Kenapa CPC Blog Adsense Kecil? Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Bagi seseorang yang lama berkecimpung didalam dunia blogging, tentunya masalah ini bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, bagi seseorang yang baru mengenal adsense, tentu pasti akan bertanya-tanya. Permasalahan dimulai dari nilai CPC yang turun hingga berada pada titik terendah, lalu kemudian banyak klik akan tetapi tidak ada rupiah dalam klik tersebut. Hal ini sangatlah lumrah dialami para blogger. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, serta penyelesaian masalah yang tepat hingga kita menjadi seorang blogger yang profesional.

Salah satu hal yang harus diketahui, kenapa CPC Adsense kita bisa kecil adalah dengan menganalisa lebih dalam lagi tentang lalu lintas dan pola perilaku user ketika sedang berada di website kita. Namun, kebanyakan blogger hanya melihat tampilan luarnya saja dan meraba-raba penyebab dari tampilan dashboard luar.

Sebenarnya, banyak faktor yang mengakibatkan nilai CPC kita turun. Bahkan, mungkin kendala diantara adsense milik saya dengan orang lain bisa jadi berbeda. Beberapa Masalah Yang Saya Temui Kenapa CPC bisa rendah adalah sebagai berikut.

1. Klik Iklan Tak Dapat Ditagih (Klik Tidak Valid)

Banyaknya klik yang tidak valid dapat mengakibatkan menurunnya CPC pada tampilan adsense kita. Karena dalam Adsense, nilai klik yang tidak valid juga turut dihitung.

Sebagai misal, jika kita menerima satu klik iklan adsense yang memiliki CPC 500 Rupiah, kemudian kita mendapatkan klik iklan lagi, akan tetapi klik iklan itu tidak valid, sehingga mengakibatkan CPC dalam adsense kita pun turun, yang harusnya 1 klik bernilai 500. Kini menjadi 2 klik bernilai 250.

Kasus ini dapat kita lihat dengan membuka laporan pada "jenis penawaran" pada Adsense kita. Sehingga kita bisa tahu apakah faktor inikah yang membuat CPC kita turun. Jika iya maka beberapa trik ini mungkin bisa kalian terapkan.

  1. Posisi penempatan sehingga tidak menimbulkan invalid click.
  2. Jangan meletakkan iklan di tempat yang mengganggu.
  3. Perbanyaklah visitor organik.

2. Niche Yang Gado-Gado

Niche adalah istilah yang kerap kali dipakai seorang blogger dalam tema blog yang kita tulis. Artinya, niche gado-gado adalah istilah yang dipakai dalam mendeskripsikan tema blog milik seseorang. Semakin random dan banyak bahasan didalam blog itu maka bisa dikatakan blog tersebut adalah gado-gado.

Pemilihan tema blog akan menentukan seberapa besar nilai iklan yang ditawarkan. Umumnya niche yang memiliki iklan paling besar adalah konten yang membahas seputar keuangan, bisnis dan teknologi. 

Semakin random bahasan yang kita tulis maka akan semakin mempengaruhi nilai iklan yang ditawarkan. 

Solusi meningkatkan CPC untuk masalah ini adalah memperbanyak konten dengan nilai CPC tinggi.

3. Slot Iklan Yang Terlalu Banyak

Jika kalian pernah berpikir bahwa memperbanyak iklan didalam website akan membuat kita menjadi sultan, itu salah. Yang ada malah membuat loading website menjadi lama, sehingga bisa berdampak pada rank website kita. 

Salah satu teori yang bisa kalian terapkan adalah prinsip hukum ekonomi, semakin sedikit barang (persediaan) maka permintaan juga akan naik. Begitupun sebaliknya, semakin banyak barang (persediaan) maka jumlah permintaan juga akan turun.

Solusinya adalah, jangan menaruh iklan terlalu banyak di blog kalian.

4. Iklan Itu Memang Memiliki CPC Rendah

Terakhir adalah karena iklan tersebut memang memiliki CPC yang kecil. Banyak tools yang bisa kalian pakai untuk melihat berapa harga iklan tersebut, salah satunya adalah google keyword planner. 

Solusinya adalah memblokir iklan yang memiliki nilai yang rendah. Biasanya iklan yang memiliki CPC rendah adalah yang memiliki domain gratisan (blogspot) atau iklan pesugihan. Hehe

Demikian artikel yang sudah admin buat. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Comments:

Posting Komentar