Mengenal Industri FMCG dan Contoh Industri FMCG

Pengertian Industri FMCG

Industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah industri di mana produk terjual dengan cepat pada harga relative rendah dan kuantitas besar. Industri fast moving consumer goods adalah industri yang menyediakan produk-produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari.

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) merupakan produk dengan rasio Product Turnover yang tinggi dan rata rata merupakan produk dengan biaya yang relatif rendah. Sehingga konsumen pada segmen produk ini cenderung melakukan keputusan tanpa berpikir lama. Selain itu, konsumen juga selalu dihadapkan pada situasi dimana terdapat banyak variasi dari produk yang diperlukan sehingga pada keadaan ini posisi konsumen memiliki kekuatan yang sangat besar. Sebagai Contohnya produk industri FMCG seperti sabun, sampo, pasta gigi, minuman, makanan ringan, dan lain lain.

Meski termasuk jenis bisnis yang cakupannya besar, nyatanya bisnis FMCG juga memiliki tantangannya tersendiri.  Tantangan bisnis FMCG adalah berasal dari produk yang rata-rata memiliki margin keuntungan yang kecil serta usia produk yang pendek. Sehingga untuk menyiasati itu perusahaan harus bisa menjual produk sebanyak, secepat dan seefisien mungkin.  Tidak heran bila perusahaan FMCG sangat membutuhkan tenaga pemasaran seperti Sales Executive yang cerdas untuk menggaet banyak pelanggan. Selain itu perusahaan FMCG juga harus mencari solusi terkait dampak lingkungan sebab sebagian besar produk berupa kemasan. Perusahaan juga harus memikirkan tentang bagaimana bisa memperpanjang umur simpan produk yang mudah rusak dan memproduksi barang.

Bila kamu sudah yakin untuk membangun karier di sektor FMCG cobalah lihat skill yang kamu miliki. Beberapa skill yang banyak dibutuhkan sektor FMCG adalah:

1. Keterampilan teknologi

Salah satu skills penting yang dibutuhkan oleh sektor FMCG adalah pengetahuan luas terhadap teknologi. Pasalnya kini banyak pabrik yang menggunakan sistemnya otomatisasi. Tentunya orang-orang dengan kecakapan teknologi akan membantu perusahaan yang ingin merubah sistem ke otomatisasi.

2. Keterampilan ilmu lintas disiplin

Industri FMCG mencari kandidat yang bisa melihat gambaran sektor bisnis yang lebih besar saat mereka melakukan pekerjaan. Contohnya meski kamu memiliki spesialisasi dalam bidang sales, kamu harus dapat memiliki pemahaman luas tentang aspek FMCG lain seperti riset pasar, pemasaran produk dan inovasi produk.

3. Bekerja di bawah tekanan

Keterampilan lain yang diperlukan untuk bisa bertahan di sektor FMCG adalah dapat bekerja di bawah tekanan. Lantaran industri ini bergerak sangat cepat dan karyawan diharuskan membuat keputusan yang cepat dan tepat pula. Ini berarti setiap orang dituntut untuk bekerja dalam keadaan fleksibel, mampu mengatur waktu dan memiliki keterampilan organisasi yang baik.

4. Mampu menganalisis

Skill lain yang sangat diperlukan dalam bisnis FMCG adalah kemampuan menganalisis data. Ini berlaku bagi semua sektor pekerjaan, terlepas dari jabatan karyawan itu bukan sebagai Data Analyst. Kenapa? Sebab manajer dan staf senior merupakan orang yang akan membuat rencana dan strategi bisnis. Mereka perlu memiliki pandangan analitis dan wawasan yang luas untuk menentukan kesuksesan penjualan.

5. Kemampuan persuasi

Selain empat skills di atas, skills lain yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan FMCG adalah kemampuan persuasi bawaan. Lantaran kompetitor dibidang FMCG ini banyak, jadi kamu harus dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk perusahaanmu adalah produk terbaik.  Kemampuan persuasi ini tidak hanya dibutuhkan oleh sektor penjualan semata, melainkan hampir semua pekerjaan di bidang FMCG. Jadi bila kamu berminat bekerja di sektor ini, sebaiknya dari sekarang perbanyak kemampuan untuk dapat membujuk orang lain lebih baik.

Contoh Industri FMCG di Indonesia

Beberapa contoh industri FMCG Terkenal di Indonesia dan produknya sudah banyak yang menggunakannya diantaranya adalah Nestle, Unilever, Procter & Gamble (P&G), Garuda Food, WingsFood, Orang Tua, Mayora, Coca-Cola, Pepsi, Chimory, Japfa, Yakult, Danone, dan masih banyak lagi.