Apa Itu Aplikasi Google Lens dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Infoteknikindustri.com - Siapa yang tidak kenal raksasa mesin pencari Google. Semua orang pasti kenal dan mungkin hampir setiap hari kita menggunakan layanan mesin pencari dari Google. Tapi apakah kalian sudah tahu dan pernah mencoba Aplikasi Google Lens? Mungkin banyak dari kalian yang belum mencobanya. Disini saya akan membahas tentang Apa itu Google Lens dan Bagaimana cara menggunakannya.

Di zaman serba digital yang sudah sampai di posisi Industri 4.0 ini apapun bisa kita lakukan  dengan mudah dan cepat termasuk bertanya. Bayangkan jika kita ingin mencari tahu sebuah nama pohon misalnya, tapi kita tidak tahu nama pohon itu apa? Pasti kalian akan bingung bagaimana cara kita mengetikkan secara manual untuk bertanya pada Google. 

Atau misalnya lagi, kalian adalah traveler yang senang mengunjungi berbagai macam kota di Indonesia, lalu kalian menemukan sebuah bangunan tapi tidak tahu nama bangunan itu apa. Mungkin solusi kalian pasti akan menggunakan Google Maps, tapi disini saya akan memberikan trik mudahnya dengan Google Lens.

Atau bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah yang memiliki permasalahan berkaitan dengan pekerjaan rumah. Misalnya saja kalian ingin bertanya dan mencari solusi dari tugas Pekerjaan Rumah (PR) di Internet. Cobalah memakai Google Lens. Aplikasi ini wajib kalian miliki karena aplikasi ini akan sangat bermanfaat.

Apa Itu Aplikasi Google Lens?

Google Lens adalah aplikasi yang memungkinkan anda dapat menelusuri apa saja yang anda lihat dengan menggunakan kamera. Google Lens memungkin anda mencari tahu nama barang, nama makanan, nama tempat, harga barang, menelusuri tulisan di internet, dan menerjemahkan teks dengan menggunakan foto atau gambar dari smartphone kalian.

Bukan hanya aplikasinya saja yang canggih. Aplikasi ini dapat kalian download dan install tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Aplikasi ini diluncurkan oleh Google LLC dan dirilis pada tanggal 4 Juni 2018 dan telah didownload oleh lebih dari 100 Juta orang dan akan terus bertambah.

Bagaimana Google Lens Dapat Bekerja?

Secara sederhana, cara kerja Google Lens mirip seperti mesin pencari yang merayapi website lalu menampilkan sebuah informasi yang relevan dengan pencarian. Seperti yang kita ketahui, Google memiliki akses informasi untuk menelusuri pencarian berdasarkan big data yang mereka miliki. Seluruh informasi yang sudah ada di internet yang sudah di publish oleh orang-orang direkam oleh Google lalu dimunculkan termasuk juga pencarian menggunakan foto dan gambar.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Lens?

1. Buka Aplikasi Google Lens Kalian, Jika Belum Punya Silahkan Download

2. Sesuaikan Apa Yang Ingin Kalian Cari

Hal paling penting ketika menggunakan Google Lens adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Di Dalam Google Lens terdapat 7 fitur pencarian beserta fungsinya masing-masing. Disini akan saya jelaskan ketujuh fitur tersebut beserta fungsinya masing-masing yang mungkin belum anda ketahui.
  1. Terjemahan : Digunakan untuk menerjemahkan kalimat menggunakan foto. Terdapat banyak bahasa yang bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan dari foto kalian.
  2. Teks : Digunakan untuk mencari sebuah teks di internet menggunakan foto. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengubah foto tulisan kalian menjadi sebuah tulisan yang dapat di copy – paste.
  3. Telusuri : Digunakan untuk menelusuri apa saja yang anda lihat. Fitur ini dapat digunakan untuk mencari tahu nama benda atau barang, nama brand, bentuk desain yang mirip dengan desain anda dan masih banyak lagi.
  4. Pekerjaan Rumah : Digunakan untuk menelusuri tugas Pekerjaan Rumah (PR) misalnya adalah tugas mengerjakan persamaan untuk matematika, rumus fisika dan lain sebagainya.
  5. Belanja : Digunakan untuk mencari barang untuk berbelanja. Misalnya anda ingin melihat berapa harga jual produk dan dimana saja produk tersebut dijual.
  6. Tempat : Digunakan untuk mencari tahu nama tempat dan lokasi dimana kalian berada.
  7. Makan : Digunakan untuk mencari tahu nama makanan dan tempat makanan tersebut dijual.

3. Pilih Gambar Yang Ada Pada Galeri Kalian Atau Foto Sendiri

4. Kemudian Cari

0 Comments:

Posting Komentar