Cara Mencari Informasi Secara Efektif dan Efisien di Google

Kita sering mendengar arti kata browsing, searching dan surfing tapi terkadang kita tidak tahu apa yang dinamakan browsing, searching dan juga surfing itu sendiri. Browsing (menjelajah internet) adalah menjelajahi seputar informasi yang ada di internet. Sedangkan searching (mencari) adalah proses pencarian data dari sekumpulan data yang sudah ada dengan menggunakan alat bantu mesin pencari, biasanya dalam searching kita belum tahu alamat website yang ingin kita akses. Surfing adalah kegiatan menjelajahi dunia maya/ internet yang biasa disebut dengan browsing, surfing sendiri biasanya bertujuan untuk mendownload, mencari hiburan seperti youtube, facebook, instagram.

Mungkin kita sering jengkel, apabila dalam menjelajah internet untuk mendapatkan informasi malah kita tidak mendapatkan apa-apa, yang ada justru terkadang masuk kedalam website yang berisi iklan yang tentunya sangat mengganggu. Sah-sah saja sih, dalam pemasangan iklan dalam website. Tapikan tujuan kita mencari informasi untuk mengetahui sesuatu yang ingin kita ketahui. Kok malah iklanya yang didapat, bukan informasinya. Nah, tutorial kali ini membahas bagaimana tips dan trik pencarian di Google yang efektif dan efisien. Tapi, taukah kamu jika melakukan penjelajahan dalam internet terdapat teknik yang belum banyak diketahui oleh banyak orang untuk bisa mengoptimalkan pencarian informasi? 


Cara Mencari Informasi Secara Efektif dan Efisien

Disini kita akan membahas teknik- teknik terkait apa saja yang bisa mengoptimalkan melakukan pencarian. Sebelum melakukan teknik itu hal yang kita perlukan adalah sebuah mesin pencari. Saya merekomendasikan untuk menggunakan Google dan juga web bowser apa saja (UC Browser, Google Chrome, dll) serta koneksi internet.

1. Mencari dengan intittle dan allintitle

Teknik ini digunakan untuk mencari judul suatu artikel apa saja yang ada dalam internet.


2. Mencari dengan Filetype

Dalam pencarian ini terdapat beberapa format kategori yang bisa ditemukan oleh mesin pencari Google



  • PDF (Adobe Portable Document Format)
  • DOC/DOCX (Microsoft Word)
  • PS (Adobe PostScript)
  • XLS (Microsoft Excel)
  • PPT (Microsoft Power Point)
  • RTF (Rich Text Format)
  • SWF (Shockwave)

3. Mencari dengan Inurl dan Allinurl


Teknik ini digunakan untuk mencari URL (Uniform Resource Locator) dalam situs website. URL sendiri adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber. Perlu mengetahui struktur alamat website untuk mencari dalam internet.

4. Mencari dengan menggunakan Site


Teknik ini digunakan untuk mencari alamat dari website, bisa dalam bentuk potongan. Site sendiri adalah alamat situs dari suatu website.

5. Mencari dengan menggunakan Link


Teknik ini digunakan untuk mengetahui Link website dan juga mengetahui beberapa situs yang mencantumkan link dari website lain.

6. Mencari dengan menggunakan Index Of


Teknik ini mencari file apapun yang ada dalam website. Sebenarya Index Of sendiri terjadi karena kesalahan programmer yang tidak memasukan file .htaccess kedalam websitenya. Algoritma website sendiri mirip seperti folder-folder dalam hape kita. Untuk mengakses atau membuka file, kita perlu tahu dimana file itu kita simpan. Akan tetapi, Index Of menampilkan struktur dari website tersebut.

Setelah di Klik

7. Mencari dengan menggunakan Intext dan Allintext

Teknik ini digunakan untuk mencari semua text yang ada pada website.

Contoh Pengoptimalan Google Secara Efektif dan Efisien

a. Contoh satu

Si A memiliki tugas dari dosennya untuk merangkum jurnal teknik industri terkait materi ergonomi. Jurnal itu harus berbahasa indonesia dan minimal ditulis pada tahun 2015.

b. Contoh dua

Si B adalah mahasiswa tingkat akhir, dia menjalani skripsi agar cepat menyelesaikan studinya, akan tetapi dia kekurangan sumber referensi untuk tulisanya. Si B ingin mencari ebook seputar pendidikan agama islam, si B ingin mencari ebook dari berbagai kampus di indonesia.

Cara diatas hanyalah ilustrasi dari penggunaan teknik dan seni dalam menjelajahi internet, untuk lebih memahami dan mengetahui silahkan dipraktekan dan juga dikembangkan sendiri. Karena yang susah bukan mencari, melainkan memecahkan masalah yang ingin kita ketahui untuk kita cari.
Kata Kunci: Teknik Googling, Teknik Menjelajah Internet, Cara Mencari Google Secara Efektif dan Efisien

0 Comments:

Posting Komentar