Cara Riset Keyword Shopee Manual Tanpa Menggunakan Tools Alias Gratis

Ada banyak sekali marketplace yang menawarkan kemudahan dalam hal menjual produk yang kita punya. Salah satu yang terbesar dan yang paling banyak digunakan di kalangan anak muda saat ini adalah Shopee.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kelemahan Shopee, Tokopedia danLazada

Sebagai penjual atau yang memiliki niatan berjualan di Shopee pastinya menginginkan usaha yang sudah digeluti atau yang akan digelutinya nanti berjalan dan laris manis di pasaran. Salah satu aspek yang terpenting Ketika kita berjualan di Shopee adalah dengan menargetkan kata kunci apa yang akan kita gunakan. Karena bagaimanapun, mayoritas orang akan mencari produk kita nantinya adalah dengan mengetik kata kunci apa yang mereka inginkan.

Sebagai seller Shopee sekaligus blogger yang baik hati. Hehe. Admin akan memberikan sedikit ilmu  buat kalian tentang riset keyword di Shopee tanpa menggunakan tools. Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara riset keyword di Shopee tanpa menggunakan tools, admin akan memberitahu dahulu kenapa harus riset kata kunci.

Dalam dunia usaha, tentu persaingan akan tetap terjadi. Tak terkecuali di dunia marketplace. Sebagai seorang seller, tentu kita menyadari bahwa ada banyak sekali produk yang mirip dengan produk yang kita jual. Selain itu, banyak penjual lain yang sudah start duluan sehingga mengakibatkan kita sulit untuk bersaing karena sudah memiliki penjualan yang cukup banyak dan tentunya juga memiliki ulasan yang banyak pula. Hal ini mengakibatkan produk yang akan kita jual kesulitan untuk memiliki traffic atau tidak dilihat oleh calon konsumen sehingga akibatnya adalah pada produk yang kita jual sehingga tidak laku. Masalah ini biasanya dihadapi oleh penjual baru atau penjual lama yang ingin mengupload produk baru. Akibatnya, solusi untuk mengatasi persoalan tersebut dan menarik  calon pelanggan untuk membeli adalah dengan cara banting harga. Hal ini tentunya sah-sah saja. Akan tetapi jika kita punya solusi lain yang lebih menguntungkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, kenapa tidak kita coba alternatif lain yang lebih baik daripada membanting harga. Itulah pentingnya riset keyword yang nantinya akan kita ulas dibawah.

Seperti halnya blog, dalam mengoptimasi sebuah konten marketplace pasti akan berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimisation) (kalau kita maunya gratisan). Dan SEM (Iklan) (kalau kita menginginkan berbayar) keduanya pasti menargetkan kata kunci. Karena menurut saya pribadi, hal yang paling penting berkaitan dengan optimasi adalah pertama kata kunci yang ditargetkan, kemudian adalah value yang diberikan yang berkaitan dengan user experience yang berkaitan dengan kemudahan pengguna, mulai dari foto konten atau produk, harga yang ditawarkan, ulasan, dll. Sehingga, pengguna bisa membeli produk yang kita jual.

Langsung saja kita bahas bagaimana cara riset keyword di Shopee tanpa menggunakan tools.

Cara Riset Keyword di Shopee

Sebenarnya shopee sudah memberikan fitur yang menurut saya lebih dari cukup untuk riset keyword. Dan Tools yang digunakan adalah aplikasi Shopee itu sendiri.

1. Buka website Seller Shopee

Pertama adalah dengan membuka Website resmi seller.shopee.co.id Kemudian Klik Iklan Shopee. Kenapa kita klik iklan shopee? Katanya riset kata kunci gratis? Nah, Fitur ini bisa kalian pakai dan manfaatkan untuk mencari kata kunci optimal yang akan di targetkan nanti tanpa harus mengisi saldo iklan terlebih dahulu.

2. Selanjutnya adalah buat iklan pencarian

Langkah selanjutnya adalah dengan mengeklik buat iklan pencarian. Kemudian Klik Tambah Kata Pencarian.

3. Selanjutnya adalah ekplorasi kata kunci yang ingin kalian bidik

Disini admin akan mencontohkan misal kata kunci “Baju Koko Pria” yang memiliki kualitas traffic yang bagus dengan volume pencarian adalah 574.128 orang/bulan.

4. Selanjutnya buka aplikasi Shopee kalian, Kemudian Pilih Terlaris.

Disana kalian akan menemukan jawaban apakah kata kunci itu cocok atau tidak? Untuk produk yang baru, atau seller yang baru, usahakan targetkan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tidak terlalu besar (atau kalian bisa menggunakan kata kunci Panjang). Biasanya saya menggunakan volume pencarian antara 1000-2000 ketika upload produk baru, dengan asusmi akan terjual dengan menggunakan tingkat konversi 3%. Artinya jika bisa dilihat 1000 maka setidaknya dalam sebulan kita dapat menjual produk kita sebanyak 1.

5. Kemudian Targetkan Kata Kunci Yang Memiliki Volume Lebih Banyak Lagi

Langkah Selanjutnya adalah continuous improvement yaitu dengan menargetkan kata kunci optimal yang memiliki kualitas yang baik. Kalian bisa menambahkan kata kunci yang populer dalam produk kalian. Bagaimana caranya? Mungkin akan jadi artikel selanjutnya. Karena kalau dibahas disini akan terlalu Panjang. Hehe. Pantau terus website kami untuk update artikel selanjutnya.