7 Skill Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Yang Berguna di Kuliah dan Dunia Kerja

Mengapa skill? Kerja adalah dunia praktik, bukan dunia teori seperti di kampus. Skill menunjukkan seseorang mampu bekerja atau tidak. Jadi, jika pada saat kuliah seseorang hanya fokus kepada nilai akademik saja tanpa mengasah skill yang dimiliki, maka kompetensi seseorang akan sulit saat sudah masuk ke dunia kerja.

Skill Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Saat Kuliah dan Siap Kerja

Berikut ini adalah skill yang harus dimiliki mahasiswa yang berguna baik di dunia perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya :

1. Disiplin

Kemampuan disiplin harus dibiasakan sejak dini, karena skill ini sangatlah penting dan harus dimiliki. Biasakan sikap disiplin mulai dari bangun tidur, terlebih bagi mahasiswa yang suka tidak tepat waktu. Skill ini akan membiasakan kita bertanggung jawab atas kegiatan apa saja termasuk dalam dunia kerja nantinya.

2. Kemampuan Bekerjasama dalam Tim

Umumnya saat di bangku kuliah nanti, kamu akan menerima banyak sekali tugas atau project yang melibatkan tim atau kelompok. Bahkan bisa jadi dalam satu semester kamu bisa mempunyai beberapa tim yang berbeda untuk mata kuliah yang berbeda-beda pula.

Nah, agar kamu bisa bekerja dengan baik bersama teman-teman satu tim, maka kemampuan dalam bekerja tim harus kamu asah dengan baik. Jika ada tugas kelompok di sekolah, manfaatkan kesempatan itu untuk melatih kemampuan kamu dalam bekerja bersama tim. Nantinya skill ini akan sangat berguna ketika kamu terjun di dunia kerja.

3. Kemampuan Berkomunikasi Yang Baik

Mahasiswa penting mengasah skill ini. Caranya bisa dengan belajar sejak di kampus untuk berkomunikasi dan membuat kolaborasi secara organisasi dengan banyak pihak. Nantinya setelah di dunia kerja, seseorang akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dengan skill ini.

4. Skill Berpikir Kreatif dan Inovatif

Sebagai mahasiswa perlu memiliki skill berpikir kreatif dan inovatif. Dengan berpikir kreatif dan inovatif, seseorang dapat menyelesaikan masalah. Karena itu kemampuan ini sangat penting kamu miliki saat jadi mahasiswa atau sesudah jadi mahasiswa.

5. Skill Kepemimpinan

Tidak semua orang memiliki skill kepemimpinan, tetapi jika kamu mengasah bakat tersebut sejak dari kampus sekarang sangat mungkin dikuasai. Berlatih kepemimpinan di organisasi-organisasi kampus akan membantu menumbuhkan bakat yang satu ini. Saat kamu memiliki skill ini, maka kemampuan bicara juga otomatis akan lebih bagus.

Memimpin adalah seni, skill yang bisa dipelajari berdasarkan pengalaman. Perusahaan akan sangat senang jika mendapatkan karyawan yang memiliki skill ini sehingga bisa lebih dipercaya dalam menangangi sebuah pekerjaan atau job tertentu.

6. Skill Menulis

Skill yang juga bisa kamu asah sejak dari kuliah adalah skill menulis. Mengapa menulis? Aktivitas menulis adalah kegiatan intelektual yang menyerap informasi pengetahuan lalu menyampaikannya pada orang lain secara tertulis. Mereka yang memiliki skill ini cenderung memiliki pengetahuan yang lebih dan kecerdasan yang lebih baik.

Intelektualitas kamu di depan pimpinan akan terlihat saat kamu memiliki skill ini. Perusahaan akan memberi kepercayaan banyak hal pada kamu dengan skill ini, bahkan akan diberi penghargaan karena dianggap berprestasi dalam sebuah skill tertentu. Menulis itu mudah, kamu bisa mempelajari skill ini sejak sekarang.

7. Manajamen Waktu

Manajemen waktu terlihat sekilas sederhana, tetapi jika kamu tidak melatih skill ini sejak sekarang, maka saat bekerja nanti akan cukup sulit kondisinya. Bagaimana pengaturan waktu yang baik di kantor, aktivitas di rumah dan hal-hal lain bisa berjalan baik, segala tugas kantor bisa diselesaikan tepat waktu.

Semakin kamu menjadi seorang yang baik dalam mengatur waktu, maka pekerjaan akan semakin bagus hasilnya dan pimpinan akan puas. Namun, jika gagal dalam hal ini sehingga menyebabkan banyaknya tugas kantor yang terbengkalai, maka akan banyak orang yang tidak percaya pada kamu, termasuk pimpinan.

Persiapkan waktu studi kamu selama di kampus dengan cara sebaik-baiknya. Manfaatkan semua kesempatan untuk belajar, bukan hanya secara akademik tetapi juga meningkatkan segala jenis skill yang dijelaskan di atas.