15+ Perbedaan Orang Cerdas dan Pintar

Tahukah kalian bahwa pintar dan cerdas itu berbeda? Seorang yang pintar sering kali disamakan dengan orang cerdas, begitupun sebaliknya. Padahal sebenarnya konteks pintar dan cerdas itu sama sekali tidak sama. Orang cerdas bisa dikategorikan sebagai seorang yang pintar, akan tetapi orang pintar belum tentu cerdas.

Pintar Vs Cerdas

Cerdas adalah tajam fikiran. Sedangkan pintar adalah mengetahui dan memiliki ilmu. Seorang yang pintar biasanya dikaitkan dengan akademik. Orang cerdas tidak terpaku pada teori akan tetapi pada konsep pemahaman. Itulah mengapa pada sisi akademik biasanya orang cerdas terlihat biasa-biasa saja. Orang cerdas biasanya lebih mengandalkan pemikiran kritis dan pengalaman. Oleh karena itu, orang cerdas mampu berpikir kreatif dalam memecahkan permasalahanya. Yuk kenali perbedaan orang cerdas dan pintar.

Perbedaan Karakter Orang Cerdas dan Pintar

1. Orang pintar biasanya rajin, orang cerdas biasa-biasa saja.

Perbedaan yang pertama, biasanya orang-orang yang pintar memiliki sifat yang rajin. Sedangkan seorang yang cerdas, terkadang terlihat biasa-biasa saja.

2. Orang pintar banyak berpikir, orang cerdas banyak melakukan.

Biasanya orang pintar hanya pada pemikiran saja tanpa melakukan apa-apa. Lain halnya dengan seorang yang cerdas, dia juga memikirkan akan tetapi di barengi dengan dia melakukan.

3. Orang pintar mengandalkan pengetahuan, orang cerdas mengandalkan logika dan pengalaman.

Jika seorang yang pintar itu didapat dari teori, lain halnya dengan orang cerdas. Mereka biasanya belajar dari pengalaman.

4. Orang pintar belajar dari teori, orang cerdas sering belajar dari praktek.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pengalaman yang membuat mereka menjadi seperti ini. Orang cerdas sering praktek, sedangkan orang pintar sering belajar dari teori.

5. Orang pintar jarang melakukan kesalahan, orang cerdas banyak melakukan kesalahan.

Dalam bidang akademik, orang pintar biasanya dikenal dengan orang yang sedikit melakukan kesalahan, contoh saja jika ingin mendapatkan nilai 100, kalian harus menjawab soal itu dengan benar, sedangkan orang cerdas banyak melakukan kesalahan.

6. Orang pintar berpikir dari teori yang sudah didapatkan, orang cerdas berpikir out of the box.

Orang pintar biasanya menyelesaikan masalah dari teori yang sudah dia dapatkan, sebisa mungkin dia terapkan. Sedangkan orang cerdas, biasanya lebih memiliki pemikiran yang out of the box, karena itulah mereka biasanya lebih kreatif.

7. Orang pintar suka melakukan hal yang teratur, orang cerdas biasanya memiliki pemikiran yang kreatif.

Untuk segi aktifitas mereka, orang pintar biasanya akan suka dengan kegiatan yang teratur. Alih-alih kegiatan yang teratur, orang cerdas justru sering merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja.

8. Orang pintar berpikir idealis, orang cerdas berpikir realistis.

Selanjutnya adalah tentang pemikiran, orang pintar biasanya bersikukuh dengan idealisme dari teori mereka, mereka biasanya menekankan aspek yang sama persis dengan teori. Sedangkan orang cerdas lebih realistis terhadap kondisi yang ada.

9. Orang pintar sering belajar dengan orang lain, orang cerdas lebih tertarik otodidak.

Berikutnya adalah pola belajar mereka. Biasanya, orang pintar banyak berada di sekeliling kita. Misalnya di sekolah, di perkuliahan, dll. Sedangkan orang cerdas, agak sulit untuk ditemukan. Mereka biasanya suka dengan belajar otodidak, jika anda melihat orang yang hanya belajar dari membaca ataupun menonton video tapi kemampuan mereka jauh lebih baik daripada anda, kemungkinan dia adalah orang cerdas.

10. Orang pintar ahli dalam sedikit bidang, Orang cerdas terkadang multi talent.

Perbedaan selanjutnya adalah dalam kesukaannya. Orang cerdas biasanya memiliki banyak kegiatan yang dia sukai.

11. Orang pintar memanfaatkan waktunya untuk berpikir, orang cerdas memanfaatkan waktunya untuk berusaha.

Orang pintar biasanya lebih memiliki pemikiran panjang, agar kemungkinan risiko yang didapat sekecil mungkin. Sedangkan orang cerdas biasanya memiliki pemikiran yang cepat, sehingga membuat mereka bergerak melakukan sesuatu.

12. Orang pintar kadang saklak, orang cerdas memiliki pemikiran yang terbuka.

Dalam menerima saran dan masukan, biasanya orang pintar susah diberi nasehat, sedangkan orang cerdas biasanya lebih terbuka.

13. Orang pintar takut sendiri, orang cerdas berani sendiri.

Orang cerdas biasanya berani berjuang sendiri. Sedangkan, orang pintar bekerja sama.

14. Orang pintar suka pencitraan, orang cerdas terkadang bodo amat.

Menurut saya adalah ini, hehe. Karena saya memiliki teman ciri-cirinya mirip seperti diatas, mereka cenderung bodoamat dengan pencitraan, apalagi pencitraan di sosial media.

15. Orang cerdas itu pintar, orang pintar belum tentu cerdas.

Ini adalah kesimpulan terakhir saya. Bahwa orang cerdas itu pintar, orang pintar belum tentu cerdas.

Baca Juga : Kata-kata Motivasi Gambar Kehidupan
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.

0 Comments:

Posting Komentar