Alasan Freshgraduate Susah Dapat Kerja Dan Tips Agar Cepat Bekerja

Setelah lulus kuliah mau kerja apa ya? Nanti bisa langsung dapat kerja gak ya? Atau langsung di terima gak ya? Tapi, pengalaman belum ada nih? Atau dicoba aja dulu ya, siapa tahu diterima.

Seperti itulah pertanyaan yang sering saya jumpai saat saya berada di bangku kuliah semester akhir. Bahkan pertanyaan itu selalu terlintas saat sudah selesai wisuda yang akhirnya saya menjadi freshgraduate.


Banyak freshgraduate yang ingin langsung bekerja atau membuka bisnis setelah lulus, namun kadang apa yang mereka harapkan tidak sesuai dengan realita.

Realita dimana banyak sarjana muda dari berbagai Universitas maupun Perguruan Tinggi yang berbondong-dondong mencari pekerjaan atau bahkan saingan bukan lagi berdasarkan angkatan kelulusan melainkan bisa jadi dari mereka yang sudah terkena PHK, atau bahkan angkatan kelulusan sebelumnya dan bukan cuma freshgraduate lulusan kulian namun juga lulusan SMA sederajat.

Alasan Freshgraduate Susah Dapat Kerja

Persaingan akan semakin sengit dan dari pengalaman pribadi serta sumber lain, ini alasan kenapa freshgraduate susah untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa alasan :

1. Kurangnya skill 


Skill atau keterampilan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang sebagai nilai atau kelebihan. Skill ini sangat diperlukan saat kalian melamar pekerjaan, karena perusahaan yang kalian lamar akan mempertimbangkan lolos atau tidaknya kalian dalam tahap seleksi. Kelebihan apa sih yang ingin kalian tunjukkan pada perusahaan? Seperti itulah pertanyaan yang akan dilontarkan pada kalian saat melamar kerja.

Jika kalian belum memiliki atau masih minim akan skill, kalian bisa mempersiapkannya dengan berbagai cara, seperti mengikuti pelatihan skill sesuai minat dan bakat, mengasah kemampuan diri dengan cara ikut volunteer, serta banyak-banyak memperluas ilmu pengetahuan.

Sehingga, saat kalian benar-benar sudah memiliki skill dan melamar pekerjaan yang kalian inginkan, kepercayaan pada diri sendiri akan tumbuh dan memperlancar mendapatkan pekerjaan.

2. Kurangnya pengalaman


Pengalaman bisa datang dari mana saja. Jika kalian aktif di organisasi, kalian akan mendapatkan pengalaman melalui organisasi tersebut. Tetapi jika kalian adalah orang yang pasif atau bahkan kurang akan suatu pengalaman, kalian akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Biasanya, jika kita melamar suatu pekerjaan, kita akan menampilkan CV dimana kita harus menyebutkan pengalaman apa saja yang sudah kita peroleh selama ini. Semakin banyak pengalaman yang kalian peroleh, semakin besar pula perusahaan mempertimbangkannya.

Pengalaman yang baik itu datang dari pengalaman orang lain, lalu kita bisa mengevaluasi diri sesuai dengan kemampuan kita. Jangan putus asa jika kalian belum memiliki banyak pengalaman, karna kita bekerja salah satunya juga mencari pengalaman. It’s okey……. Kalian tidak sendirian ! hehe.

3. Networking yang kurang luas


Di era digitalisasi seperti saat ini, networking itu sangat penting. Saya biasa menyebutnya link, hehe. Bagi saya link atau jaringan adalah salah satu jembatan yang bisa memberikan kita info terupdate sekalipun. Entah itu info berbagi lowongan pekerjaan, ataupun info terkait pengalaman kerja.

Membangun relasi dengan berbagai pihak itu sangat diperlukan, sehingga kalian akan mudah dalam hal mencari pekerjaan. 

Untuk memperluas jaringan, kalian bisa melakukannya lewat sosial media maupun menghadiri event-event yang relevan dengan industri yang kalian inginkan.

4. Terlalu selektif


Banyak freshgraduate yang saya temui terlalu selektif memilih tempat kerja dan posisi. Kalian boleh memiliki keinginan yang tinggi, tapi jangan berharap terlalu tinggi, apalagi kalian adalah freshgraduate yang belum meiliki pengalaman di bidang tersebut.

Buat kalian para freshgraduate, saya saranin jangan terlalu selektif buat nglamar kerja. Sebenarnya selektif itu boleh saja, tapi jangan terlalu berlebihan. Karna jika kalian adalah freshgraduate yang terpenting itu pengalaman dari pekerjaan tersebut. Jika sudah ada pengalaman, pasti karier akan mengikuti kalian. Jika kinerjamu baik, pasti kariermu juga akan semakin meningkat. Gitu gaes !!

5. Mengabaikan kualifikasi


Abai terhadap kualifikasi yang dicantumkan oleh perusaan bisa menjadi alasan kenapa freshgraduate susah mendapatkan pekerjaan. Sebab, kualifikasi itu penting gaes !. 

Setiap perusahaan memiliki standart karyawan yang berbeda-beda. Tentu saja kualifikasinya juga berbeda.

Jika kalian ingin melamar pekerjaan, coba baca dulu kualifikasi yang diperlukan perusahaan. Apakah sesuai dengan passion kalian atau belum. Jika belum sesuai, cari pekerjaan yang sesuai dengan passion kalian. Jika sudah sesuai kualifikasi, langsung saja cuss berangkat melamar ya gaes …..

Menurutku, itu alasan yang umum kenapa kok freshgraduate susah mendapatkan pekerjaan. Jika kalian sudah paham alasannya, kalian akan mencari tips bagaimana cara mendapatkan pekerjaan dengan baik. Tips untuk bisa cepat bekerja sebenarnya tidak sulit, diantanya :

Tips Untuk Freshgraduate Agar Cepat Bekerja

Tips untuk bisa cepat bekerja sebenarnya tidak sulit, berikut ini tips yang admin berikan, diantanya adalah :

1. Perluas koneksi

Koneksi atau bisa dibilang networking, seperti yang sudah di bahas sebelumnya. Semakin luas koneksi yang kalian miliki, semakin banyak pula informasi yang kalian peroleh, sehingga kesempatan untuk dapat bekerja akan semakin besar.

Jika kalian memiliki banyak teman, pergunakanlah kesempatan itu dengan mencari informasi seputar pekerjaan pada teman-teman kalian. Pasti akan ada kesempatan untuk bisa memperoleh pekerjaan.

2. Manfaatkan internet

Hal yang paling mudah mendapatkan informasi selain dari berbagai koneksi yang ada, tentunya dari internet. Dengan internet semua informasi seputar dunia kerja sangat mudah di dapatkan. Tapi, kalian juga harus pandai-pandai terhadap internet. Karena tidak sedikit pula yang memberikan inormasi bohong terkait pekerjaan. Pilihlah website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan resmi, seperti linkedln, jobstreet, karir.com atau bisa langsung mengunjungi website resmi dari instansi yang ingin kalian lamar.

3. Menghadiri “job fire event”

Selain mencari pekerjaan secara online, kalian bisa mengahdiri job fire dimana akan ada banyak informasi lowongan pekerjaan bahkan ada perusahaan yang hadir untuk menawarkan pekerjaan secara langsung. Bahkan akan ada seleksi langsung atau sering di sebut walk in interview.

Job fire biasanya dilaksanakan di aula yang bisa menampung banyak orang, sehingga tidak ada salahnya saat kalian menghadiri job fire, sebaiknya sekaligus membawa CV dan surat lamaran untuk mempermudah proses.

4. Apply CV secara online

Sekarang ini banyak perusahaan yang menerapkanapply cv secara online. Cv akan di kirim ke alamat email perusahaan yang nantinya akan langsung di seleksi oleh pihak hrd.

Seistem rekruitmen seperti ini selain memudahkan kalian dalam mengirimkan lamaran, juga mengurangi biaya-biaya dan tidak perlu mengunjungi satu per satu kantor perusahaan.

Jangan lupa juga untuk membuat CV sebagus dan semenarik mungkin, karna CV yang bagus juga dapat menarik perhatian HRD dalam perekrutan.

5. Menunjukkan keahlian

Saat melamar pekerjaan, kalian harus sudah tahu apa kelebihan dan keahlian kalian. Sehingga dengan keahlian yang kalian miliki akan memberi poin tersendiri. Jangan pernah ragu untuk menuliskan keahlian kalian di CV.

Itu adalah beberapa tips yang menurutku faktor penunjang untuk bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Disamping kalian berusaha, jangan lupakan doanya ya gaess !

Tak perlu terlalu overthinking terhadap pekerjaan salama kalian masih ingat kata-kata ini, “Jika manusia diciptakan oleh Sang Pencipta, maka saat itu pula Sang Pencipta akan memenuhi segala kebutuhannya termasuk dalam hal rezeki, jodoh dan kematian”. 

(Penulis : Ari Kurniawati)