Sukses Tidak Harus Jadi PNS ! Motivasi Gagal Tes CPNS

Tahun 2021 merupakan tahun ajaran bagi calon PNS berbondong-bondong aktif untuk bisa mengikuti tes CPNS. Seleksi CPNS ini diselenggarakan di seluruh penjuru Indonesia, sehingga akan banyak orang mulai dari yang muda hingga yang berumur 45 tahun-an untuk bisa mengikuti seleksi ini. Sebenarnya banyak sih alasan bagi mereka kenapa kok berkeinginan bisa lolos CPNS. Tapi kebanyakan dari pendapat orang-orang yang saya temui mereka ingin lolos CPNS karena yang pertama, memang dari hasrat mereka sudah berkeinginan menjadi pegawai negeri sipil, yang kedua karena kalo jadi PNS hidup jadi terjamin, ya karna banyak tunjangan hingga jaminan pensiunan. Yang ketiga, banyak orangtua yang bangga kalau anak-anaknya punya pekerjaan tetap dan dipandang WAH… karena jadi PNS. Yang keempat dan seterusnya….. saya rasa menjadi PNS merupakan keuunggulan tersendiri bagi mereka ya… memang dari awal sudah memiliki hasrat harus jadi PNS !


Tapi tidak semua orang juga berkeinginan menjadi PNS, karena PNS bukanlah akhir dari sebuah kesuksesan. Sukses tidak harus jadi PNS sob ! hehe. Karena saya sendiri pernah mengikuti seleksi CPNS dan itu pun masih tahap di awal saya sudah gagal. Tapi kegagalan saya tidak menyurutkan niat semangat untuk bisa jadi orang sukses dengan mencari jalan lain selain CPNS. Bagiku CPNS bukan segalanya, karena menjadi abdi negara sama dengan kita harus patuh dan taat akan segala aturan negara. Ya memang patuh dan taat pada negara merupakan kewajiban bagi warga negara Indonesia. Tapi, aspirasi kita akan terbatas bahkan kita hanya bisa nurut apa kata orang-orang sipil. Sehingga hak kita sebagai warga untuk bisa mengeluarkan aspirasi dan pendapat pun akan terbatas. Ya…. Itu menurut pendapatku sih!

Disamping banyak orang yang sukses jadi PNS, disamping itu juga banyak orang yang sukses tanpa jadi PNS. Salah satunya adalah pemilik 40 Outlet Roti Bakar daerah Situbondo bernama Irfan Ahyadi. Pria kelahiran 1980 ini selain membuka usaha dia juga sebagai guru honorer di sekolah dasar swasta. Kesuksesan Irfan dalam usahanya ternyata tersimpan cerita yang luar biasa, seperti ini katanya “Dulu saya sering ikut tes masuk CPNS sampai empat kali dan selalu gagal.” Hingga akhirnya Irfan putar haluan, untuk mengurungkan niatnya tidak jadi PNS. Irfan akhirnya membuka usaha sampingan roti bakar. Karna takdir berkehendak lain hingga akhirnya Irfan sukses dengan usaha Roti Bakarnya dan bisa membuka gerai di beberapa wilayah.

Buat kalian yang sudah gagal dari tes CPNS, gak usah risau dan sedih ya sob ! karna ya takdir kita kan sudah ditentukan dan tertulis di kitabnya Allah kan ya! Hehe. Nih, buat kalian yang ingin move dari kegagalan CPNS, ada beberapa tips khususon buat kalian.

1. Jangan Berpikir Bahwa Gagal Tes CPNS Adalah Akhir Dunia.


Gagal memang bukan hal yang mudah untuk bisa dilewati, apalagi buat kalian yang baru lulus kuliah dan ikut tes CPNS.  Memang benar sih, seleksi CPNS tidak mudah karna banyak sekali yang berbondong-bondong bahkan sampai menghalalkan segala cara agar bisa lolos CPNS. Tapi jangan sampai kita terpuruk terus menerus dan meratapi jika gagal. Hilangkan mindset kalian kalau gagal tes CPNS adalah akhir dunia, tapi sebaliknya. Tanamkan mindset pada diri kalian bahwa, gagal tes CPNS bukanlah akhir dari segalanya. Karena jika kalian sudah menghilangkan mindset tersebut, kalian akan mampu berpikir jernih dan rasional. Jadikanlah pengalaman dari kegagalan tersebut untuk motivasi lebih giat lagi mencari pekerjaan yang lebih baik.

“Setiap kegagalan harus dihadapi dengan berani. Kemudian, cari sisi positif untuk dijadikan motivasi agar dapat menjadi lebih baik”. - The Muse –

2. Jangan Sembunyikan Rasa Sedihmu


Kegagalan pasti akan menyisakan banyak luka hingga emosi dan rasa yang bercampur aduk seperti sedih, kecewa hingga menyesal. Tapi, semua perasaan itu jangan kalian simpan terus menerus. Bersedih itu wajar, gagal apalagi ! karna ya namanya hidup, kita tidak bisa memastikan kehidupan kita akan menjadi seperti apa. Karna yang bisa memastikan kehidupan manusia hanya sang pencipta ya sob !

Jika kalian baru gagal dari tes CPNS, cobalah untuk mengeskpresikan sedihmu sob! Bersedihlah sewajarnya, tapi setelah itu ciptakan ruang bagi dirimu sendiri untuk bisa bangkit dari sedihmu. Jangan sembunyikan rasa sedihmu pada dirimu sendiri, kalian bisa curhat sama teman, sahabat, pacar, atau calon (bagi yang sudah punya) kalau kalian itu gagal. Pasti mereka akan mensupport dan memberi semangat agar kalian bisa bangkit. 

Menurut Verywellmind, “setelah mengalami kegagalan tidak perlu berusaha menyembunyikan perasaan kecewa. Saat kamu merasa sedih dan kecewa, justru itu akan membuatmu lebih termotivasi untuk berusaha bangkit dan bekerja lebih keras lagi”.

3. Lakukan Hal-Hal Yang Membuatmu Bahagia


Kunci utama move on dari gagal tes CPNS adalah dengan menyibukkan diri. Mencoba hal-hal baru, dan melakukan hal-hal yang bisa membahagiakan diri sendiri.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan hanya sekedar untuk menyibukkan diri sob!. Karna saya suka travelling, hiking, hingga sebatas keliling kota, bagiku itu hal yang mudah saya lakukan untuk membahagiakan diriku sendiri. Jadi, kita tidak melulu memikirkan kehidupan yang terlalu rumit hingga akhirnya kita lupa diri untuk bahagia. Jangan sampai seperti itu ya sob!

Jika kalian sudah bisa melakukan hal-hal yang membuat diri bahagia, pasti kesedihanmu tentang kegagalan akan terobati dan kalian akan termotivasi untuk bangkit lagi. Semangatttt ya sob …… kalian pasti bisa!

4. Tetap Semangat Mencari Kerja 

Jika kalian sudah bisa move dari kegagalan tes CPNS, yang selanjutnya adalah focus untuk mencari kerja. Saat kalian sibuk dengan proses mencari pekerjaan, tentunya kalian akan melupakan kegagalan.


Jika mencari kerja, carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion mu ya sob…. Meskipun tidak mudah dan memerlukan proses yang tidak cepat, tetapi dengan kalian bekerja sesuai passion, kalian akan merasa nyaman pada job yang kalian lakukan. Tapi menurutku sih, jangan terlalu berharap bisa menemukan job yang sesuai passion, karena segala pekerjaan yang kalian kerjakan sejatinya merupakan proses menumbuhkan keahlian diri untuk menjadi passion yang kalian miliki.

Jadi, ingatlah selalu bahwa sukses tidak harus jadi PNS ya sob!. Mulailah untuk bisa mensyukuri semua yang Semesta berikan dan berusahalah semampunya, tapi jangan lupakan doanya. 

“Proses setiap orang itu beda-beda dan setiap orang punya zona waktunya masing-masing, karna hidup ini bukan untuk perlombaan. Bahkan matahari dan bulanpun punya waktunya sendiri untuk bersinar”

(Ari Kurniawati)