Apa Itu Industri Konveksi - Perbedaan Konveksi dan Garmen

Pengertian Industri Konveksi

Industri konveksi merupakan salah satu industri penghasil pakaian jadi seperti kemeja, jaket, celana, kaos, pakaian kerja, pakaian olahraga, dan lain-lain. Industri ini biasanya dikerjakan atau dikelola oleh perorangan atau memiliki jumlah pegawai yang masih sedikit, serta dengan pemesanan dibawah 500 potong.

Perbedaan Konveksi dan Garmen

Perbedaan konveksi dan garmen , selama ini kita mendengar istilah tentang apa itu garmen dan konveksi juga, Ya, berbicara tentang garmen dan konveksi pastinya pikiran kita akan tertuju pada sebuah bisnis usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian atau tekstil.

Baca Juga : Apa Itu Industri Tekstil Beserta Contohnya

Kedua bidang usaha baik itu garmen mapun konveksi memang sama – sama sebuah bidang usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian atau tekstil, Namun tahukah anda tentang perbedaan antara industri garmen dan konveksi ini?

1. Konveksi

Konveksi merupakan bisnis sebuah bisnis usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian atau tekstil yang dikelola oleh perorangan, Untuk jumlah pegawainya pun terbilang masih sedikit serta penggunaan mesin jahit juga terbatas, Untuk skala pemesanan pun juga masih dibawah 500 potong, Konveksi seragam ini biasanya akan memproduksi pakaian atau tekstil bilamana ada pemesanan saja dan tidak memproduksi pakaian sendiri dalam jumlah besar untuk diedarkan ataupun diperjualbelikan.

Konveksi seragam juga melakukan proses CMT tapi ecara terpadu, Meskipun konveksi sudah bisa memenuhi permintaan dengan skala yang besar (ribuan), tapi konveksi seragam belum melakukan segmentasi pekerjaan, Hal ini membuat proses controling dan finishing dipantau secara realtime dan dikroeksi juga secara langsung, singkat kata, konveksi seragam terlihat lebih luwes, mengapa lebih luwes? Ya, karena konveksi menerima pesanan dari kuantitas sedikit sampai ribuan

2. Garmen

Garmen ini merupakan sebuah bisnis usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian atau tekstil yang dikelola dengan sistem manajemen dan sistem administrasi yang lebih baik di bandingkan dengan konveksi, Ya garmen ini merupakan sebuah pabrik pakaian atau tekstil yang memproduksi berbagai macam dan jenis pakaian untuk diperjual berlikan kembali sehingga karyawan yang bekerja pada garment ini terbilang sangat banyak.

Garmen disebut juga dengan pabrik pakaian tekstil. Di sini akan diproduksi berbagai jenis pakaian yang diperjual belikan. Maka tak heran jika karyawan yang bekerja di sini sangat banyak. Bahkan dalam satu perusahaan bisa memiliki ribuan karyawan.

Dengan jumlah karyawan yang banyak maka produksinya sangat melimpah. Selain itu, bisa dibuat dengan cepat, rapi, dan sistem quality kontrol yang terjamin. Dari sisi teknologi pun, perusahaan ini memiliki alat yang canggih dan lebih praktis guna mendukung kecepatan kerja dan jaminan kualitas.

Garmen berbeda dari konveksi dan tailor dari segi jumlah produksi, pasar yang mereka incar pun berbeda, biasanya garmen mensupply barang ke mall, supermarket dan sejenisnya, Ciri khas dari garmen adalah penerapan metode CMT (Cut, Make, and Trim) yaitu pemisahan pekerjaan pokok dari mulai memotong, menjahit, sampai finishing, semua pekerjaan pokok itu dikerjakan oleh bagian yang berbeda Beberapa garmen ada yang fokus mengerjakan satu bagian saja. Misalnya, suatu garmen hanya mengerjakan kaos polos, maka pesanan yang mereka kerjakan hanyalah konveksi kemeja.