Contoh Usaha Modal 5 Jutaan Sampai Dengan 10 Jutaan

Memulai merintis sebuah usaha memang tidak mudah. Apalagi jika modal yang dimiliki tergolong pas-pasan. Jika tidak tepat mengelola keuangan, bukan untuk justru malah buntung. Nah, oleh sebab itu sebelum mulai merintis usaha harus benar-benar di rencanakan dengan matang dan perlu adanya memilih usaha yang modalnya pas-pasan namun dapat menguntungkan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan lokasi atau tempat kalian tinggal.

Berikut Ini Contoh Usaha dengan Modal 5 Juta

1. Usaha Toko Kelontong atau Sembako

Dengan modal 5 juta kalian bisa membuka warung atau toko sembako. Karena kebutuhan pokok akan terus dan terus di butuhkan oleh masyarakat, maka usaha ini akan bisa terus berjalan. Apalagi untuk masyarakat di pinggiran kota akan lebih banyak membutuhkan warung sembako. Buka usaha warung sembako dapat dilakukan dengan mudah, tidak perlu menyewa ruko atau tempat khusus tetapi mulai lah dengan memanfaatkan halaman rumah kalian atau bisa di dalam rumah.

Dengan mempertimbangkan modal yang segitu, kalian juga bisa mempertimbangkan harga jual sembako. Menyetok bahan-bahan secara lengkap agar warung tetap ramai pembeli, tetapi juga jangan terlalu menjual dengan harga yang mahal atau di atas harga pasar.

Jika tak ingin rugi, kalian bisa membeli bahan-bahan sembako dari pihak produsen langsung atau bisa melalui distributor tetapi pilihlah dengan harga yang miring.

Sebagai langkah awal, kalian bisa memfokuskan dengan membeli barang-barang yang di butuhkan oleh konsumen. 

2. Usaha Counter Pulsa

Counter pulsa bisa dibilang usaha yang tiada mati. Karena dari dulu hingga sekarang bisnis ini terus ada dan semakin berkembang. Tidak sedikit pula orang yang datang ke counter hanya untuk membeli pulsa, meskipun sekarang sudah ada aplikasi digital. Usaha ini cocok untuk berbagai jenis kalangan mulai yang muda hingga tua. 

Untuk memulainya, kalian bisa dengan memilih lokasi terlebih dahulu. Jika rumah kalian ramai akan lalu lalang kendaraan, cukup dengan membeli etalase dan kebutuhan counter lainnya. Dengan itu kalian akan hemat untuk biaya sewa tempat. Tetapi, jika rumah kalian jauh dari keramaian, kalian bisa menyewa ruko pinggir jalan dengan mempertimbangkan harga sewa. Pilihlah harga sewa yang murah, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Setelah itu kalian bisa melengkapi kebutuhan lainnya seperti membeli etalase, serta kebutahan lainnya seperti voucher kuota dan nomor-nomor kartu perdana.

Untuk kebutuhan pulsa, carilah agen pulsa yang menawarkan harga murah. Sehingga kalian bisa menjual dengan harga yang lebih murah ke konsumen. Dan pilihlah nomor-nomor yang cantic, karena akan menjadi daya Tarik sendiri.

3. Usaha Catering Rumahan

Usaha ini juga tidak perlu modal yang besar. Cukup dengan memburuhkan bakat dan kepandaian dalam mengolah masakan. Tidak hanya itu, kalian juga harus bisa memasak beraneka macam masakan agar catering yang kalian kelola akan bervariasi. Untuk resep, kalian bisa mencari lewat internet, karena ada banyak ribuan resep. Jadi nggak usah kawatir! Untuk pemasarannya, kalian bisa dengan menawarkan pada rekan kerja, teman, tetangga. Untuk yang punya hajatan kecil-kecilan kalian bisa menjadikan mereka target konsumen.

4. Usaha Laundry

Usaha ini sangat cocok bagi kalian yang di rumah sudah punya mesin cuci sendiri. Karena sekarang ini juga banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya sendiri, pasti akan menyita banyak waktu untuk mencuci baju sendiri. Apalagi mereka adalah para mahasiswa dan pekerja pabrik. Jasa laundry ini memang sudah banyak, tetapi juga bisa mendatangkan keuntungan banyak pula. Jika kalian ingin memulai usaha ini, pastikan memilih tempat yang strategis. Jadi, pilih lah target pasar kalian baru menentukan lokasi usaha.

Jika sudah berkembang, kalian bisa menambah variasi lain tidak hanya pakaian tetapi bisa dengan laundry boneka, karpet, bahkan peralatan camping seperti tenda.

5. Jasa Menjahit dan Bisnis Pakaian

Menjahit memang perlu keterampilan dan keahlian, tetapi jika kalian belum mahir kalian bisa ikut kursus menjahit terlebih dahulu. Dengan itu kalian sudah memiliki bekal untuk membuka usaha ini. Modal utama selain keterampilan, kalian bisa membeli peralatan seperti mesin jahit, mesin obras, hingga peralatan jahit lainnya seperti benang jahit, gunting, pengukur baju, dll.

Jika sudah, kalian bisa mempromosikan jasa menjahit ke teman-teman dekat, tetangga. Kalian bisa dengan menerima pesanan jahitan baju sekolah, kondangan, permak baju, hingga baju kantoran. Berikan tariff dengan harga yang terjangkau agar pelanggan puas dan bisa menjadi langganan.

Karena jasa menjahit adalah jasa yang memberikan keuntungan tidak pasti. Kalian bisa dengan menyelinginya dengan membuat pakaian sendiri lalu di jual. Itu juga bisa dilakukan kalau pas jasa menjahit sedang sepi. 

Nah, jika ulasan diatas adalah contoh usaha dengan modal 5 juta, kita bisa membandingkan dengan usaha yang modalnya 10 juta.

Berikut Contoh Usaha dengan Modal 10 Juta

1. Usaha Warkop atau Bisa di Sebut dengan Angkringan

Warkop merupakan usaha yang terbilang praktis dan mudah untuk dijalankan. Kalian tidak perlu memiliki keahlian tingkat dewa untuk bisa memasak dan menghidangkan menu ke pembeli. Karena menu yang di hidangkan adalah menu yang umum di jajakan seperti nasi bungkus, aneka gorengan, aneka sundukan, hingga minuman yang di hidangkan pun merupakan minuman sashet yang tinggal seduh. Tetapi kalian juga bisa menambahkan menu yang special yang tidak semua warkop memiliki menu tersebut. 

Karena warkop identic dengan tempat nongkrong entah itu di kala senggang, atau di kala banyak tugas (bagi siswa dan mahasiswa). Dengan fasilitas wifi gratis, akan banyak orang yang bisa datang mulai dari yang muda hingga tua. Apalagi tempat yang kalian pilih strategis.

Untuk modal awalnya sebenarnya tidak sampai 10 jutaan jika kalian bisa memilih tempat sewa yang harganya terjangkau tidak begitu mahal. Yang terpenting tempat usaha tersebut, bisa kalian sulap menjadi tempat nongkrong yang nyaman dan bersih.

2. Usaha Makanan Bakso dan Mie Ayam

Usaha satu ini memiliki banyak penggemar dari dulu hingga sekarang. Pasti rame pengunjung jika kalian dapat menyulap makanan ini dengan rasa yang menarik dan bisa membuat pelanggan ketagihan. Kalian bisa dengan membuka lapak jualan di gerai rumahan atau bisa dengan menyewa tempat. Tapi jika rumah kalian ramai orang berlalu lalang, kalian tak perlu menyewa tempat. Kalian bisa menjadikan rumah menjadi tempat usaha. Atau kalian bisa menyewa tempat yang strategis untuk usaha ini.

Gak perlu menyewa tempat sebenarnya usaha ini bisa berjalan, dengan jualan keliling menggunakan gerobak. Sebelum berjualan, pastikan kalian memiliki resep dengan rasa yang menarik sehingga cita rasa yang diciptakan dapat membuat pelanggan puas dengan rasanya.

3. Usaha Jasa Fotokopi

Jasa fotokopi sangat di butuhkan banyak orang. Apalagi untuk saat ini sudah banyak mesin fotokopi yang harganya murah. 

Lokasi yang strategis untuk membuka jasa ini bisa di dekat sekolah atau kampus. Selain fotokopi kalian bisa menambah mesin print, karena keduanya saling melengkapi. Dengan itu, orang tidak hanya datang untuk fotokopi saja, melainkan bisa dengan print tugas atau pun dokumen yang lainnya.

4. Jasa Pangkas Rambut

Usaha ini sebenarnya juga butuh modal keahlian dan keterampilan. Tetapi kalian bisa belajar terlebih dahulu kok. 

Karena usaha ini juga membutuhkan tempat yang strategis, kalian bisa dengan modal awal menyewa tempat. Setelah itu kalian bisa membeli kebutuhan lainnya seperti kebutuhan alat pangkas, kursi, kaca, dan tempat tunggu. Jika kalian sendiri belum ahli dalam pangkas dan mencukur rambut, kalian bisa memperkerjakan tukang cukur yang sudah berpengalaman.

5. Warung Makan

Usaha ini modalnya sebelas duabelas lah dengan usaha catering rumahan, tapi bedanya warung makan ini kalian bisa mempersiapkan segala kebutuhan warung seperti meja kursi dan alat makan lainnya.

Kalian perlu mempersiapkan makanan, gak perlu ribet-ribet tapi cukup dengan masakan makanan rumahan asalkan ada nasi, lauk, sayur, dan minuman. Kemudian, kalian bisa mempersiapkan tempatnya. Bisa dengan menyewa ruko atau kalian bisa menyulap rumah kalian menjadi warung makan. Pilih lah tempat yang strategis dan ramai orang berlalu lalang ya gaess.

Nah, contoh usaha diatas merupakan contoh usaha yang umum dan sudah banyak orang membuka usaha tersebut. Sebenarnya, jika kalian memang berniat membuka usaha kalian harus punya kesabaran, ketekunan. Karena membuka usaha itu memang tidak mudah ya gaess ! harus ekstra sabar dan jangan lupa doanya.  Berjuang lah semampu kalian, tapi jangan lupakan doa setelah itu.