Cara Cek Nomor Kurir J&T Express Untuk Menanyakan Paket

Berbagai macam aplikasi marketplace yang ada saat ini memudahkan kita untuk berbelanja dimanapun dan kapanpun. Pilihan jasa kirim yang bisa digunakan juga semakin banyak, salah satu contoh perusahaan jasa kirim ekspedisi yang paling besar yang sering membawa paket kita adalah J&T Express. Expedisi satu ini memang dikenal sangatlah cepat dalam pengiriman paket. Terlebih, juga banyak diskon yang diberikan kepada pelanggan, baik itu pengiriman reguler maupun cashless.

Terkadang bagi orang awam atau yang baru mengenal aplikasi belanja online banyak yang mengira kalau semua hal dilakukan oleh toko yang kita beli. Mulai dari produksi, packing sampai dengan pengiriman yang mengantarkan paket ke rumah pelanggan. Hal ini saya rasakan ketika saya terjun di dunia jual beli online. Banyak juga yang komplain dan menanyakan pada toko yang kita pesan tentang pengiriman atau menanyakan tentang kapan produk akan dikirimkan ke rumah. Padahal sebenarnya itu bisa dicek di sistem atau jika kita punya pertanyaan tentang pengiriman bisa ditanyakan ke kurir langsung.

Seperti contoh misalnya, status paket di sistem sudah diterima oleh pelanggan yang bersangkutan tapi padahal kita belum menerima paket tersebut. Hal ini kemungkinan bisa disebabkan karena paket kita hilang atau mungkin ditanda terima oleh kurir terlebih dahulu. Contohnya lagi seperti jika kita melakukan pembelian barang COD akan tetapi kembalian uang kita kurang. Untuk pertanyaan seperti itu seputar pengiriman, lebih jelasnya sebenarnya kita bisa menghubungi dan menanyakan kepada kurir secara langsung.

Kasus lain yang kerap kali salah adalah komplain mengenai barang yang kita pesan tidak sesuai, yang akhir-akhir ini sering viral, kebanyakan pelanggan malah menyalahkan dan komplain terhadap kurir yang membawa paket kita. Apabila hal itu terjadi, tanyakan kepada penjual atau toko yang kalian beli ya, bukan kepada kurir. Karena kurir tugasnya hanya mengantar paket yang kita pesan. Sertakan juga video unboxing ketika membuka paket agar komplain kita diterima oleh penjual. 

Cara Cek Nomor Kurir J&T Express

Berikut ini adalah cara cek nomor kurir J&T Express.

1. Install Aplikasi J&T Express

Langkah pertama silahkan install aplikasi J&T Express, cari di Playstore atau Appstore smartphone kalian. Kemudian jika sudah buka aplikasi tersebut.

2. Salin/Tulis Nomor Resi

Kemudian tuliskan nomor resi atau copy nomor resi dari aplikasi belanja online atau bisa juga scan resi dari ekspedisi yang ada di paket. Kemudian klik cari.

3. Disana Akan Muncul Nomor Kurir yang Dapat Dihubungi

Kemudian klik tanda yang saya beri warna hitam seperti gambar diatas. Disana akan muncul nomor kurir yang dapat dihubungi.