Peluang Usaha Franchise Minuman, Keuntungan Yang Didapat dan Strategi Franchise Minuman

Pengertian Franchise

Memiliki bisnis sendiri bagi saya bahkan banyak orang adalah sebuah impian. Apalagi bisnis franchise, dimana kita bisa ber-waralaba dengan memperoleh keuntungan lebih.

Franchise sendiri adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang/jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Dengan ini franchisor/pemberi laba akan memberikan hak untuk memanfaatkan/menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba. Untuk bisa mendapatkan hak waralaba, penerima waralaba harus membayar sejumlah uang yang disebut dengan franchise fee.


Jadi, Franchise Minuman adalah sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang/jasa (minuman) yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. Di Indonesia, sesuatu bisa disebut franchise apabila memenuhi 6 kriteria berikut :

Kriteria Atau Aspek Dalam Frenchise

  1. Memiliki ciri khas usaha 
  2. Terbukti sudah memberikan keuntungan
  3. Memiliki standar atas pelayanan dan barang atau jasa
  4. Mudah diajarkan dan aplikasikan
  5. Adanya dukungan yang berkesinambungan
  6. Hak kekayaan intelektual (HKI) yang telah terdaftar

Franchise adalah salah satu cara termudah dan tercepat dalam memulai bisnis. Ini karena dengan membeli franchise, maka merk bisnis tersebut sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Selain itu, franchise juga mudah dalam manajemen bisnis, karena penerima waralaba juga diharuskan menerapkan standar atau pedoman yang sama.

Lebih simple nya, franchise adalah bisnis di mana pemilik modal hanya perlu menyediakan dana. Sedangkan, penerima waralaba hanya menerima bisnis yang sudah di tangan alias terima beres gaes ! Jadi, gak usah khawatir masalah alat produksi, bahan baku, media promosi, desain tempat, resep hingga karyawan, karena sudah di sediakan oleh franchisor.

Beberapa contoh franchise yang cukup laku keras adalah bisnis Minimarket, SPBU, Jasa Pengiriman, Makanan, Minuman hingga Dealer Kendaraan.

Nah, bagi kalian yang tertarik bisnis franchise perlu nih mempertimbangkan beberapa hal, terutama terkait biaya yang akan dikeluarkan. 

Beberapa Biaya Yang Timbul Kesepakatan Franchise

  1. Franchise fee adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh penerima waralaba kepada franchisor sebelum bisnis mulai beroperasi. Biasanya biaya ini berupa biaya lisensi dan hak.
  2. Royalty fee frenchise adalah biaya yang harus dibayarkan setelah waralaba mulai beroperasi. Biaanya biaya ini dibayarkan per bulan dan di hitung berdasarkan persentase penjualan.
  3. Biaya bahan baku adalah biaya yang muncul sebagai akibat dari pembelian bahan baku. Ini karena beberapa franchise adalah mewajibkan pembelian bahan baku dari franchisor.

Nah, dari banyaknya produk franchise, harganya juga akan berbeda-beda. Bahkan untuk produk minuman saja banyak sekali macam-macamnya. Dan harga per paketnya pasti juga berbeda-beda antara franchise satu dengan yang lainnya. 

Sebagai contoh nih... karena kemarin aku baru saja memulai bisnis franchise minuman dan itu adalah minuman teh dandang. Harga per paketnya bisa di bilang lumayan murah lah ya. Jadi harganya 4 juta sampai 6 juta-an, tapi jika di bandingkan dengan minuman seperti boba bisa dibilang murah. Karena boba sendiri untuk franchise nya sekitar 10 juta sampai 11 juta-an.


Nah, dari franchise teh dandang tersebut, penerima waralaba akan mendapatkan fasilitas berupa merk dagang, gerobak, hingga alat produksi dan bahan baku untuk penjualan. Karena teh dandang juga merupakan merk dagang teh yang sudah beroperasi lama sehingga banyak orang yang sudah mengenalnya hingga pelosok negeri. Ini membuat banyak para pebisnis franchise ini terbilang sukses. Keuntungan yang didapatkan juga berlipat. Tetapi jika modal kalian belum cukup kalian bisa kok memilih produk minuman lainnya yang harga nya lebih murah.

Jadi, gak ada ruginya memilih franchise minuman karena produk minuman perputaran uangnya lebih cepat.


Sebelum kalian bisnis franchise minuman, aku saranin sih lebih baik kalian cari tau terlebih dulu franchise minuman apa yang ingin kalian jalankan. Berapa modal yang akan dikeluarkan hingga keuntungan dari penjualan tersebut. Perlu adanya perencanaan yang matang juga ya gaess ! 

Nah, selain itu apa sih keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis franchise? Diantaranya seperti ini.

Keuntungan Franchise

  1. Kalian tidak perlu memikirkan branding. Karena kalian akan menjalankan bisnis yang sudah punya brand. Masyarakat pun akan mudah mengenali bisnis kalian.
  2. SOP dalam bisnis sudah diatur. Sehingga, kalian akan mudah karena tinggal menjalankan.
  3. Supplier bahan baku dan peralatan sudah disediakan oleh franchisor. Jadi, kalian tinggal terima jadi ya gaess.

Selain keuntungan, kalian bisa nih mendapatkan tips bagaimana menjalankan bisnis franchise minuman.

Tips Franchise Minuman

1. Ambil Peluang

Peluang bisnis minuman di Indonesia masih terbuka lebar. Namun, masih sedikit yang mengambil peluang tersebut. Jadi, gak ada salahnya mengambil peluang untuk bisnis franchise minuman ya gaes.

2. Sesuaikan Dengan Keahlian

Jangan asal milih dan menjalankan bisnis, tetapi juga sesuaikan kemampuan kalian ya. Misalnya kalian tuh pengalaman menjadi barista, maka usaha yang cocok adalah bisnis kopi.

3. Pilih Waralaba Yang Tepat

Ada beberapa waralaba yang menawarkan keuntungan masing-masing. Namun, pilihlah waralaba yang tepat. Disamping itu kalian juga harus memperhitungkan modal, waktu hingga potensi keuntungan. Pertimbangkan juga reputasi brand yang kalian pilih ya gaes.

4. Pelajari Perjanjian Yang Ditawarkan

Sebelum menyetujui perjanjian yang ditawarkan, sebaiknya kalian pastikan dulu perjanjian tersebut menguntungkan kedua belah pihak atau tidak. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah dukungan manajemen dan besaran royalty fee yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

5. Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah awal mula keuntungan datang. Maka, carilah lokasi yang mudah dijangkau dan mudah dilewati orang.

6. Beri Pelayanan Yang Terbaik

Pelayanan adalah kunci dalam menarik konsumen. Untuk itu, berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Tidak hanya produk, tetapi juga berikan pengalaman membeli yang baik dan berkesan.

Jadi itu tips bagi teman-teman yang ingin bisnis franchise minuman. Selain tips, ada juga strategi pemasaran franchise minuman. Diantaranya :

Strategi Franchise Minuman

1. Rutin Ikut Bazaar Atau Event

Kalian bisa nih dengan mengikuti bazaar di sekolah atau kampus yang banyak di datangi kalangan anak muda. Keuntungannya, penjualan akan meningkat berkali lipat. 

2. Aktif Menyapa Pelanggan Melalui Sosial Media

Hampir seluruh bisnis perlu memperkuat kehadiran di sosial media untuk menjangkau pelanggan, misalnya dengan melalui Instagram.

3. Membuka Booth Franchise di Tempat Ramai

Menyewa tempat di foodcourt, kantin sekolah, kampus atau kawasan supermarket memang bisa meningkatkan penjualan. Selalu tentukan lokasi yang strategis agar minuman kalian laris ya gaess.

Itu semua adalah banyak sekali bahan yang bisa kalian terapkan jika kalian benar-benar ingin bisnis franchise minuman. Tak ada salahnya mencoba, jika masih gagal coba lagi. Karna bagi saya kegagalan adalah bukan akhir dari segalanya. Manfaatkan beberapa saran serta masukan dari banyak orang. Karena dengan saran serta masukan kalian akan lebih berfikir serta bisa meningkatkan kreatifitas dan inofatif untuk membuat bisnis kalian berjalan dengan laris manis. 

(Penulis : Ari Kurniawati)