Cara Mengelola Penyimpanan dan Cek Storage Google Drive

Pengertian Google Drive

Google Drive merupakan salah satu cloud atau penyimpanan terpopuler yang digunakan oleh banyak orang. Total pengguna Google Drive saat ini telah mencapai lebih dari satu milyar orang dan akan bertambah. Seperti namanya, Google drive adalah layanan penyimpanan online (cloud) milik google yang telah didirikan sejak 24 April 2012. Dengan cloud milik google ini kalian bisa menyimpan apa saja tanpa harus khawatir kehilangan file.

Macam - Macam Cloud Penyimpanan Online Terpopuler dan Aman

Selain Google Drive, ada banyak cloud atau penyimpanan online populer dan aman yang telah digunakan oleh banyak orang. Contoh 9 Cloud Terpopuler dan menjadi pilihan digunakan selain Google Drive saat ini beserta kapasitas penyimpanannya masing-masing :

1. DropBox

DropBox adalah layanan cloud storage berasal dari perusahaan DropBox.Inc di Amerika. DropBox diluncurkan pada September 2008. Besar kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh DropBox adalah 2 GB.

2. OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud storage dari Microsoft. Layanan ini dulunya bernama SkyDrive dan diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 2007. Kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan oleh OneDrive sebesar 5 GB.

3. iCloud

iCloud adalah layanan cloud storage yang didirikan oleh Apple Inc pada tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud merupakan layanan yang diberikan secara gratis kepada pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch yang menggunakan sistem operasi Ios 5 dan juga kepada pengguna Mac yang menggunakan sistem Mac OS X Lion dengan akun Apple yang valid. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh iCloud sebesar 5 GB.

4. MediaFire

MediaFire adalah layanan cloud storage berasal dari Shenandoah, Texas, United States. Didirikan pada bulan Juni 2006 oleh Derek Labian dan Tom Langridge. Besar kapasitas yang diberikan oleh MediaFire adalah 10 GB.

5. pCloud

pCloud adalah layanan cloud storage yang didirikan pada bulan September 2013. pCloud memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB.

6. Yandex Disk

Yandex Disk adalah layanan cloud storage yang didirikan  oleh Yandex pada April 2012. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Yandex Disk adalah sebesar 10 GB.

7. Box

Box adalah layanan cloud storage yang berpusat di Redwood City, California. Box didirikan pada Tahun 2005. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Box adalah sebesar 10 GB.

8. MEGA

MEGA adalah layanan cloud storage yang didirikan oleh perusahaan MEGA yang berasal dari Kota Auckland, Selandia Baru Pada Tanggal 19 Januari 2013. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh MEGA sesuai dengan namanya yaitu sebesar 50 GB.

9. Degoo


Degoo adalah layan cloud storage yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lain dari pada yang lainnya. Tidak tanggung-tanggung, layanan ini memiliki kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh penggunannya sebesar 100 GB

Kapasitas Penyimpanan Google Drive

Untuk kalian yang memakai layanan penyimpanan Google Drive gratisan, besar penyimpanan yang disediakan oleh Google Drive versi gratis adalah sebesar 15 GB. Adapun detail penyimpanan yang digunakan untuk Google Drive adalah Penyimpanan untuk Email dan Google Photo, serta Google Drive sendiri seperti pada gambar dibawah. Untuk mengecek kapasitas Google Drive kalian dan digunakan untuk apa saja bukalah link berikut : google.com/settings/storage
Jika kapasitas Google Drive kalian sudah habis, tentunya kalian tidak dapat menggunakan layanan seperti menyimpan file, menyimpan foto serta mengirim dan menerima email. Tentu kalian tidak mau kan, apalagi jika email yang kalian gunakan merupakan email utama dan email penting. Untuk itu, penyimpanan Google Drive harus dikelola dengan baik.

Mengelola Penyimpanan Google Drive

Google telah mengumumkan mulai tanggal 13 Oktober 2020, File yang diletakkan di sampah selama 30 hari berturut-turut akan dihapus selamanya. Adapun cara mengelola penyimpanan Google Drive akan kita bahas satu persatu dalam artikel ini.

Cara Menghapus File Berdasarkan Ukuran di Google Drive

  1. Buka lah alamat berikut https://drive.google.com/drive/u/0/quota
  2. Klik File lalu Geser dan Tarik Ke Sampah
  3. Kemudian pilih file tersebut lalu hapus selamanya


Cara Menghapus File di Google Photo

  1. Buka link https://photos.google.com/.
  2. Klik pilih centang pada gambar lalu klik icon hapus – lalu hapus selamanya.

Cara Menghapus Email Berukuran Besar di Gmail

  1. Buka Gmail kalian
  2. Kemudian ketikkan has:attachment larger:10M pada kolom pencarian
  3. Gantilah 10M dengan besar file yang ingin kalian hapus. Disini saya ingin menghapus email yang memiliki ukuran sebesar 10mb.
  4. Pilih file yang ingin kalian hapus – kemudian klik icon delete
  5. Lalu pilih More (selengkapnya) kemudian pilih Trash (Sampah) Lalu klik empty trash now


0 Comments:

Posting Komentar