Tahapan-Tahapan DMAIC Dalam Konsep Six Sigma

Pengertian Six Sigma

Six Sigma merupakan sebuah metodologi terstruktur untuk memperbaiki proses yang difokuskan pada usaha mengurangi variasi proses (process variances) sekaligus mengurangi cacat (produk/jasa yang diluar spesifikasi) dengan menggunakan statistik dan problem solving tools secara intensif. 

Tahapan-Tahapan DMAIC Dalam Konsep Six Sigma

1. DEFINE

DEFINE (D) merupakan langkah operasional pertama dalam program peningkatan kualitas Six Sigma. Pada tahap ini kita perlu mendefinisikan beberapa hal yang terkait dengan:

  1. Kriteria Pemilihan Proyek Six Sigma.
  2. Peran Dan Tanggung Jawab Dari Orang-Orang Yang Akan Terlibat Dalam Proyek Six Sigma.
  3. Kebutuhan Pelatihan Untuk Orang-Orang Yang Terlibat Dalam Proyek Six Sigma.
  4. Proses-Proses Kunci Dalam Proyek Six Sigma Beserta Pelanggannya.
  5. Kebutuhan Spesifik Dari Pelanggan.
  6. Pernyataan Tujuan Proyek Six Sigma.

Baca Juga : Pengertian Six Sigma dan Peran Orang-orang Yang Terlibat Didalamnya

2. MEASURE

MEASURE (M) merupakan langkah operasional kedua dalam program peningkatan kualitas Six Sigma. Terdapat tiga hal pokok yang harus dilakukan dalam tahap MEASURE (M), yaitu:

  1. Memilih Atau Menentukan Karakteristik Kualitas (CTQ) Kunci Yang Berhubungan Langsung Dengan Kebutuhan Spesifik Dari Pelanggan.
  2. Mengembangkan Suatu Rencana Pengumpulan Data Melalui Pengukuran Yang Dapat Dilakukan Pada Tingkat Proses, Output, Dan/Atau Outcome.
  3. Mengukur Kinerja Sekarang (Current Performance) Pada Tingkat Proses, Output, Dan/Atau Outcome Untuk Ditetapkan Sebagai Baseline Kinerja (Performance Baseline) Pada Awal Proyek Six Sigma.

3. ANALYZE

ANALYZE (A) merupakan langkah operasional ketiga dalam program peningkatan kualitas Six Sigma. Pada tahap ini kita perlu melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menentukan Kestabilan (Stability) Dan Kapabilitas/Kemampuan (Capability) Dari Proses.
  2. Menetapkan Target-Target Kinerja Dari Karakteristik Kualitas Kunci (CTQ) Yang Akan Ditingkatkan Dalam Proyek Six Sigma.
  3. Mengidentifikasi Sumber-Sumber Dan Akar Penyebab Kecacatan Atau Kegagalan.
  4. Mengkonversikan Banyak Kegagalan Ke Dalam Biaya Kegagalan Kualitas (Cost Of Poor Quality).

4. IMPROVE

IMPROVE (I) Setelah sumber-sumber dan akar penyebab dari masalah kualitas teridentifikasi, maka perlu dilakukan penetapan rencana tindakan (action plan) untuk melaksanakan peningkatan kualitas Six Sigma. Terdapat suatu ungkapan dalam perencanaan, yaitu: “Jika Anda Gagal dalam Perencanaan, Maka Sesungguhnya Anda sedang Merencanakan Kegagalan”.

Pada dasarnya rencana-rencana tindakan (action plans) akan mendeskripsikan tentang alokasi sumber-sumber daya serta prioritas dan/atau alternatif yang dilakukan dalam implementasi dari rencana itu. Bentuk-bentuk pengawasan dan usaha-usaha untuk mempelajari melalui pengumpulan data dan analisis ketika implementasi dari suatu rencana, juga harus direncanakan pada tahap ini.

5. CONTROL

CONTROL (C) merupakan tahap operasional terakhir dalam proyek peningkatan kualitas Six Sigma. Pada tahap ini hasil-hasil peningkatan kualitas didokumentasikan dan disebarluaskan, praktekpraktek terbaik yang sukses dalam meningkatkan proses distandardisasikan dan disebarluaskan, prosedur-prosedur didokumentasikan dan dijadikan pedoman kerja standar, serta dilakukan transfer kepemilikan atau tanggungjawab dari Tim Six Sigma kepada pemilik atau penanggungjawab proses, yang berarti proyek Six Sigma menjadi berakhir pada tahap ini. Selanjutnya proyek-proyek Six Sigma pada area lain dalam proses atau organisasi bisnis ditetapkan sebagai proyek-proyek baru yang harus mengikuti siklus DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control). Melalui cara ini, maka akan terjadi peningkatan integrasi, institusionalisasi, pembelajaran, dan sharing atau transfer pengetahuan-pengetahuan baru dalam organisasi Six Sigma itu.

Pastinya, pengertian dan tahapan Six Sigma diatas adalah tahapan secara sederhana DMAIC dari Six Sigma. Untuk lebih mendalami detail tentang bagaimana tahapan-tahapan itu dilakukan silahkan anda baca materi dan panduan dibawah ini.

Mengenal Six Sigma Secara Sederhana

Download

Pedoman Implementasi Six Sigma

Download

0 Comments:

Posting Komentar