Cara Mudah Mencari Tweet Lama Tanpa Scroll

Twitter merupakan salah satu media sosial yang berisi sekumpulan cuitan dari penggunanya. Salah satu yang terpenting dari media sosial ini adalah tweet atau kicauan dari penggunanya.

Pengguna twitter pasti pernah mengalami atau ingin mencari tweet lama, baik tweet lama milik kita atau tweet lama milik orang lain. Akan tetapi kadang ada rasa malas ketika kita ingin menyecroll sampai bawah. Belum juga twitter memiliki batasan scroll sampai kurang lebih 5.000 cuitan.
Nah, mungkin ada dari kalian yang belum tahu bagaimana cara mencari tweet lama di twitter. Salah satu manfaat mengetahui tweet lama kita diantaranya adalah :
  1. Nostalgia masa lalu untuk introspeksi diri.
  2. Buat stalking orang.
  3. Buat mencari informasi penting.
Satu tips keren lagi. Buat kalian yang ingin cari dokumen dan jurnal dengan mudah di internet. Cari saja dengan mengeklik link dibawah ini. Dijamin gak akan kesusahan!

Coba Juga : Cari Dokumen dan Jurnal Mudah di Internet

Baca Juga : Cara Mengirim Menfess di Twitter

Oke langsung saja.. Disini kita akan bahas cara mencari tweet lama satu persatu dengan bahasa yang mudah kalian mengerti disertai contohnya. Disini ada 3 cara mudah untuk kalian pilih bagaimana mencari tweet lama.

Cara Mencari Tweet Lama Dengan Mudah

1. Menggunakan Mesin Pencari Twitter

a. Dengan Mengetikkan, from:username kata kunci

Ganti username dengan akun yang ingin kalian cari. Serta kata kunci dengan kalimat yang ingin kalian cari.

Perintah ini digunakan untuk mencari kata kunci atau cuitan yang kalian ingat di salah satu akun twitter milik orang lain atau akun kalian sendiri.

Disini saya mencontohkan mencari tweet lama teman saya di akun @fiersabesari
Saya mencoba mencari cuitan atau kata kunci RUU di akun @fiersabesari. Contohnya seperti gambar dibawah :

b. Dengan Mengetikkan, from:username since:2011-05-01 until:2019-12-31 (YYYY-MM-DD)

Ganti format tanggal dengan tanggal yang ingin kalian cari, dan juga spesifikkan rentang tanggal sehingga rentang waktu tidak terlalu jauh.

Perintah ini digunakan untuk mencari tweet lama dengan menggunakan waktu. Jadi kalian harus ingat, kira-kira kapan dia membuat cuitan. Saya contohkan lagi mencari di akun teman saya @fiersabesari.

Sebagai misal contoh gambar dibawah ini :


Ternyata @fiersabesari dulu ngga setenar ini yak wkwk.

c. Dengan Menggabungkan, from:username kata kunci since:2011-05-01 until:2019-12-31

Solusi ketiga adalah dengan menggabungkan kedua metode diatas yaitu dengan kata kunci dan tanggal. Lalu akan muncul Tweet lama kalian.

2. Menggunakan Twitter Advanced Search

Selanjutnya, trik kedua adalah dengan menggunakan Twitter Advanced Search. Sesuai dengan namanya, fungsi tools ini adalah untuk mencari tweet mode advanced. Cara yang kedua ini adalah yang paling mudah dan efisien.
Jika kalian malas menuliskan perintah-perintah yang sulit. Twitter Advanced Search adalah salah satu solusi terbaik. Kalian cukup buka twitter advanced search disini.

Kemudian isikan form dengan Tweet yang ingin kalian cari. Bisa menggunakan nama akun, format tanggal, kata kunci dan sampai kata kunci yang tidak ingin kalian cari.

3. Menggunakan Algoritma Google Dork

Apa itu Google Dork? Google dork merupakan metode pencarian yang ada di Google dengan teknik khusus. Belum banyak yang mengetahui trik ini. Karena pada dasarnya trik ini dulunya digunakan oleh developer untuk mencari bug dari Google.

Jika kalian beruntung kalian dapat melihat tweet lama di google. Kunci utama untuk melihat tweet lama kita disini adalah apabila tweet kalian di index oleh google dalam pencariannya. Jika tidak di index, maka gunakan kedua cara diatas saja.

Caranya pun cukup mudah, kalian cukup mengetikkan kata dibawah dan kalian ganti dengan sesuatu yang ingin kalian cari.

inurl:twitter.com/namaakun "kata kunci"
site:twitter.com/namaakun "kata kunci"

Ganti namaakun dan kata kunci dengan akun dan kata kunci yang ingin kalian cari.

Atau jika kalian ingin melihat twitter kita di index oleh google atau tidak, bisa menggunakan perintah ini.

inurl:twitter.com/namaakun
site:twitter.com/namaakun

Oke. Sekian artikelnya saya akhiri. Semoga bermanfaat buat temen-temen.

0 Comments:

Posting Komentar