Contoh Aplikasi ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pengertian Sistem ERP

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP adalah sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan.

Dengan sistem ERP memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antara departemen. Sistem ERP memiliki banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa modul diantaranya yaitu modul gudang, keuangan, manajemen pesanan, manajemen pelanggan, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain. Ketersediaan modul ERP bergantung terhadap software ERP yang digunakan.

Fungsi Sistem ERP

Ada banyak fungsi sistem erp yang dapat digunakan perusahaan. Dengan implementasi yang tepat, maka proses bisnis dapat berjalan lebih efisien. Berikut fungsi sistem ERP :

1. Integrasi antar departemen

Penerapan sistem ERP dapat mengintegrasikan berbagai proses bisnis yang ada di perusahaan. Sehingga proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien.

2. Meningkatkan akurasi proses bisnis

Dengan sistem perusahaan yang terpusat, memungkinkan informasi antar departemen dapat disajikan secara realtime. Dengan cepatnya pertukaran informasi ini, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan akurasi proses bisnis.

3. Memudahkan dalam melakukan monitoring

Monitoring antar departemen akan mudah dilakukan dengan sistem ERP. Sistem ERP merupakan sistem terpusat. Sehingga, ketika perusahaan akan melakukan monitoring. Maka perusahaan hanya perlu menggunakan satu sistem saja.

Itulah penjelasan mengenai pengertian sistem ERP dan fungsinya. Penggunaan sistem ERP akan sangat cocok apabila perusahaan memiliki proses bisnis yang sangat kompleks. Dengan menerapkan sistem ERP, perusahaan akan memiliki satu sistem terpadu yang dapat terintegrasi dengan berbagai proses bisnis.

Penggunaan sistem ERP pun bersifat modular. Sehingga, dalam penerapan sistem ERP akan sangat fleksibel. Perusahaan tinggal memilih modul yang dibutuhkan saja. Sistem ERP bisa digunakan untuk berbagai jenis perusahaan, mulai dari perusahaan jasa, manufaktur, hingga dagang.

Manfaat ERP

Ada beberapa manfaat dari penggunaan ERP dalam perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Visibilitas dan Efektifitas Alur Kerja

Sebelum menggunakan sistem ERP, koordinasi antara beberapa tempat kerja membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Jika ingin memperbarui bagian tertentu dari perusahaan, kamu harus menelepon atau mengunjungi kantor pihak terkait. Sekarang, dengan sistem ERP, perusahaan mampu merevolusi visibilitas alur kerja dalam perusahaan. Perusahaan dapat membuka database umum dari ERP untuk mendapatkan detail tentang apa yang terjadi secara real-time.

2. Analisis Data

Untuk menjalankan perusahaan, pengambilan keputusan perlu dipandu oleh data yang akurat. Nah, ERP jadi solusi untuk menyediakan metode pengumpulan data, analitik, dan pelaporan. Bahkan ada cara untuk menganalisis data secara real-time untuk membuat perubahan instan pada proses produksi perusahaan.

3. Solusi Penjadwalan

Manfaat selanjutnya adalah mempermudah perusahaan dalam hal penjadwalan. Perusahaan dapat mengatur shift kerja karyawan, kapan inventaris dikirim, dan kapan waktunya perusahaan menjalani pemeliharaan.

4. Kolaborasi Lintas Departemen

Semakin banyak departemen yang dimiliki perusahaan, semakin penting untuk mengelola komunikasi internal untuk menghindari terjadinya miskomunikasi. Oleh karena itu, ERP hadir sebagai alat komunikasi yang berfungsi mengatur segala dokumen yang dipindai, file, email, teks, dan rekaman panggilan telepon. Bahkan ada saluran internal pribadi untuk komunikasi instan.

5. Manajemen Risiko dan Keamanan Data

Sistem ERP juga bermanfaat untuk melindungi perusahaan dari praktik penipuan di era digital. Jika bisnis suatu perusahaan beroperasi secara online maka perusahaan dapat memberikan keamanan tambahan dengan melakukan audit otomatis dan pemantauan penipuan. Apalagi jika perusahaan menangani banyak data sensitif. Penggunaan sistem ERP dapat memberikan keamanan dengan menyimpan semua dokumentasi dan komunikasi penting. Perusahaan juga dapat mengurangi duplikasi data dengan menyimpan semua informasi dalam satu sistem yang kohesif. 

Jenis ERP Berdasarkan Implementasi

Terdapat beberapa jenis ERP berdasarkan kegunaan atau implementasi dalam perusahaan. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  1. ERP on premise: Ini adalah software ERP yang digunakan secara langsung dalam perangkat di perusahaan. Sistem ini dirancang untuk semua ukuran perusahaan, meskipun mungkin lebih sesuai untuk perusahaan kecil dan menengah.
  2. Open Source ERP: Seperti halnya software open source lainnya, jenis ERP ini memungkinkan perusahaan untuk memeriksa, memodifikasi, dan meningkatkan kode sumber ERP. Menggunakan ERP open source, perusahaan mampu menyesuaikan aplikasi agar lebih sesuai dengan tempat kerja.
  3. ERP Berbasis Cloud: Jenis ERP ini tersedia melalui layanan hosting Cloud. Opsi ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses data secara real-time selama perusahaan memiliki akses internet. ERP berbasis Cloud umumnya cocok digunakan dalam perusahaan besar.
  4. Hybrid ERP: ERP ini merupakan sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang memadukan penyebaran on-premise dan berbasis Cloud.

Ada banyak contoh penerapan aplikasi ERP pada perusahaan dengan harapan yaitu dapat mengelola sumber daya secara lebih maksimal. Sumber daya dalam perusahaan yang dimaksud tentunya berkaitan dengan keuangan, sumber daya manusia, rantai suplai dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan sistem ERP dan fungsinya maka perusahaan akan bisa mewujudkan pekerjaan yang lebih efisien, dan pelayanan yang terbaik sehingga dapat membuahkan keuntungan yang maksimal.

Beberapa Contoh Aplikasi ERP :

Berikut ini merupakan beberapa contoh program aplikasi ERP yang berkualitas dan banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia :

1. Mekari Jurnal

Contoh program aplikasi ERP pertama yang telah dipercayai oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Mekari Jurnal. Selain itu, aplikasi open source ERP berbasis cloud ini memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam mengotomasi proses akuntansi perusahaan, beberapa di antaranya adalah:

  • Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  • Laporan cepat & tepat, susun laporan keuangan dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  • Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  • Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  • Integrasi dengan Bank, Sistem POS, Marketplace, dll.
  • Online live chat tiap saat. 

Dengan adanya pelaporan keuangan yang akurat, keputusan bisnis akan lebih mudah diambil sehingga bisnis Anda pun akan semakin berkembang.

2. NetSuite ERP

Kemudian,  aplikasi erp yang paling banyak digunakan oleh perindustrian adalah NetSuite ERP. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh NetSuite ERP ini maka, sistemnya akan sangat cocok digunakan pada semua kalangan bisnis. NetSuite ERP juga sangat cocok apabila digunakan dalam perencanaan catatan keuangan, misalnya pengauditan pengeluaran industri.

3. Brightpearl, Aplikasi ERP untuk Bisnis Online di Indonesia

Tidak kalah dari yang sebelumnya, aplikasi ERP yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat terintegrasi dengan platform toko online berskala internasional, contoh seperti  Amazon, Shopify, Bay, dan masih banyak lagi. Aplikasi Brightpearl dapat membantu perusahaan dalam mengelola alur kerja secara back office dan juga membantu mengembangkan bisnis. Sistem pada aplikasi ERP Brightpearl akan menjaga pembaruan data penjualan secara berkala dan real time. Dengan begitu Anda akan bisa mengontrol stok barang yang tersedia serta barang yang disimpan pun akan dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

4. Ecount ERP

Aplikasi ERP yang satu ini dilengkapi dengan modul akuntansi yang super lengkap sehingga dapat membantu perusahaan Anda untuk mengelola hutang, biaya pengeluaran, serta manajemen arus kas. Karena kelebihan utama yang dimilikinya adalah mengenai pengelolaan catatan keuangan dengan akurat serta efisien selama 24 jam penuh.

5. gtEnterprise Suite, Contoh Aplikasi ERP untuk Pengelolaan SDM Indonesia

Sama seperti sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan modul yang lengkap, seperti gtCRM, gtAsset, gtHR, dan masih banyak lagi. Dengan kelengkapan modul yang dimiliki maka aplikasi ini tidak hanya akan menonjolkan kelebihan pada aspek pengelolaan keuangan saja, melainkan juga pada perencanaan sumber daya manusia, inventory management, dan pengelolaan konsumen.

6. Sage Inttact

Salah satu contoh aplikasi ERP perusahaan yang terbaik selanjutnya adalah Sage Inttact karena alat keuangan pada aplikasi ini telah dilengkapi dengan AICPA untuk CPA. Bahkan di dalamnya juga terdapat panduan serta video tutorial yang dapat memudahkan pengguna yang masih tergolong pemula.

7. Odoo ERP

Sama seperti Brightpearl, odoo ERP juga telah terintegrasi dengan banyak platform toko online internasional. Selain itu juga ada web builder, CRM, POS, serta aplikasi penjualan yang lainnya. Aplikasi yang satu ini terbilang sangat cocok untuk digunakan pada perusahaan berkembang, karena di dalamnya terdapat cukup banyak modul yang bisa dipilih.

8. Workday

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis agar lebih akurat serta fleksibel. Sekedar informasi, aplikasi Workday merupakan sebuah aplikasi cloud yang telah berevolusi dari sistem HCM ke sistem ERP dan di dalamnya pun dilengkapi dengan banyak modul yang lengkap.

9. Oracle

Aplikasi Oracle dapat memaparkan data secara real time lengkap dengan indikator grafis, bahkan laporannya dapat Anda lihat pada dashboard serta area kerja. Selain itu, aplikasi Oracle juga menyediakan pendekatan Cloud yang lengkap serta menyeluruh.

10. FinancialForce ERP, Aplikasi ERP yang Terintegrasi dengan CRM

FinancialForce ERP juga adalah salah satu contoh aplikasi ERP yang terintegrasi dengan CRM Salesforce. sistem ini lebih menonjolkan pada sisi pengelolaan keuangan serta customers. Dengan demikian, proses pengelolaan akan menjadi lebih mudah serta menghemat waktu.

11. Compiere

Aplikasi yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan sistem atau software ERP modern serta simpel namun dengan biaya yang lebih terjangkau. Dengan merogoh saku yang tidak terlalu dalam, Anda sudah bisa memperoleh fitur yang terbilang lengkap untuk manajemen bisnis. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan dalam perencanaan sumber daya manajemen gudang. Berbeda dari lainnya, aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh pelaku UMKM.

12. SAP S/4 HANA

Aplikasi ini dapat menjadi sistem usaha yang terbaru dan komprehensif sehingga akan membantu Anda dalam proses pengelolaan bisnis, misalnya seperti memaparkan menyajikan nilai bisnis. Ranah bisnis dan teknologi tersebut akan terus menerus dibentuk pada cloud, mobile dan teknologi in memory. Dengan adanya aplikasi ERP yang satu ini, maka Anda akan dimudahkan dalam melakukan analytics secara cepat sehingga memperlancar arus transaksi Anda. Proses inti bisnis juga telah terintegrasi secara real time menggunakan database umum yang diatur oleh manajemen sistem basis data. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk melacak sumber daya bisnis, bahan dasar, uang, kapasitas produksi, dan masih banyak lagi.

13. SAP Business One, Aplikasi ERP untuk Berbagai Bisnis di Indonesia

Kemudian yang selanjutnya adalah SAP Business One yang sangat cocok bagi Anda dengan bisnis berskala kecil maupun berskala besar. Bahkan aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi multi perusahaan, baik multi uang maupun multi bahasa. Karena keduanya dapat digabungkan secara mulus dengan terintegrasi produktif desktop dan Microsoft Excel. 

Dengan menerapkan aplikasi ini maka Anda akan bisa mengadopsi solusi terbaik untuk mengukur manfaat seperti memantau pertumbuhan bisnis lewat operasi konsolidasi, serta respon yang lebih cepat karena aksesnya yang bersifat real time kepada pelanggan

14. SAP ERP ECC

Kemudian contoh aplikasi ERP yang selanjutnya adalah SAP ERP ECC yang mampu mengintegrasikan fungsi kunci bisnis secara spesifik pada kebutuhan industri perusahaan. Misalnya seperti FI, SD (sales distribution), materials management, dan HCM (human capital management).

Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan eliminasi terhadap kompleksitas IT serta menciptakan alur informasi secara real time.

15. SAP EWM, Contoh Aplikasi ERP untuk Supply Chain Management

SAP EWM telah menjadi bagian dari SAP SCM (Supply Chain Management System). Aplikasi ini dapat dikatakan  memiliki fungsi yang kuat serta terbilang canggih dalam hal pengelolaan pendistribusian serta penyimpanan barang. Aplikasi SAP EWM juga mampu mengelola penyimpanan serta penerimaan barang, sekaligus memberikan peringatan, tanggung jawab kepada tenaga kerja, tracking, dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi yang satu ini merupakan salah satu contoh produk ERP yang memiliki tingkat peminat yang sangat tinggi khususnya perusahaan di Indonesia.