Cara Menambahkan Template Elementor Yang Sudah Kita Download Kedalam Website

Elementor adalah salah satu plugin builder  yang digunakan untuk membuat website secara mudah dan cepat. Dengan plugin ini kita bisa membuat website kekinian dengan hanya drag and drop. Plugin ini hanya dikhususkan untuk CMS berbasis WordPress.

Elementor memiliki dua macam versi yaitu elementor gratis dan juga elementor yang berbayar atau biasa disebut elementor pro. Tentunya fitur elementor pro lebih lengkap dibandingkan dengan yang versi gratisnya. Dengan menggunakan elementor kita tidak perlu mengetahui pengetahuan tentang HTML dan CSS lebih lanjut, karena memang konsep plugin ini dibuat dengan konsep drag and drop.
Akan tetapi dengan hanya menggunakan elementor versi gratis, kita sudah bisa merancang desain website yang keren dan user-friendly, karena sudah mendapatkan akses ke editor visual drag-and-drop dengan beragam pilihan widget yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Fitur gratis dari elementor biasa diantaranya adalah Inner Section, Heading, Image, Text Editor, Video, Button, Divider, Spacer, Maps, Icon. Sedangkan fitur untuk elementor pro sangatlah banyak seperti slider, login, portofolio, price list, flip box, testimonial carousel, countdown, reviews dan masih banyak lagi. Intinya jika kita menggunakan yang versi gratis, kita hanya bisa melakukan desain dasar saja. Fitur lanjutan seperti slider, post, portfolio, form, login, price list, price table, testimonial, countdown dan masih banyak lagi tidak bisa Anda kita tambahkan ke desain jika menggunakan versi gratisan.


Pilihan widget dan template pra desain juga terbatas, maka dari itu untuk bisa mendapatkan pilihan template dan widget yang lebih beragam Elementor Pro adalah solusinya! Akan tetapi disini yang akan kita bahas adalah cara menambahkan template elementor yang sudah kita download.

Cara Menambahkan Template Elementor dari Templat Yang Sudah Kita Download

Biasanya, template Elementor memiliki format .Json yang bisa anda impor. Elementor memiliki banyak sekali pilihan template di dalamnya, akan tetapi kita juga bisa menggunakan template yang kita dapatkan dari luar. Misalnya kita mendapatkan template yang cocok dengan keinginan kita, yang kita peroleh dari hasil download ataupun dengan membeli template. 

Caranya adalah dengan mengimpor template yang sudah kita dapatkan. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik template kemudian import template, lalu tunggu hingga proses import selesai, kemudian template akan secara otomatis berada dibawah.

  2.  Selanjunya pilih add new, kemudian klik my template kemudian pilih template yang sudah kita impor tadi. Lalu klik insert kemudian apply.

  3. Tema siap digunakan dan di edit.

  4. Jika sudah di edit kemudian klik publish, add condition. Lalu lakukan settingan dimana tema akan kita publish. Misalnya di post atau di page. Kemudian klik save & close.