasi pinjaman online di smartphone.

Mematikan Izin Layanan Aplikasi Pinjaman Online

  1. Klik Setting
  2. Kemudian Pilih Aplikasi
  3. Kemudian Klik Aplikasi Pinjol Anda
  4. Lalu Scroll Bawah, Sampai Terlihat Izin Yang Dimaksud
  5. Kemudian Matikan Izin

Jika cara tadi bertujuan menghapus data kontak kamu dari pinjol, berikut ini lebih ekstrim lagi, yaitu menghapus data kamu sepenuhnya dari pinjol tersebut. Cara ini perlu kamu pahami jika kamu sudah berkomitmen untuk meninggalkan layanan pinjol dan beralih ke jenis produk pinjaman lainnya, atau mungkin sudah kapok dengan urusan pinjam-meminjam uang.

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

  1. Jika pinjaman sudah lunas, hubungi call center Aplikasi Pinjaman Online tersebut dan mengajukan permohonan penghapusan data pribadimu. Jika belum lunas, segeralah melunasinya.
  2. Hapus aplikasi pinjol yang sudah terinstall di smartphone.
  3. Ganti SIM card.
  4. Hapus akun media sosial WA, IG, LINE hingga Facebook.
  5. Ganti dengan akun bernomor baru.
  6. Jika gangguan masih berlanjut, laporkan ke OJK.