Mengenal Jenis Sticker Sebagai Media Label dan Pemasaran Yang Murah dan Efektif

Memiliki usaha tentu adalah dambaan setiap orang. Apalagi usaha yang dia miliki memiliki perkembangan yang pesat dan ramai dikunjungi atau dibeli oleh pelanggan. Tak jarang, sebagai seorang wirausaha baru, tentu memiliki banyak kendala. Selain kendala karena modal, kendala yang sering dihadapi adalah tidak lakunya produk/jasa. Para wirausahawan memang kerap dituntut untuk memutar otak untuk mengatasi permasalahan yang terkait pemasaran tersebut agar bisnisnya dapat berjalan dengan lancar.

Bukan hanya itu saja. Seorang wirausahawan juga dituntut untuk melakukan media promosi produk atau jasa mereka, akan tetapi dengan modal yang minim. Sebagai seorang wirausaha, tentunya mempromosikan barang/jasa miliknya haruslah tepat sasaran. Salah satu media pemasaran yang bisa digunakan dengan modal minimal akan tetapi hasil bisa maksimal contohnya adalah sticker dan brosur. Dengan hanya bermodalkan kertas, kita bisa mengenalkan produk kita ke masyarakat.

Trik ini biasa dilakukan atau kerap kali kita jumpai di berbagai jalanan atau tiang listrik dan masih banyak lagi. Sebagai misal, perusahaan rokok yang mengenalkan produk rokok barunya dengan cara menempelkan sticker rokok di pinggir-pinggir jalan. Atau jasa sedot WC yang sering kita jumpai di berbagai tiang listrik, sampai ada sebuah perusahaan dealer/bengkel kendaraan bermotor yang apabila menggunakan sticker itu maka akan mendapatkan diskon.

Penggunaan media sticker sebagai media promosi menurut saya masih kurang disadari oleh sebagian orang. Padahal jika satu sticker dapat kita pasang di tempat yang tepat, memungkinkan pelanggan dapat menghubungi dan membeli produk kita. Salah satu media pemasaran dan penggunaan sticker adalah sebagai label dari produk.

Hal yang sering admin jumpai ketika admin berjualan sticker adalah minimnya pengetahuan akan jenis-jenis sticker serta penggunaannya diberbagai media. Nah, untuk itu, sebagai wirausahawan tentu penting juga mengenal berbagai macam jenis sticker yang dapat mereka gunakan sebagai label atau pemasaran dari produk :

1. Sticker Vinyl

Sesuai dengan namanya, sticker vinyl adalah sticker yang terbuat dari bahan vinyl. Sticker ini sering kita jumpai, umumnya sticker ini seperti plastik dan sangat tahan terhadap air. Sticker ini tidak bisa dicetak dengan printer rumahan (inkjet) karena memiliki bahan dasar seperti plastik. Sticker ini juga memiliki daya rekat yang sangat kuat. Sticker ini bisa digunakan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Seperti halnya penghias mobil, label produk, sticker helm, sticker motor dan masih banyak lagi.

2. Sticker HVS

Selanjutnya jenis stiker yang juga umum digunakan oleh banyak orang adalah stiker kertas HVS. Sesuai dengan namanya, sticker ini terbuat dari bahan kertas HVS namun dilapisi adhesif pada bagian belakangnya sehingga bisa direkatkan.

Umumnya stiker jenis ini akan digunakan untuk stiker label yang ditempelkan di buku tulis, undangan, souvenir, kemasan, dan lain sebagainya, dan biaya produksinya jauh lebih murah dibandingkan stiker vinyl. Sticker ini bisa dicetak dengan printer rumahan. Karena bahannya yang terbuat dari HVS, stiker ini sangat rentan luntur apabila terkena air ataupun perubahan suhu yang ekstrim, dan juga akan mudah untuk memudar di kemudian hari sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang.

4. Stiker Kromo / Chromo

Stiker kromo atau Chromo adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang dapat dengan sangat kuat menempel pada suatu permukaan sehingga akan sulit untuk dikelupas serta meninggalkan bekas. Umumnya, sticker ini memiliki tekstur halus dan glossy (mengkilap). Sticker jenis ini bisa dicetak menggunakan printer rumahan, akan tetapi agar kualitas cetaknya bagus, perlu modifikasi tinta art paper sebagai bahannya. Selain itu, settingan dari komputer saat mencetak juga sangat mempengaruhi hasil.

Biaya produksinya yang murah menjadi salah satu alasan mengapa stiker ini cukup banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan-kebutuhan di dalam ruangan, dan umum dipakai untuk mencetak logo usaha atau merek yang dibagi-bagikan ke pelanggan atau calon pelanggan.

5. Stiker Foil

Stiker Foil adalah stiker yang memiliki lapisan berkilau layaknya logam, berwarna perak atau emas metalik, yang umumnya menggunakan bahan yang disebut dengan Polyflex, serta mulai semakin banyak dipakai sebagai salah satu alternatif teknik sablon kaos yang unik dan tahan lama.

6. Stiker Bontax

Stiker Bontax atau Bontaks ini merupakan sejenis stiker kertas HVS namun mempunyai daya tahan yang jauh lebih baik sehingga banyak digunakan untuk label industri, kemasan, dan lain sebagainya. Stiker ini juga bisa diberikan laminasi seperti Glossy atau Doff pada permukaannya, sesuai dengan selera serta kebutuhan pemesan, dan memiliki daya rekat yang awet dan juga tahan lama.

7. Stiker Yupo

Stiker Yupo adalah stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetik yang memiliki keawetan dan ketahanan yang sangat baik, sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti stiker pengumuman, stiker label untuk informasi, stiker yang ditempatkan di area-area umum, dan lain sebagainya.

Bahan lem nya terbuat dari bahan akrilik permanen yang sangat kuat, amti air, anti pudar, dan pada percetakan digital printing stiker ini hanya bisa dicetak dengan cara menggunakan tinta UV.

8. Stiker Scotchlite

Stiker scotchlite adalah sejenis stiker reflektif yang dapat memantulkan cahaya warna permukaannya, terutama pada saat terkena cahaya matahari ataupun lampu, sehingga dapat jelas terlihat di malam hari.

Penggunaan stiker ini bisa anda temukan pada kendaraan-kendaraan pelayan publik seperti mobil polisi, ambulan, damkar, dan lain sebagainya, atau pada baju seragam teknisi pengalian jalan, tambang, marka jalan, dan masih banyak lagi. Dalam hal penggunaan label, sticker ini bisa digunakan untuk menempelkan nama menu makanan di dinding, dll.

9. Stiker Transparan

Stiker transparan, sesuai namanya, sticker ini adalah stiker yang menggunakan bahan bersifat tembus pandang, yang umumnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu stiker transparan Ultra Clear yang sangat bening, kemudian stiker transparan standar, dan stiker transparan doff yang memiliki lapisan dof di permukaannya. Stiker ini juga cukup umum digunakan pada kaca jendela mobil atau pada permukaan kaca lainnya seperti kaca display pada toko ataupun kaca yang dijadikan pembatas ruangan pada perkantoran. Sticker ini juga cocok sebagai label untuk produk.

Demikian macam-macam jenis sticker yang bisa digunakan sebagai label produk. Semua jenis sticker ini adalah bagus, hanya saja tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan teman-teman sekalian. Jika hanya kebutuhan label dan digunakan untuk indoor sticker bontax dan chromo bisa dijadikan sebagai pilihan, karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Untuk pencetakan kedua jenis ini, sekarang marak dijual diberbagai Market Place. Setahu admin, harga paling murah dan kualitas oke bisa didapatkan disini.