Prospek Usaha Makanan - Ide Bisnis Makanan

Bicara tentang prospek sebuah usaha ataupun bisnis, hal yang pertama kali terlintas adalah sebuah keuntungan. Karena bagaimanapun sebuah bisnis itu dibangun, pasti harus mendapatkan sebuah untung atau bahasa bisnisnya disebut laba. Sebelum kita melangkah usaha makanan apa saja yang memiliki prospek, marilah kita kenali dahulu arti kata prospek itu sendiri.

Prospek selalu lekat kaitanya dengan bisnis. Sebelum memutuskan membangun sebuah bisnis, seseorang harus melihat prospek dari rancangan usaha tersebut. Jangan sampai usaha dan modal yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia karena kesalahan dalam hal mengolah peluang dan meminimalisir ancaman dalam sebuah prospek bisnis.

Pengertian Prospek Bisnis

Prospek Bisnis adalah sebuah gambaran keseluruhan tentang bisnis tersebut, mulai dari peluang, ancaman, kekuatan, kelemahan dari sebuah bisnis sehingga bisa mendapatkan potensi keuntungan yang besar.

Kebanyakan seseorang melihat prospek hanya berdasarkan “peluang dan keuntungan” semata tanpa melihat ancaman maupun kelemahan. Padahal jika kita telaah lebih jauh lagi, apapun usaha yang kita jalani pastilah memiliki sebuah peluang dan juga pasti akan mendapatkan sebuah keuntungan.

Salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk melihat sebuah prospek usaha adalah analisis SWOT atau Bussines Model Canvas (BMC)

Baca Juga : Pengertian Bussines Model Canvas dan Cara Pembuatannya

Sebagai gambaran bahwa usaha itu memiliki sebuah prospek yang besar maka kita juga meilihat dari semua sisi, mulai dari peluang, ancaman, kekuatan dan juga kelemahan. Karena jika kita melihat prospek hanya berdasar “peluang” untuk mendapatkan sebuah keuntungan, maka sebesar apapun peluang tersebut tetap tidak akan mendatangkan keuntungan yang maksimal karena tidak dibarengi dengan melihat dan meminimalisir ancaman atau kekurangan dari usaha tersebut. Jadi, menurut saya prosepek usaha atau prospek bisnis yang bagus itu adalah yang memiliki peluang dan kekuatan yang besar serta memiliki kekurangan dan ancaman yang sedikit.

Prospek Usaha Makanan

Bisnis makanan adalah bisnis yang tidak akan pernah mati, baik itu makanan ringan ataupun makanan pokok. Makan adalah kebutuhan setiap manusia. Tapi apakah prospek usaha makanan itu bagus? Untuk itu kita perlu melakukan analisa setidaknya peluang dan ancaman dari bisnis yang akan kita bangun. Misalnya saja kita ingin melihat prospek usaha warung makanan, maka kita harus melihat sebuah peluang dari sisi itu, apa saja peluangnya? Yaitu mulai dari target pasar, sosial, kemampuan ekonominya. Serta kita juga harus melihat ancaman yang ada, yaitu mulai dari pesaing, serta harga yang akan ditawarkan.

Ide Bisnis Makanan Yang Memiliki Prospek Tinggi

Setelah kita melihat arti Prospek Bisnis atau Usaha maka secara tidak langsung pastinya prospek bisnis setiap daerah berbeda-beda. Karena peluang, ancaman, kekuatan dan juga kelamahan tentunya berbeda-beda. Untuk itu saya akan membagikan ide bisnis makanan yang setidaknya memiliki prospek yang cukup bagus dan yang sudah saya universalkan, sehingga bisa anda jadikan sebagai sebuah pilihan atau pertimbangan nantinya.

Bisnis Makanan Ringan

Hal yang pertama kali terlintas di pikiran saya ketika melihat bisnis makanan yang memiliki prospek yang tinggi adalah bisnis makanan ringan. Hal ini dikarenakan bisnis makanan ringan memiliki peluang yang besar, dan ancaman yang bisa diminimalisir dengan mudah. Peluang bisnis makanan ringan bukan hanya memiliki target pasar yang hanya berkawasan di lingkup daerah tertentu, melainkan bisa sampai seluruh Indonesia, bahkan anda bisa mengekspor ke berbagai dunia. Saat ini, zaman sudah semakin modern, tentu berbagai sarana atau aplikasi untuk memudahkan kita untuk menjangkau pemasaran yang maksimal. Apalagi prospek makanan memiliki ancaman yang bisa dibilang sedikit. Teringat saat saya pertama kali berjualan di salah satu Market Place terbaik di Indonesia, kebanyakan orang memang belum memahami dahsyatnya Market Place, tapi bagi anda yang sudah memahami, kalian pasti akan setuju kalau barang apapun yang anda lihat dan bahkan itu dinilai tidak berharga bagi Sebagian orang, sebenarnya laku untuk dijual.  Anda hanya perlu melihat seberapa besar pasar untuk produk yang anda miliki. Kemudian mulailah berjualan. Jangan ragu dan jangan bimbang!

Bisnis Warung Angkringan WiFi

Selanjutnya adalah warung angkringan WiFi. Banyak orang yang ingin menghabiskan waktu luangnya dan juga memiliki smartphone, sehingga membuat usaha ini bisa kalian lirik. Tapi tentunya kalian dapat melihat juga ancaman yang ada, khususnya di Kawasan atau area yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk membuka usaha tersebut.

Bisnis Makanan Hits

Sama seperti halnya bisnis makanan ringan, peluang untuk usaha ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. Target pasar untuk usaha ini juga bisa dibilang luas, setidaknya banyak orang menghabiskan waktu luangnya untuk bermain di sosial media.

Sekian artikel dari admin. Apabila ingin menambahi usaha makanan yang memiliki prospek yang bagus, silahkan berkomentar dibawah. Terimakasih.

0 Comments:

Posting Komentar