Mengenal Air Reverse Osmosis (RO) Beserta Manfaatnya

Air Minum yang sering kita konsumsi ternyata memiliki banyak jenis, sebagai contoh air mineral, air demineral, juga air RO (Reverse Osmosis). Nah, kali ini admin akan memberikan pengertian apasih air Reverse Osmosis (RO) Itu? Lalu, Apa saja manfaat mengkonsumsi air RO bagi tubuh kita? Oke, langsung saja simak artikel dibawah ini.

Pengertian Air Reverse Osmosis (RO)

Air Reverse Osmosis (RO) adalah air yang dihasilkan dari mesin RO. Lalu apa mesin RO (Reverse Osmosis) Itu? Reverse Osmosis (Osmosis Terbalik) merupakan proses alami pada saat dua cairan yang berkonsentrasi berbeda dipisahkan dengan menggunakan sebuah membrane semipermabel.

Baca Juga : Mengenal Bisnis Air Minum Yang Menjanjikan Beserta Prospek Kedepannya

Reverse Osmosis merupakan suatu metode pembersihan melalui membran semi permeable. Pada proses dengan membran, pemisahan air dari pengotornya didasarkan pada proses penyaringan dengan skala molekul, dimana suatu tekanan tinggi diberikan melampaui tarikan osmosis sehingga akan memaksa air melalui proses osmosis terbalik dari bagian yang memiliki kepekatan tinggi ke bagian yang mempunyai kepekatan rendah. Selama proses tersebut terjadi, kotoran dan bahan yang berbahaya akan dibuang sebagai air tercemar (limbah). Molekul air dan bahan mikro yang berukuran lebih kecil dari Reverse Osmosis akan tersaring melalui membran. Teknologi membran Reverse Osmosis dapat menghasilkan air minum berkualitas tinggi dengan cepat karena menggunakan tenaga pompa. Sistem membran reverse yang dipakai dapat berupa membran hollow fibre, lempeng/plate atau berupa spiral wound. Membran ini mampu menurunkan kadar zat pencemar hingga 95-98%. Air hasil olahan sudah bebas dari bakteri dan dapat langsung diminum.

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis sendiri yaitu melakukan penyaringan yang bisa menyaring ion dan molekul besar pada suatu larutan dengan cara memberikan tekanan pada larutan tersebut.

Jadi, Air Reverse Osmosis (RO) adalah air yang dihasilkan oleh mesin RO (Reverse Osmosis) yang sudah mengalami penyaringan sehingga dihasilkan air yang berkualitas dan aman untuk dikonsmsi.

Manfaat Air Reverse Osmosis (RO)

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi air RO, terutama untuk kesehatan tubuh anda, diantaranya adalah :

  1. Air RO Bebas Parasit Dan Bakteri
  2. Bisa Menyembuhkan Penyakit Kanker
  3. Air RO Bebas Sodium (untuk para penderita hipertensi atau penderita darah tinggi, penderita penyakit hati, penderita ginjal dan masih banyak lainnya)
  4. Air RO Bebas Timbal
  5. Membantu meningkatkan energi dan mempercepat pemulihan dari sakit.
  6. Meningkatkan kinerja mental dan fisik anda.
  7. Mencegah berbagai jenis penyakit dan menjaga sistem kekebalamn tubuh.
  8. Membantu menjaga keseimbangan pH tubuh untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
  9. Hidrasi organ internal dan sendi, melindungi mereka dari goncangan dan keruksakan.
  10. Mengurangi kram otot atau kelelahan dan untuk bantalan sendi anda.
  11. Hidrasi kulit, menjaga kulit bersinar dan tampak sehat.
  12. Membantu mempercepat pencernaan dan penyerapana vitamin juga nutrisi didalam tubuh.
  13. Dapat membantu menyehatkan jantung dan mengurangi stres kardiovaskular.
  14. Membantu menurunkan berat badan, penekanan nafsu makan alami dan memiliki 0 kalori.
  15. Membantu mengatur suhu tubuh, membuat latihan lebih aman dan lebih efektif.
  16. Flushing racun dan produk limbah dari tubuh anda. Mengurangi pekerjaan ginjal dan hati
  17. Menghilangkan racun dalam ginjal dan hati.
  18. Transportasi oksigen ke sel-sel dan memlihara otot.

Berapa pH Air Reverse Osmosis?

Kita bahas pH dulu, pH adalah tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14. pH 7 berarti Netral, pH kurang dari 7 artinya asam dan pH lebih dari 7 bersifat basa. Air Reverse Osmosis (RO) umumnya memiliki pH 5.00 s/d 6.00.