Kelebihan dan Kekurangan Shopee, Tokopedia dan Lazada Dari Kacamata Penjual Terbaru

Dahulu kala, orang ingin berbelanja harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang dia inginkan. Belum lagi kalau barangnya itu langka dan tidak banyak orang menjualnya, harus bertanya kesana kesini untuk mendapatkan barang tersebut.

Di zaman modern seperti sekarang ini, kegiatan berbelanja menjadi sangat amat mudah. Pembeli bisa mencari barang sesuai dengan keinginan mereka. Bukan hanya itu saja, keanekaragaman produk yang ada pada marketplace saat ini sangatlah bervariasi. Sehingga kita bebas memilih apa saja barang yang kita inginkan.

Bicara tentang bisnis, baik offline maupun online, kita haruslah memiliki strategi yang matang. Dahulu orang membangun sebuah bisnis diharuskan untuk memilih tempat yang strategis. Pun halnya dengan berjualan online di marketplace. Setidaknya dengan mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing marketplace kita bisa menganalisis produk yang kita jual itu sendiri, sebagai misal jika kita berjualan seorang diri, maka alangkah baiknya kita memfokuskan disalah satunya saja. Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa saja penjual dapat membuka semua toko di banyak marketplace, akan tetapi jika semua produk kita upload di semua marketplace, tidak menutup kemungkinan barang itu tidak ada yang membelinya, karena tempatnya sudah tidak pas. Nah untuk itu, berfokus pada satu marketplace untuk pebisnis awal seperti saya yang tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk mengelola, memilih satu tempat yang tepat bisa jadi pilihan.

Langsung saja berikut ini adalah kelemahan dan kelebihan masing-masing marketplace terbesar di Indonesia versi saya sendiri, apa saja? yaitu Shopee, Tokopedia dan Lazada:

1. Shopee

Siapa yang tidak kenal shopee? Situs marketplace terbesar di Indonesia ini menjadi situs terpopuler dan biasa digunakan untuk berbelanja di Indonesia. Sebagai pebisnis baru, alangkah baiknya kita analisa dahulu, apasih kelebihan dan kekurangan shopee untuk berjualan.

Kelebihan Berjualan Di Shopee

Apa saja kelebihan berjualan di Shopee? Cek langsung dibawah ini :

a. Traffic Yang Banyak

Teringat saat pertama kali saya berbisnis di marketplace ini. Hanya berselang satu bulan saya di marketplace ini, trafficnya hampir sama dengan pengunjung di website saya ini. Hitungan yang menurut saya fantastis untuk toko yang baru saja dibuat. Dengan traffic yang banyak pula, secara tidak langsung pasti akan mendapatkan jumlah orderan yang banyak.

b. Sistem Yang Mudah Digunakan

Penggunaan marketplace yang satu ini sangatlah mudah. Sekalipun orang awam yang baru saja mengenal e-commerce, menggunakan aplikasi ini untuk berniaga online sangatlah mudah digunakan baik dari aplikasi android maupun versi websitenya. Selain itu, membuka toko lewat aplikasi ini sangatlah mudah. Anda tidak perlu menyiapkan dokumen usaha atau surat untuk berjualan lewat aplikasi Shopee, tinggal klik mulai berjualan maka toko anda sudah bisa jadi.

c. Adanya Fitur-Fitur Penghargaan Untuk Penjual

Penjual di Shopee memiliki banyak kriteria dan rank. Contohnya adalah penjual dengan label star, tentunya hal ini sangat menguntungkan penjual, karena jika kita mendapat tag label tersebut tentu dampaknya juga toko menjadi nilai plus dimata konsumen.

d. Bisa Melakukan Komplain Lewat Live Chat

Shopee sangat mengapresiasi penjual yang bergabung dengannya. Jika kita memiliki pertanyaan yang perlu ditanyakan atau terdapat masalah, maka CS Shopee akan melayani kita 24 Jam.

Kekurangan Berjualan Di Shopee

Selain kelebihan, berjualan di Shopee juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah :

a. Harga Yang Sangat Tidak Terkontrol

Bagi penjual yang ingin berdagang disini akan tetapi barang yang kita miliki berasal bukan dari suppliernya langsung pasti akan menjerit melihat kompetisi harga yang ditawarkan. Bahkan, banyak pabrik besar telah membuka usaha dan berjualan langsung di marketplace ini. Sehingga tak heran, pedagang kecil harus mengalah.

b. Akun Lama Cenderung Menjadi Pemenang Persaingan

Seperti yang admin sebutkan diatas, adanya apresiasi yang memberikan fitur tag star ataupun yang lainnya selain itu adalah kelebihan juga secara tidak langsung adalah kekurangan. Hal ini dikarenakan akan sangat tidak menguntungkan bagi seller yang baru saja bergabung, karena perlu kerja keras yang ekstra untuk bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih awal bergabung.

c. Upload Gambar Yang Kadang Gagal

Ini yang sering terjadi belakangan ini, karena Shopee mungkin membutuhkan jaringan yang kencang mungkin masalah ini sering terjadi. Bukan hanya gambar saja, terkadang notifikasi dan chat juga kadang memiliki delay ketika kita membukanya.

d. Potongan Harga Yang Mahal

Dibandingkan dengan marketplace lain, potongan harga untuk berjualan di Shopee menurut admin pribadi sangat besar. Mungkin karena marketplace ini menjadi nomor satu di Negara kita, jadi biaya kita tanggung juga sebanding dengan traffic atau pengunjung yang kita dapatkan.

2. Tokopedia

Si ijo yang terkenal dengan elektroniknya, Tokopedia. Siapa yang tidak kenal Tokopedia? Aplikasi ini menjadi marketplace nomor dua yang dipakai di Indonesia. Oke, langsung saja kita bahas kelebihan dan kekurangan aplikasi satu ini.

Kelebihan Tokopedia Untuk Berjualan

Berikut ini kelebihan Tokopedia untuk berjualan, cek dibawah :

a. Aplikasi Yang Sangat Mudah Digunakan

Jika kita membandingkan dengan kedua aplikasi yang sudah dan akan admin ulas selanjutnya, Tokopedia menurut saya menjadi nomor satu dalam hal kemudahan untuk penggunaan. Bahkan aplikasi ini memiliki fitur untuk menyalin produk yang sudah ada alias menduplikatnya. Hal ini tentu akan sangat memudahkan kita dalam hal maintenance toko kita.

b. Banyak User Sultan

Langsung saja tanpa basa-basi, menurut admin pribadi banyak user atau pengguna aplikasi ini memiliki financial yang kurang lebih relatif lebih berduit daripada kedua aplikasi diatas dan dibawah. Hal ini bisa admin simpulkan karena memang metode pembayaran Tokopedia amat sangat banyak dan juga Tokopedia terkenal dengan image elektronik.

c. Potongan Yang Relatif Lebih Sedikit

Sebagai seorang penjual, tentu mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya adalah tujuan berjualan. Hal ini yang menurut saya menjadi nilai plus dari aplikasi ini, yaitu potongan yang dibebankan kepada para seller tidak terlalu besar.

Kekurangan Tokopedia Untuk Berjualan

Selain memiliki kelebihan, Tokopedia juga memiliki kekurangan diantaranya adalah :

a. Produk Yang Memiliki Traffic Yang Banyak Adalah Produk - Produk Tertentu

Tidak semua produk yang kita jual memiliki traffic yang banyak, meskipun aplikasi ini adalah nomor dua yang banyak dipakai di Indonesia. Untuk itu, cobalah caritahu lebih dalam lagi apakah produk yang kita jual memiliki banyak peminat di aplikasi ini. Caranya adalah dengan melihat penjualan kompetitor apakah banyak permintaanya ataukah tidak.

3. Lazada

Selanjutnya adalah Lazada, si merah dan biru. Pasti kalian sudah tahu. Langsung saja kita ulas.

Kelebihan Lazada Untuk Berjualan

Berikut ini dalah kelebihan Lazada untuk berjualan yang bisa kita pertimbangkan untuk berjualan online :

a. Ongkir Relatif Lebih Murah

Secara tidak langsung, jika kita sebagai pembeli pastilah kita menginginkan ongkos kirim yang lebih murah. Lazada mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda. Nilai lebih yang pertama ini bisa kalian pertimbangkan untuk mulai berjualan disini.

b. COD Dimana - Mana

Selanjutnya adalah sistem pembayaran Via COD di Lazada, kemudahan dalam bertransaksi dan murahnya ongkir menjadi daya tarik tersendiri aplikasi ini.

Kekurangan Lazada Untuk Berjualan

Selain memiliki kelebihan, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah :

a. Banyaknya Permintaan COD

Metode pembayaran COD atau Cash On Delivery selain menawakan keuntungan tentunya juga memiliki kekurangan yaitu adanya paket return. Paket return adalah barang yang kita jual dikembalikan kepada penjual dikarenakan pembeli menolak menerima paket seperti pembeli tidak dapat dihubungi, pembeli tidak punya uang, dan juga pembeli iseng-iseng Checkout di lapak penjual. Hal ini menjadi kerugian bagi para seller jika produk yang kita jual rawan rusak ataupun produk costum.

b. Aplikasi Yang Sedikit Lebih Rumit

Jika admin bisa menyimpulkan kemudahaan penggunaan, maka dari ketiga aplikasi yang mudah digunakan untuk posisi terakhir adalah ini. Selain itu, sebelum kita membuka toko di aplikasi ini, kita diwajibkan untuk memiliki surat usaha.

Tentunya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal diatas yang sudah admin sebutkan adalah kurang lebih gambaran besar kelebihan dan kekurangan ketiga marketplace terbesar di Indonesia.