Cara Berbelanja dan Berjualan TikTok, Kekurangan dan Kelebihan TikTok Shop untuk Penjual, Biaya Admin TikTok Shop

Di zaman modern seperti sekarang ini, kegiatan berbelanja menjadi sangat amat mudah. Pembeli bisa mencari barang sesuai dengan keinginan mereka. Bukan hanya itu saja, keanekaragaman produk yang ada pada marketplace saat ini sangatlah bervariasi. Sehingga kita bebas memilih apa saja barang yang kita inginkan.

Salah satu contoh aplikasi belanja online yang populer saat ini yang banyak dipakai oleh orang-orang adalah Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Selain karena user penggunanya banyak, 3 aplikasi besar itu juga memiliki keuntungan yang bisa kita jadikan tempat untuk berjualan online.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Shopee, Tokopedia dan Lazada Dari Kacamata Penjual Terbaru

Selain ketiga aplikasi diatas, akhir-akhir ini banyak user yang pindah untuk belanja di Aplikasi Tiktok. Aplikasi Tiktok dulunya merupakan sarana berbagi video. Namun, seiring berkembangnya waktu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbelanja online. Banyak faktor mengapa aplikasi ini digunakan pilihan untuk berbelanja orang-orang banyak. Salah satunya adalah karena banyaknya diskon dan voucher yang diberikan oleh pihak Tiktok.

Disini saya akan membahas secara lengkap mulai dari bagaimana cara berbelanja online menggunakan aplikasi TikTok, cara berjualan di aplikasi TikTok dan apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi TikTok Shop untuk media jika kita ingin berjualan online di Aplikasi ini.

Cara Belanja Online Menggunakan TikTok

1. Install Aplikasi TikTok dari PlayStore atau AppStore kalian

Langkah pertama adalah menginstall aplikasi TikTok di Smartphone kalian. Kemudian jika sudah di install buka.

2. Klik Shop pada Aplikasi TikTok Shop


Kemudian klik Shop lalu, masukkan nama barang atau kata kunci produk yang ingin dicari.

4. Kemudian Klik Beli Sekarang atau Tambah ke Troli jika ingin menambahkan beberapa produk dalam satu resi pengiriman

Klik tambah troli atau beli sekarang. Tambah ke troli untuk menambahkan beberapa varian produk dalam satu resi. Selanjutnya, masukkan alamat kita dan nomor yang bisa dihubungi. Namun jika alamat sudah di setting langsung saja ke langkah selanjutnya.

5. Pilih metode pembayaran yang ingin kalian gunakan

Selanjutnya adalah pilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Kalian bisa menggunakan metode pembayaran bayar di tempat maupun Non COD. Kemudian, klik masukan pesanan

6. Lakukan Pembayaran

Selanjutnya adalah melakukan pembayaran jika metode yang dipilih adalah Non COD. Jika metode yang digunakan adalah bayar di tempat maka ditunggu saja sampai barang kalian dikirimkan, karena jika memilih pembayaran dengan bayar di tempat maka pembayaran terjadi di tempat.

Cara Berjualan di Aplikasi TikTok Shop

1. Buka situs Seller Center TikTok Shop

Buka situs Seller Center TikTok Shop melalui peramban dengan mengunjungi laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome atau install aplikasi Tiktok Seller.

2. Daftarkan akun jualan 

Setelah masuk ke halaman utama, pilih opsi ‘Sign Up With TikTok Account’ bila sudah mempunyai akun Tiktok untuk berjualan. Selain itu kamu juga bisa mendaftar dengan nomor telepon dan email dengan mengeklik ‘Sign Up with Phone & Email’ yang ada di laman utama.

3. Ikuti instruksi

Selanjutnya, ikuti petunjuk yang diberikan pada situs Seller Center TikTok Shop tersebut.

4. Isi formulir

Setelah berhasil membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang berkaitan dengan bisnis atau toko yang dimiliki beserta informasi pendukung lainnya.

5. Isi alamat dan kontak yang bisa dihubungi

Cantumkan juga informasi alamat toko atau bisnis kamu, nomor telepon, alamat email, dan lainnya. Pastikan semua kontak tersebut masih aktif.

6. Isi informasi produk

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi informasi tentang nama toko, jenis bisnis, keterangan produk, dan lain-lain.

7. Isi registrasi bisnis

Langkah selanjutnya, isi registrasi bisnis yang kamu miliki agar mendapat verifikasi dari TikTok Shop.

8. Tunggu Konfimasi dari TikTok

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tunggu hingga TikTok memberikan konfirmasi.

9. Selesai

Setelah TikTok memberi konfimasi, akun kamu baru bisa memperoleh fitur dari TikTok Shop untuk menjual produk yang dimiliki.

Agar produk dilirik pengguna Tiktok, kita bisa sering melakukan live streaming untuk mempromosikan produk-produk yang dijual. Di samping itu, para pembeli bisa membeli produk kamu secara langsung pada saat live streaming tersebut. Demikian uraian tentang cara jualan di TikTok Shop. Sekarang kamu tak perlu bingung lagi jika ingin mulai berjualan karena TikTok Shop bisa mewadahi bisnismu. Semoga bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan TikTok Shop dari Kacamata Seller/Penjual

Selain blogger atau penulis dari blog ini. Saya juga memilik toko online di Shopee, Lazada, Tokopedia juga TikTok. Untuk itu disini saya ingin memaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan TikTok Shop untuk Seller.

Kelebihan TikTok Shop

Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat saya rangkum, diantaranya adalah :

1. Traffic atau Pengunjung Sangat Ramai

Sebagai aplikasi hiburan, secara tidak langsung aplikasi ini memiliki banyak pengguna, dikarenakan banyaknya orang-orang yang butuh hiburan. Apalagi video yang ada di aplikasi ini juga terkesan menghibur sekali dengan gaya orang mengekspresikan diri juga berbagai macam filter yang ada di dalamnya.

2. Biaya Admin yang Kecil

Biaya admin dari TikTok Shop adalah 1% dari harga yang sudah dibuat oleh Penjual ditambah dengan Biaya Tetap yaitu Rp. 2000 per pesanan. Sebagai contoh kita mendapatkan pesanan dengan harga yang sudah kita berikan yaitu Rp. 70.000. Maka biaya yang dibebankan pada Seller yaitu Rp. 700 + Rp. 2000 yaitu Rp. 2.700. Jadi seller mendapatkan Rp. 67.300

3. Banyak Media Promosi

Media promosi yang digunakan untuk berjualan pada aplikasi ini bukan hanya kita mengupload produk, akan tetapi kita juga bisa menggunakan Live Streaming ataupun Video untuk memasarkan produk kita.

4. Berjualan Sambil Ngonten

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kita bisa berjualan sambil membuat konten, yang artinya kita bisa mendapatkan penghasilan dari jualan dan dari konten yang kita upload.

Kekurangan Tiktok Shop

1. Biaya Admin Berat Untuk Produk Dengan Margin Tipis

Salah satu kekurangan menurut saya pribadi adalah biaya tetap yang dibebankan oleh seller. Dikarenakan pihak TikTok menetapkan biaya yaitu Rp. 2000 setiap pesanan. Untuk produk yang memiliki margin atau keuntungan yang besar tidaklah masalah. Akan tetapi, jika produk yang kita jual memiliki margin atau keuntungan yang sedikit, kita harus menyiasati dengan cara lain. Seperti subsidi silang, atau adannya minimal pembelian, terlebih aplikasi TikTok ini tidak ada minimal pembelian.

2. Persaingan Harga

Sama seperti marketplace yang lain, persaingan harga juga menjadi problem yang serius ketika kita berjualan online. Kita harus pintar mendapatkan barang dengan standar harga yang dijual di aplikasi ini. Akan tetapi, bukan berarti produk dengan harga mahal tidaklah laku karena setiap barang pasti ada pasarnya.