Cara Mengatasi Laptop Hang atau Ngefreeze! Hanya Dengan Menekan Tombol Ini

Banyak hal yang menyebabkan laptop mengalami masalah hang atau freeze, Dari mulai faktor internal yang berasal dari laptop itu sendiri dan faktor external yang berasal dari pengguna ataupun kebiasaan pemakaian yang kurang baik. 

Penyebab Laptop Hang dan Freeze

Berikut ini beberapa penyebab kenapa laptop hang atau freeze yang dapat kami rangkum :

1. Spesifikasi laptop terlalu rendah

Banyak sekali pengguna laptop yang terlalu memaksakan laptopnya untuk berkerja melebihi batas. Contoh : laptop dengan RAM 2GB digunakan untuk edit Video, memang bisa saja tetapi tidak akan berjalan dengan baik dan memakan waktu render yang lama dan apabila diteruskan dalam waktu lama dapat membuat rusak laptop. Selain itu, apabila dipaksakan terus-menerus akan mengakibatkan rusaknya HDD atau SSD pada laptop.

2. Multitasking Terlalu banyak

Menjalankan banyak Program atau Software aplikasi dalam waktu bersamaan akan membuat kinerja RAM dan CPU terbebani. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk program berat seperti Game atau software editing foto dan video.

3. Overheating

Kendala ini akan sering sekali kita jumpai apabila menggunakan laptop dalam waktu yang terlalu lama dan dalam suhu ruang yang panas , sehingga tidak menutup kemungkinan laptop akan mengalami peningkatan suhu secara signifikan. Ini bisa menimbulkan error pada laptop seperti mati, hang, freeze, dll.

4. Driver Rusak

Ketika driver sedang bermasalah, maka tidak heran jika beberapa komponen di dalamnya terkena dampaknya. Mengingat driver ini berfungsi sebagai penghubung antara program aplikasi dengan sistem.

5. File sistem bermasalah

Selain itu masalah laptop Windows yang mengalami hang ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada file sistem. Untuk memperbaikinya, silakan Anda jalankan perintah SFC dan DISM.

6. Kerusakan pada Program

Jika masalah hang ini terjadi saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan jika program tersebut terdapat bugs. Lakukan update atau reinstall untuk memperbaikinya.

7. Virus atau Malware

Virus atau malware sering kali menyebabkan laptop Windows menjadi hang atau bahkan lemot. Ini dikarenakan virus mampu mengubah hingga menghapus file sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Cara Mengatasi Laptop Hang dan Freeze

Setelah menyimak penyebab laptop hang dan freeze, Sekarang kami akan memberikan solusi atau cara mengatasi laptop hang dan freeze. Wajib banget kamu coba buat kamu yang mengalami kendala laptop hang dan freeze.

1. Pindai Virus

Scan virus menggunakan anti virus yang terdapat pada laptop atau komputer kamu, Untuk laptop dengan sistem operasi windows umumnya terdapat windows security yang disana terdapat fitur scan file untuk memudahkan kamu mencari file berbaya yang terdapat pada perangkat kamu.

2. Update Windows

Update windows disini ditujukan jika terjadi error pada windows atau driver, karena umumnya update windows akan otomatis memperbarui driver jika tersedia update. Windows update juga memberikan kamu fitur terbaru, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, peningkatan performa, stabilitas dan keamanan.

3. Resfresh VGA / Graphic Card / Kartu Grafis

Cara satu ini belum banyak di ketahui tetapi dinilai jadi Solusi yang cukup ampuh diterapkan apabila laptop kamu tiba-tiba mengalami hang atau freeze dan kursor macet sehingga tidak dapat di operasikan. Semua yang tampil pada layar laptop itu adalah hasil kerja dari kartu grafis atau yang biasa disebut VGA Card sehingga jika terjadi macet atau freeze cukup masuk akal jika kita melakukan refresh VGA Card. Cara Refresh VGA Card , Cukup Tekan Win+Ctrl+Shift+B pada keyboard kamu.