Pengertian Kualitas Secara Umum

Konsep Kualitas

Dalam aktivitas kita sehari-hari, sering kali atau bahkan setiap hari kita mendengar istilah berkualitas. Misalnya saja, pakaian yang berkualitas, terus tontonan berkualitas, pelayanan yang berkualitas dan lain sebagainya. Tapi, taukah kalian arti kualitas itu sendiri?

Orang akan sulit menjawab definisi kualitas  dengan cepat. Biasanya orang akan menjawab dengan aspek-aspeknya saja, karena dengan mendefinisikan aspeknya, orang akan tahu barang itu memiliki kualitas. Semisal, Amir ingin membeli pakaian berkualitas. Pakaian berkualitas menurut Amir adalah pakaian yang memiliki desain bagus, murah, memiliki bahan yang kuat. Lain halnya jika Danu membeli pakaian, dia menginginkan pakaian yang memiliki brand, warnanya cerah, awet. Sehingga, konsep kualitas itu dirasa menjadi hal yang relatif bagi setiap orang.

Untuk itu, disini kita akan ulas pengertian kualitas dari para ahlinya. Tentunya dari Guru Besar kualitas itu sendiri.

Dalam perkuliahan saya dulu, hampir satu semester rasanya materi Kualitas diulik hingga nglontok. Karena bagaimanapun, insinyur teknik industri dituntut untuk, salah satunya membuat barang yang berkualitas untuk konsumen. Oke, kita bahas pengertian Kualitas Menurut Ahli Guru Kualitas terlebih dahulu. Beberapa Guru Kualitas diantaranya adalah Phil Crosby, W. Edward Deming, dan Joseph Juran.

Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli Guru Kualitas.

  1. Menurut Phil Crosby secara sederhananya, Kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan.
  2. Sedangkan menurut Edward Deming pengertian kualitas adalah Taraf keseragaman dan dependability yang teramalkan pada biaya yang rendah dan sesuai dengan pasar.
  3. Menurut Joseph Juran, Kualitas adalah kecocokan penggunaan.
Ketiga konsep tersebut lebih mengarah pada kesesuaian suatu produk dengan kebutuhan yang diinginkan.

Adapun, Standar Kualitas Menurut Para Guru Kualitas tersebut diantaranya :

Standar Kualitas

  1. Phil Crosby menitik beratkan standar kualitas dengan Cacat Nol.
  2. Edward Deming menitik beratkan standar kualitas memiliki banyak “skala”; gunakan statistik untuk mengukur kinerja di semua bidang
  3. Sedagkan, Joseph Juran menitik beratkan untuk menghindari kesalahan dan “lakukan pekerjaan yang sempurna”.
Ketiganya memiliki kesamaan bahwa standar kualitas adalah keinginan pelanggan, sehingga semakin sesuai dengan keinginan konsumen maka akan semakin berkualitas.

Kesimpulan

Definisi Kualitas berarti kesesuaian suatu produk/jasa (barang atau pelayanan) dengan kebutuhan yang diinginkan. Karena standarnya adalah keinginan, maka semakin sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen, maka akan semakin berkualitas.

0 Comments:

Posting Komentar