Mengenal Macam-Macam Sistem Produksi

Make-to-Stock (MTS)

Sesuai dengan namanya, Make To Stock adalah model produksi yang benar-benar dibuat (make) kemudian disimpan (stock) sebagai barang jadi. Contoh produk ini sangat umum, seperti ditemukan di hampir semua toko retail seperti pakaian, alat tulis, dan lain sebagainya.

Dalam produksi Make To Stock, pelanggan memiliki pengaruh besar dalam pembuatan produk di awal yaitu desain produk. Akan tetapi pelanggan pada dasarnya hanya memiliki satu keputusan yang harus diambil setelah produk itu dibuat yakni dibeli atau tidak.

Contoh Perusahaan Make To Stock

  • Perusahaan Alat Tulis
  • Perusahaan Pakaian

Assemble-to-Order (ATO)

Dalam hal ini pelanggan memiliki pengaruh lebih pada desain yaitu pada assembling, di mana mereka sering dapat memilih berbagai opsi dari sub-rakitan (assemble) yang telah dirancang sebelumnya. Produsen kemudian akan mengumpulkan opsi ini menjadi produk akhir untuk pelanggan. Seperti dalam kasus MTS, pelanggan dapat mempengaruhi keseluruhan desain dan produk akhir, tetapi pelanggan hanya dapat memilih dari opsi yang ditentukan.

Mobil dan laptop adalah contoh dari jenis ini. Jika pelanggan memesan mobil dari dealer, misalnya, mereka sering kali dapat memilih dari berbagai warna, gaya bodi, mesin, transmisi, dan opsi "murni" lainnya, seperti cruise control. Di beberapa industri, pendekatan ini kadang-kadang disebut Package-to-Order, karena pengemasanlah yang ditentukan oleh pelanggan.

Pada produk seperti sereal sarapan atau produk kue (tepung, soda kue, dll.), Produk tidak berubah, tetapi dapat ditempatkan dalam beberapa ukuran dan jenis kemasan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Contoh layanan ATO mungkin ada di beberapa restoran, di mana pelanggan dapat menentukan pilihan lauk untuk makanan mereka. Mereka mungkin memiliki sedikit pilihan tentang bagaimana lauk-pauk itu disiapkan, tetapi ada yang menentukan mana yang mereka pilih.

Make-to-Order (MTO)

Make-to-Order (MTO) adalah Sistem produksi yang memungkinkan pelanggan untuk menentukan desain (make) untuk diproduksi kemudian dikirimkan ke tangan konsumen/pelanggan (order). Proses produksi Make To Order biasanya pelanggan akan langsung mendapatkan barang. Contohnya perusahaan furnitur khusus atau toko roti. Di toko roti, misalnya, pelanggan dapat menentukan roti khusus (make) yang akan diproduksi untuk dibeli (order).

Engineer-to-Order (ETO)

Engineering To Order adalah Sistem Produksi yang memenuhi permintan konsumen yang dimulai dari proses perancangan produk sesuai spesifikasi yang dibutuhkan oleh konsumen/pelanggan hingga diproduksi dan dikirimkan ke tangan konsumen/pelanggan. Dalam hal ini pelanggan memiliki suara yang hampir lengkap dalam desain produk atau layanan.

0 Comments:

Posting Komentar