Apakah Teknik Industri Itu Sulit? – Pertanyaan Umum Tentang Teknik Industri

Pertanyaan Seputar Teknik Industri


Halo sobat industrial engineer serta mahasiswa calon industrial engineering yang sedang mengunjungi blog saya. Disini saya ingin menjelaskan mengenai apakah teknik industri itu sulit ataukah tidak. Teringat ketika saya pertama kali mendambakan jurusan ini, pertanyaan yang sering melintas di benak calon-calon industrial engineer muda, penyebabnya tak lain adalah karena mitos yang konon katanya jurusan teknik adalah jurusan yang sanggup membuat mahasiswanya tidak tidur selama beberapa hari, jurusan yang sanggup membuat mahasiswanya stress. Terkenal macan kampus dengan predikat lulusan yang katanya mendapatkan ipk 3.0 sudah sangat beruntung. Terkenal dengan laporan praktikumnya yang halamanya setebal satu rim kertas. Seiring dengan perjalanan waktu, saya ingin membagikan pengalaman saya terkait pertanyaan ini yang saya sendiri juga mahasiswa dan insha allah juga lulusan dari jurusan ini.

Coba Juga : Mesin Pencari Dokumen dan Jurnal Internasional

Sebelum beranjak pada pembahasan, disini saya sedikit akan menyinggung arti kata sulit itu sendiri. Kita samakan dahulu persepsi mengenai pengertian sulit, karena faktor sulit itu banyak dan mungkin arti sulit saya dan kalian bisa jadi berbeda. Disini saya akan menguraikan jawaban seputar artian sulit itu menjadi sub bab bagian yang biasanya dipertanyakan para calon mahasiswa teknik industri dan semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian.

1.  Apakah Jurusan Teknik Industri Susah dan Banyak Hitung-Hitungan?

Bagi anak teknik, materi hitung-hitungan adalah materi yang wajib dipelajari dan tidak boleh ditinggalkan. Karena dasar dari ilmu teknik adalah proses berpikir dan berhitung sebagai ilmu untuk kita merekayasa sesuatu. Dalam semester awal kalian akan mendapatkan materi mengenai fisika dasar, kalkulus (mirip seperti matematika) dan itu adalah hal wajib yang dipelajari bagi anak teknik industri dimanapun kuliah kalian. Kabar baiknya, materi ini adalah pelajaran dasar dan sudah kita dapatkan di bangku SMA maupun SMK. Seperti halnya, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier, Integral, Hukum Newton dan lain sebagainya. Pokoknya materinya materi dasar kok, gak akan susah selagi kalian masih mau membukanya jika kalian lupa. Hehe.

Kabar baik kedua, dalam jurusan teknik industri materi yang dipelajari juga enggak sedalam anak teknik lainya. Dalam jurusan teknik industri, hal yang dipelajari juga enggak seputar keteknikan saja melainkan ada materi ke-manajemen-an. Sehingga bagi kalian yang sedikit tidak suka atau bosan dengan hitung-hitungan, jurusan ini bisa kalian lirik. Perbandingan materi berhitung dan tidak menurut admin adalah sekitar 50:50. Seperti misalnya terdapat materi: psikologi industri, organisasi manajemen industri, sistem lingkungan, analisis pemasaran dan masih banyak lagi.  Karena pada dasarnya lulusan teknik industri ini dirancang untuk menjadi seorang leader yang harus banyak tahu mengenai kondisi permasalahan perusahaan mereka, itu sebabnya perkuliahan dari teknik industri juga menyangkut banyak jurusan lain.

2.  Apakah Jurusan Teknik Industri Susah Lulus?

Nah, ini adalah pertanyaan yang dulu sering admin pertanyakan sendiri. Terlebih lagi, admin adalah alumni smk yang notabene di desain bukan dalam dunia perkuliahan tapi nekat memasuki bangku kuliah. Seiring dengan berjalan waktu, pertanyaan ini akhirnya tidak lagi menjadi problem penting di benak admin. Karena, pada dasarnya cepat atau tidaknya lulus itu adalah murni dari kita, apakah kita mau berjuang lebih dari yang lain? Ataukah sama? Atau malah lebih buruk? Masalah IPK juga kadang sering ditanyakan, susah gak sih teknik industri dapet IPK 3.5 ? Jawabanya adalah murni dari kalian wahai para calon mahasiswa teknik industri. Jika kalian ingin cepat lulus dengan IPK yang cumlaude atau bahkan murni 4.0 itu adalah murni pada usaha kalian. Belajar dengan giat, pelajari bagaimana cara dosen kalian menilai kalian, jangan terlalu sering titip absen. Satu trik yang terpenting jika orientasi adalah nilai (IPK) munafik lah ya kalau mahasiswa gak bicara IPK, wkwk. Trik terpenting adalah ikutilah sistem dengan cara yang benar, kalau bisa lebih dari yang lain. Misalnya, Jika dosen kalian meminta untuk datang jam 7 pagi datanglah jam setengah 7. Jika dosen kalian menyuruh untuk mengerjakan tugas bab satu, kerjakan pula tugas bab dua. Jika dosen kalian meminta kalian untuk mendaftar asisten laboratorium daftarlah menjadi asisten pribadinya. Jika dosen kalian meminta untuk presentasi maka berkhutbahlah. Saya yakin kalian akan mendapat IPK yang bagus. Hehehe,

3.  Apakah Teknik Industri Sulit Untuk Perempuan?

Jika kalian bertanya mengenai sulit tidaknya, jawabnya tidak sist. Percayalah Dunia praktikum teknik industri tidak se-ekstrem praktikum teknik lainya. Bahkan, peminat teknik industri sekarang lebih banyak ceweknya loh. Kalau enggak percaya lihat saja di kampus admin. Canti-cantik pula. Bagi kalian calon engineer cantik yang juga sering menanyakan apakah cocok jurusan teknik industri untuk perempuan? Jawabanya adalah sangat cocok. Karena ilmu teknik industri juga menyangkut ilmu dari manajemen yang artinya jika perempuan masuk jurusan ini otomatis sangatlah cocok karena standar perempuan yang notabene lebih teliti dari kaum laki-laki sangat dibutuhkan, terutama perusahaan besar diluar sana.

Untuk kalian yang masih ragu dalam memilih teknik industri, pertanyaan yang kalian sering tanyakan sudah admin jawab. Hehe. Sekarang sudah saatnya kalian yakin pada jurusan ini. Karena menurut admin, teknik industri bukan jurusan yang sulit untuk kita pelajari. Bahkan, jurusan ini menawarkan kita untuk memilih profesi yang nantinya sangat-sangat luas dan tidak menyempit seperti jurusan lainya. Karena bidang kajian teknik industri sangatlah luas, sehingga memudahkan kita dalam memilih profesi kelak. Bagi kalian yang benar-benar ingin memasuki jurusan ini. Nih, admin merekomendasikan kampus yang menawarkan jurusan teknik industri yang memiliki akreditasi jurusan A. Salah satunya adalah kampus admin loh. Disini artikelnya.
Sekian, informasi yang dapat admin berikan. Kunjungi website ini terus dan terus support admin untuk memberikan informasi seputar jurusan teknik industri. Sehingga dapat pula membantu jurusan kita tercinta dan akhirnya dikenal luas oleh public sebagai jurusan yang keren. Bagi kalian yang belum mendapatkan jawaban seputar pertanyaan. Silahkan tulis komentar kalian dan pasti akan admin jawab. Hehe. Sekian, salam unity!

0 Comments:

Posting Komentar